5 Ide Wallpaper Ruang Tamu Paling Keren

Ingin merubah tampilan ruang tamu menjadi lebih keren? Jika iya, maka wallpaper merupakan pilihan terbaik! Ya, wallpaper dapat menambah warna, pola, hingga tekstur pada ruang tamu. Namun karena banyaknya produk wallpaper di luar sana, terkadang kita sangat sulit menentukan wallpaper yang paling tepat untuk ruang tamu. Namun jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahas secara gamblang beberapa ide wallpaper ruang tamu paling keren.

Tips Memilih Wallpaper Ruang Tamu Paling Tepat

Pada esensinya, terdapat berbagai macam opsi yang bisa dipilih untuk menghias ruang tamu. Beberapa diantaranya seperti lukisan, patung, cermin dekoratif, dan lainnya. Namun beberapa item hiasan tersebut harganya lumayan mahal. Nah salah satu opsi item dekorasi ruang tamu yang paling murah sekaligus sangat efektif yaitu wallpaper.

Sesuai namanya, wallpaper merupakan hiasan dinding yang terbuat dari kertas. Karena penggunaannya sangat mudah dan banyaknya pilihan gambar, banyak orang yang akhirnya memasang wallpaper di ruang tamunya. Anda ingin mendekorasi dinding ruang tamu? Coba deh cek beberapa ide wallpaper ruang tamu berikut ini!

Pasang Wallpaper di Keseluruhan Area Dinding

Tren yang sedang berkembang yaitu memasang wallpaper di sekujur permukaan dinding. Ya, wallpaper dapat menggantikan cat dinding dalam melingkupi seluruh permukaan dinding. Opsi ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang tidak punya uang untuk membeli cat dinding (meskipun terkadang harga wallpaper lebih mahal), tinggal di apartemen atau kosan, atau suka mengganti-ganti penampilan ruangan. Anda tinggal membeli wallpaper stiker dengan ukuran yang Anda butuhkan.

Jadi pastikan Anda melakukan pengukuran terlebih dahulu. Selain itu pastikan bahwa warna, pola, dan gambar yang ada didalam wallpaper sudah sesuai dengan passion atau desain kamar secara keseluruhan. Misalnya passion Anda di bidang olahraga, maka carilah wallpaper yang warnanya cerah, polanya unik, dan dengan gambar atau ilustrasi olahrga.

pexels.com

Manfaatkan Langit-langit Ruang Tamu

Terdapat ide penggunaan wallpaper yang sangat cerdas, namun jarang diaplikasikan orang-orang yaitu memasangnya di langit-langit ruang tamu. Ya, biasanya pemilik rumah membiarkan begitu saja langit-langit ruang tamu, dengan alasan bahwa tamu tidak terlalu memperhatikan langit-langit ruangan. Namun faktanya saat menunggu pemilik rumah, tamu biasanya mendongak ke atas dan melihat langit-langit. Jadi Anda bisa memaksimalkan desain ruang tamu lewat pemasangan wallpaper di area dinding langit-langit.

Namun bagaimanapun, memasang wallpaper di langit-langit bukanlah pekerjaan mudah. Jadi jangan coba-coba memasangnya sendiri, apalagi jika Anda belum pernah mencobanya. Anda bisa memanggil jasa interior rumah untuk memasang wallpaper di plafon ruang tamu.

pexels.com

Gunakan Poster Custom

Anda sudah pergi ke toko wallpaper, mengunjugi marketplace di internet, dan bertanya pada teman, namun tetap saja Anda tidak menemukan wallpaper yang Anda cari. Ya, ada kalanya kita kesulitan menemukan wallpaper dengan desain yang diinginkan. Meskipun terdapat ribuan produk wallpaper di pasaran, namun tetap saja ada kemungkinan seseorang tidak berhasil menemukan wallpaper dengan desain yang dibutuhkan. Nah solusinya yaitu dengan make custom poster atau membuat poster sendiri.

Ya, Anda tidak mungkin gagal mendapatkan desain wallpaper yang diinginkan, karena Anda sendiri yang menentukan desainnya. Anda bisa memanfaatkan tool seperti Photoshop atau Adobe Illustrator untuk membuat desain poster custom. Atau jika Anda tidak mahir dalam menggunakan kedua tool tersebut, Anda bisa menyewa desainer interior. Anda cukup memberikan kisi-kisi mengenai desain poster yang Anda inginkan pada desainer interior.

pexels.com

Style Minimalis

Pada umumnya, ruang tamu berukuran kecil sehingga pemilik rumah biasanya menggunakan warna-warna cerah agar ruangan terasa lebih luas. Jadi sulit mengaplikasikan warna-warna netral yang merepresentasikan style minimalis pada ruang tamu. Namun tenang saja, lewat wallpaper, Anda masih bisa mengaplikasikan style minimalis pada ruang tamu.

Anda cukup memasang beberapa wallpaper dengan warna-warna seperti putih, abu-abu, hingga monokrom. Selain itu sebaiknya hindari wallpaper yang didalamnya terdapat figur atau animasi. Sebaiknya pasang wallpaper yang didalamnya terdapat tipografi atau seni kata-kata.

Motif Bunga

Untuk menambah kesan alami pada ruang tamu, Anda bisa memasang wallpaper dengan motif atau pola bunga. Ya, selain terlihat alami, wallpaper bunga ini juga dapat menambah kesan elegan pada ruang tamu.

Nah itulah 5 ide wallpaper ruang tamu paling keren, bagaimana tidak terlalu sulit bukan? Lewat beberapa ide di atas, dipastikan para tamu ‘pun jadi lebih nyaman dan betah di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *