Tanam Mangga

Buah mangga termasuk buah yang menjadi favorit bagi berbagai kalangan di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa sangat gemar menyantap buah ini. Selain karena rasanya yang manis dan segar, buah ini juga dikenal mengandung banyak manfaat. Vitamin C pada buah mangga adalah salah satu kandungan yang diincar untuk memperkuat daya tahan tubuh. Tak heran, jika banyak orang ingin tanam mangga.

Cara Tanam Pohon Mangga

Tanaman mangga bisa dibilang cukup mudah di tanam di Indonesia, karena memang merupakan tanaman wilayah topis. Anda bisa menanamnya dengan beberapa cara. Bagi pemula, pencangkokan adalah cara terbaik yang bisa dipilih untuk hasil yang lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan teknik penanaman lainnya.

  1. Siapkan bibit mangga cangkokan

Pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bibit buah mangga cangkokan yang tepat dan unggulan agar hasilnya optimal. Anda bisa mengambilnya dari pohon mangga yang memiliki kualitas terbaik atau bisa membelinya secara online ataupun di penjual tanaman. Saat membeli atau mengambil bibit, pastikan tanaman tidak memiliki hama taau penyakit apapun.

  1. Siapkan lahan tanam

Gunakan saja lahan pekarangan di dalam atau depan rumah. Namun demikian, harus perhatikan pula arah jatuhnya buah dan jarak dengan atap rumah Anda atau tetangga. Sebab, pohon mangga akan bertumbuh sangat besar dan memungkinkan buahnya jatuh ke atap rumah. Caranya, bersihkan area tanam, gemburkan menggunakan cangkul, dan jika ada pohon lain di sekitarnya, berikan jarak sekitar 10 meter.

  1. Penanaman dan Perawatan

Pada area yang telah dibersihkan, buat lubang persegi di empat titik berukuran 50 cm sampai 1 meter setiap sisinya, masukkan pupuk, tutup dengan tanah sebanyak setengah meter, sehingga menyisakan setengah meter lagi untuk ditanami bibit, lalu berikan taburan furadan ke dalam lubang.

Kemudian, keluarkan bibit dari polybag atau wadah lain, masukkan bibit mangga cangkokan ke dalam lubang yang telah diberi pupuk dan ditutup tanah. Tutup dengan tanah dan siram pada pagi dan sore.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *