Teh Sariwangi, Salah satu Teh yang Paling Dikenal di Indonesia

Jika kita berbicara tentang teh maka bisa jadi sariwangi adalah satu nama yang melekat erat di pikiran kita, bagaimana pun juga merk dagang yang satu ini memang sudah dikenal sejak lama dan hingga saat ini keberadaannya masih tetap ada untuk dinikmati semua orang di Indonesia. Jika melihat sejenak ke belakang maka Sariwangi awalnya merupakan sebuah perusahaan teh bertajuk PT Sariwangi Agricultural Estate Agency, ini merupakan sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1962 dan terletak di Gunung Putri – Bogor, Jawa Barat.

Sariwangi dan juga perjalanannya

Sariwangi awalnya hanya berupa perusahaan yang bergerak dalam perdagangan komoditas teh saja, namun seiring perkembangannya Sariwangi pun telah berubah menjadi sebuah produsen besar yang mencakup proses blending hingga pengemasannya sendiri. Pemasaran yang hebat yang disertai dengan inovasi pun dihadirkan oleh Sariwangi.

Tren untuk meminum teh pun akhirnya mulai membekas dan menjadi sebuah kebiasaan banyak orang di Indonesia oleh Sariwangi termasuk produk Teh dalam kantong atau yang akrab dikenal sebagai teh celup, yang satu ini diperkenalkan oleh Sariwangi di sekitar tahun 1970an.

Produk teh celup ini menjadi salah satu brand atau produk sariwangi yang paling dikenal dan disukai oleh konsumen. Sampai sampai semua teh celup bahkan disebut sebagai sariwangi dalam prosesnya karena kepopuleran dari teh celup sariwangi pada jaman keemasanya tersebut.

Kejayaan Sariwangi

Seolah tak ada yang bisa menggoyahkan kejayaan Sariwangi, para kompetitor dengan berbagai merk dagang pun seakan tak bisa menjadi pesaing bagi sariwangi. Alih – alih untuk memperbesar sepak terjangnya, Sariwangi pun lantas diakuisisi oleh Unilever baik produk maupun merk dagangnya di tahun 1989, sejak itulah Sariwangi mulai menjadi merk dagang teh terbesar di Indonesia.

Sariwangi sendiri berusaha untuk memberikan berbagai macam produk lain untuk bisa tetap bertahan dari kompetitor lainnya. Meskipun demikian memang, dominasi sariwangi sedikit demi sediit tergoyahkan dengan semakin banyaknya competitor akan tetapi, patut kita akui bahwa sariwangi tetaplah brand teh yang paling dikenal di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *