Cara Menentukan Ukuran Postcard dan Tips Mendesain Postcard

Pernahkah Anda menulis atau mengirimkan postcard? Jaman sekarang memang saling bertukar postcard bisa dikatakan jarang dan sekarang lebih banyak orang yang menggunakan virtual postcard, yaitu postcard yang dibuat dan dikirimkan menggunakan komputer secara virtual. Virtual postcards ini bisa dikirimkan melalui email dan sosial media. Menggunakan postcard jenis ini selain mudah, juga menghemat banyak waktu. Akan tetapi, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang postcard yang ada secara fisik dan ukurannya.

Apa itu Postcard?

Menurut kamus bahasa Inggris, postcard atau kartu pos adalah kartu, biasanya dengan foto atau gambar pada salah satu sisinya, yang dapat dituliskan pesan pendek dan dikirim tanpa amplop. Pengirim harus menyertakan stempel. Bentuknya biasanya persegi panjang, tetapi bentuk lain juga bisa digunakan. Di beberapa tempat, mengirim postcard bisa lebih murah dibandingkan mengirimkan surat.

Postcard tertua di dunia adalah postcard yang dikirim pada tahun 1840 kepada seorang penulis, Theodore Hook dari Fulham di London, England. Studi dan koleksi postcard disebut deltiology. Gambar-gambar tua pada postcard merupakan sumber utama dari tempat-tempat yang dahulu ada. Postcards mendokumentasi keindahan alam dan lingkungan jaman dahulu, termasuk gedung-gedung, taman, kuburan, dan situs wisata. Selain itu, postcard juga merayakan acara-acara besar, humor populer, dan banyak aspek kehidupan lainnya. Museum dan pengarsipan memiliki koleksi gambar postcard yang sangat banyak, dimana sebagian besar telah didigitalkan.

unsplash.com

Ukuran Postcard

Postcard berukuran biasanya berukuran 3R. Apabila dikonversikan dalam satuan centimeter akan menjadi 8,9 x 12,7 cm, dan dalam satuan inchi menjadi 3,5 x 5 inchi. Anda juga bisa mencetak postcard sendiri di rumah. Caranya dengan membuat desain di MS Word, kemudian atur ukurannya sesuai ukuran postcard. Bila tidak ada setting ukuran 3R, maka gunakan ukuran yang sudah dikonversikan baik dalam centimeter maupun  inchi, tergantung kolom yang tersedia. Setelah itu cetak hasilnya di kertas yang agak tebal, karena di dalam kata postcard terdapat kata card, yaitu kartu.

Jangan lupa untuk menambahkan stempel pada postcard Anda agar dapat dikirim melalui kantor pos.

unsplash.com

Panduan Mendesain Postcard

Pada dasarnya, baik itu postcard fisik maupun virtual postcard, bisa didesain dengan menggunakan device, seperti laptop atau smartphone. Ya betul sekali, hari ini Anda tak perlu pergi ke percetakan hanya untuk membuat postcard, karena Anda ‘pun bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat. Nah untuk memandu Anda, berikut ini kami jelaskan beberapa cara mendesain postcard dengan mudah dan cepat!

  • Canva

Lewat Canva, orang yang tidak paham desain ‘pun bisa membuat postcard dengan mudah dan cepat! Ya betul sekali, Canva merupakan tool online yang dapat digunakan untuk mendesain konten gambar layaknya seorang profesional. Nah Anda bisa menggunakan Canva baik versi browser maupun aplikasi di ponsel untuk mendesain postcard. Caranya sangat mudah kok, coba deh cek panduannya di bawah ini:

  1. Pertama masuki dulu website Canva atau buka aplikasi Canva di ponsel.
  2. Setelah itu pilih oleh Anda tipe desain ‘Postcard’.
  3. Nah setelah itu coba eksplorasi beberapa layout yang menurut Anda paling cocok dijadikan latar postcard, lalu pilih salah satu.
  4. Setelah itu Anda bisa memasukan foto dari komputer atau ponsel.
  5. Setelah itu, Anda bisa menambahkan efek dan filter tertentu.
  6. Jika perlu, Anda bisa memasukan teks.
  7. Jika dirasa sudah bagus, maka Anda bisa menyimpannya dan membagikannya ke teman atau media sosial.
unsplash.com
  • Aplikasi Smartphone

Untuk membuat postcard, Anda ‘pun bisa memanfaatkan ponsel Anda. Ya, ada banyak sekali aplikasi editing gambar yang bisa digunakan untuk membuat postcard dengan desain yang bagus. Misalnya seperti aplikasi bernama TouchNote, dimana Anda bisa mendesain postcard dengan mudah dan cepat. Nah aplikasi editing satu ini tersedia baik itu pada ponsel Android maupun iOS. Ada banyak sekali pilihan layout, font, hingga cap, sehingga Anda mendapatkan postcard yang sangat berkualitas.

Aplikasi ponsel lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat postcard yaitu Postgram. Aplikasi satu ini memang diciptakan khusus untuk membuat postcard. Anda bisa menemukan banyak sekali template dan latarbelakang. Selain itu ada fitur editing gambar sehingga desain postcard terlihat lebih presisi.

Nah, itulah ukuran dari postcard. Ketika membuat desain sendiri, Anda juga bisa memperbesar ukuran foto supaya hasilnya tidak pecah-pecah lho! Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *