Sifat Akar Kacang Tanah Yang Jarang Diketahui

Kacang tanah termasuk tanaman polong-polongan yang populer di Indonesia dengan nama latin arachis hypogeae. Selain itu mudah dibudidayakan sehingga dapat dinikmati masyarakat setahun penuh, bahkan dapat ditanam di berbagai tipe tanah. Baik itu pekarangan rumah, persawahan maupun di wilayah perbukitan.

Jenis Kacang Tanah yang Dibudidayakan

Sejatinya, di Indonesia memiliki 2 kacang tanah yang dapat dibudidayakan. Yaitu tipe tegak dan tipe menjalar, untuk tipe tegak tumbuhnya lurus maupun agak condong ke atas dengan buah di ruas dekat rumpun. Umumnya buahnya pendek dan matang secara bersamaan.

Sementara tipe menjalar tumbuh menyamping dengan batang utama panjang. Sementara buahnya di ruas-ruas tanah dan berumur panjang sehingga hasil budidayanya lebih melimpah. Berikut ada sifat akar kacang tanah yang jarang diketahui, diantaranya adalah:

  • Akar Menyerupai Akar Tanaman Legume

Masyarakat Indonesia pasti mengetahui dengan jelas bentuk akar kacang tanah seperti apa, pasalnya akar kacang tanah menyerupai akar tanaman legume lainnya. Alhasil mudah dipelajari karena bentuk akarny dimiliki tanaman lainnya, selain itu usahakan memberikan wawasan pada anak-anak mengenai pertumbuhan kacang tanah sehingga mereka mengetahuinya.

  • Akar Memiliki Bintil Akar

Kacang tanah memiliki hubungan simbiosis mutualisme antara bakteri penambat unsur nitrogen dengan Rhizoblum Sp sehingga akar kacang tanah memiliki bintil akar. Umumnya, bintil akar sering disebut nodule yang mampu menghasilkan cabang akar yang tumbuh di akar utama. Jika tidak jeli, pasti anda susah membedakannya. Untuk itulah diperlukan wawasan mengenai tumbuh kembang kacang tanah sehingga mengetahui spesifikasinya.

  • Berbentuk Tunggang

Selain memiliki bintil akar, kacang tanah berbentuk tunggang dan memiliki cabangan. Tujuannya agar buah kacang melimpah sehingga saat panen pun melimpah ruah, apalagi kacang tanah memiliki fase pertumbuhan yang cepat dengan kualitas yang baik. Untuk itulah saat menanam kacang tanah harus memantau pertumbuhan kacang, dengan begitu anda mengetahui segala hal tentang perkembangannya. Termasuk pemberian pupuk yang tepat untuk menunjang kualitas kacang tanah di pangsa pasar. Dijamin hasilnya memuaskan jika dipantau terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *