Yuk Simak 3 Suku Riau yang Unik dan Jarang Orang Tahu !

Terletak di bagian tengah pulau Sumatera, Riau adalah provinsi yang memiliki iklim tropis basah. Sama dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia, Riau pun memiliki berbagai suku yang mungkin jarang orang ketahui. Kebayakan suku asli di Riau ini, tetap mempertahankan tradisi dan tidak terpengaruh budaya modern.  Pada ulasan kali ini, akan mengulas tentang beberapa suku Riau yang harus kamu tahu.

Beberapa Suku di Riau

  1. Suku Talang Mamak

Suku asli riau yang pertama adalah Talang Mamak, suku ini tergolong suku Melayu tua. Suku Talang Mamak merupakan suku asli Indragini, Riau, yang juga dijuluki sebagai suku Tuha atau suku Pendatang Pertama. Arti kata Talang sendiri berarti Ladang, sedangkan Mamak berarti ibu. Suku Talang Mamak juga disebut sebagai suku Anak Dalam atau Suku Langkah Lama.

Kepercayaan dari suku ini adalah animisme, mereka percaya bahwa ada kekuatan gaib pada benda di sekitar mereka mulai dari sungai hingga hutan. Mengikuti berkembangnya zaman yang masuk ke Sumatera, beberapa masayarakat suku Talang mamak pun mulai menganut agama Islam dan Kristen. Namun mereka tetap melakukan berbagai ritual, yang berunsur animisme.

  1. Suku Laut

Suku Riau yang selanjutnya adalah suku Laut, dimana mereka mendiami wilayah Batam. Seperti julukannya, suku ini memang tinggal di atas perairan namun ada beberapa yang bermukim di muara sungai atau pesisir pantai. Jika dilihat dari filosofi hidupnya, sebanyak 19% kehidupan suku Laut memang dihabiskan di laut lepas.

Beberapa orang percaya bahwa suku ini merupakan kelompok yang menjaga selat dari perompak, agar tidak sampai di pelabukan Kerajaan Sriwijaya. Kepercayaan yang dianut sama seperti Talang Mamak, yaitu animisme. Namun saat ini sebagian besar dari suku Laut telah memeluk agama lain, seperti Kristen dan Islam.

  1. Suku Akit

Suku ini disebut sebagai orang Akit, karena mereka sering menggunakan rakit unutk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Suku Akit sangat menggantungkan hidupnya pada alam, mereka berburu binatang maupun memafaatkan hasil hutan untuk bertahan hidup. Kepercayaan dari suku Akit merupakan animisme, namun dilengkapi pula dengan beberapa tradisi khusus.

Suku Akit ini merupakan salah satu suku Riau yang jarang berinteraksi dengan orang luar, bahkan suku ini pun terkenal dengan pengetahuan ilmu hitamnya. Mereka terkenal sebagai kelompok yang meramu obat berbahaya. Karena kabar tersebut, maka penduduk luar pun enggan berinteraksi dengan Suku Akit dan membuat suku ini terasingkan.

Saat ini, Riau menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Sumber dayanya pada daerah ini didominasi oleh berbagai sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, kelapa sawit, hingga perkebunan serat. Namun penebangan hutan yang semakin drastis, cukup mengancam kebudayaan suku pribumi terasing di Indonesia. Untuk itu perlu keseimbangan, dan kontrol pada penebangan hutan maupun pertambangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *