WO vs Keluarga Sendiri, Manakah yang Lebih Efisien?

Melangsungkan resepsi pernikahan bukan sesuatu hal yang mudah. Dibutuhkan persiapan yang matang dari segi biaya, waktu dan tenaga. Jika tamu yang diundang cukup banyak, Anda tidak mungkin menyiapkannya sendiri. Masalahnya adalah, siapakah yang akan Anda percayai untuk membantu menyiapkan pesta pernikahan impian Anda? Apakah wedding organizer? Atau justru keluarga sendiri? Manakah diantara WO vs keluarga sendiri yang lebih efisien?

Sebelum Anda memutuskan mana yang lebih baik dari segi waktu, tenaga dan keterampilan. Ada baiknya jika menganalisis terlebih dahulu kebutuhan resepsi pernikahan Anda. Jika masih bingung juga, perhatikan ulasan berikut ini!

Jasa Wedding Organizer

Seperti namanya, wedding organizer merupakan penyedia jasa untuk menyelenggarakan pernikahan. Penyedia jasa ini akan membantu Anda dari mulai mencarikan gendung, catering, mencetak undangan, baju pengantin, penginapan dan lain-lain. Nah, sebelum menentukan untuk memilih menggunakan WO, mari kita analisis terlebih dahulu kurang dan lebihnya:

pxhere.com

1.      Vendor dan Kinerja

Dari segi kompetensi atau keterampilan, tentunya penyedia jasa pernikahan sudah tidak usah diragukan lagi. Mereka memiliki tim ahli yang bekerja secara profesional. Mereka juga memiliki banyak referensi dan sudah bekerjasama dengan vendor-vendor yang mumpuni. Asalkan Anda memilih jasa yang tepat, pesta pernikahan impian pun bisa berjalan dengan lancar.

Meski begitu wedding organizer hanya akan memberikan layanan yang bersifat umum sesuai dengan kesepakatan di awal. Untuk urusan yang sangat pribadi tentu saja Mereka tidak memiliki wewenang untuk membantu.

2.      Jumlah Tamu

Sebelum menentukan mana yang lebih efisien antara WO vs keluarga sendiri. Coba Anda tentukan terlebih dahulu berapa banyak jumlah tamu undangan pernikahan yang akan diundang. Jika tamu undangan mencapi ribuan, memilih wedding organizer tentu lebih efisien, karena memerlukan persiapan yang matang. Selain itu ketika tamu undangan cukup banyak tentu dibutuhkannya kesigapan dan keprofesionalan sebuah tim untuk mengaturnya.

3.      Biaya Pernikahan

Perhatikan juga biaya pernikahan yang telah disediakan. Jika Anda memilih menggunakan jasa pernikahan, tentu biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Pasalnya, fasilitas yang akan Mereka berikan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang telah disepakati.

4.      Waktu dan Tenaga

Apabila memiliki anggaran lebih dan Anda sibuk dengan urusan pekerjaan, menggunakan wedding organizer bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satu keuntungan menggunakan WO yaitu hemat tenaga dan juga waktu. Anda tidak perlu repot-repot mengurus persiapan pernikahan sendiri.

5.      Konsep Acara

Keuntungan lain menggunakan jasa WO yaitu Anda bisa mendapat konsep pernikahan yang segar, unik dan kreatif. Mereka memiliki berbagai konsep pernikahan dan terus meng-upgrade-nya sehingga tidak ketinggalan zaman.

pxhere.com

Panitia Keluarga Sendiri

Berbeda dengan wedding organizer yang memang memiliki spesifikasi di bidang pernikahan. Keluarga hanya memiliki pengalaman saja seputar pernikahan, tidak berarti bisa profesional dan tidak berarti juga akan jelek hasilnya. Agar tidak semakin bingung, mari kita lihat sisi keuntungan dan kekurangannya:

1.      Vendor dan Kinerja

Jika dilihat dari segi pengetahuan atau pun pengalaman seputar mempersiapan pernikahan tentu tidak banyak dan luas. Panitia keluarga juga belum tentu bisa bersikap profesional saat mengurusi persiapan pernikahan. Alih-alih bersikap profesional, tidak sedikit yang justru terbawa emosi dan terkadang justru menimbulkan masalah dan kesalah pahaman.

2.      Jumlah Tamu

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan panitia keluarga, pastikan jika jumlah tamu undangan pernikahan tidak mencapai ribuan. Semakin banyak tamu undangan, maka semakin banyak pula persiapannya.Namun jika jumlah tamu undangan hanya berkisar ratusan, menggunakan panitia keluarga masih dirasa efektif.

3.      Biaya Pernikahan

Dari segi biaya tentu jauh lebih murah dibandingkan saat menggunakan WO. Apabila menginginkan pernikahan impian yang sederhana dan intim, Anda hanya perlu memakai panitia keluarga saja untuk menyiapkannya.

pxhere.com

4.      Waktu dan Tenaga

Memilih menggunakan panitia keluarga tentu saja akan menyita banyak waktu dan juga tenaga. Anda tetap harus memberikan arahan kepada keluarga dengan sabar agar pernikahan bisa berjalan sesuai keinginan.

5.      Konsep Acara

Saat memutuskan menggunakan panitia keluarga Anda juga harus siap menerima jika kosep pernikahan mungkin kurang sesuai dengan keinginan. Dari segi kreativitas pun tentu juga terbatas.

Antara WO vs keluarga sendiri sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihannya, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *