Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan pagi merupakan waktu makan pertama untuk mengawali hari. Beberapa orang menerapkan prinsip untuk melakukan sarapan pagi secara teratur setiap harinya. Mereka membuat jadwal sarapan pagi yang terdiri dari waktu makan dan menu yang akan dihidangkan. Sebaliknya, beberapa orang menganggap remeh sarapan pagi. Sehingga, banyak yang tidak makan pagi sebelum mengawali aktivitas setiap harinya.

Ada beberapa alasan kenapa orang-orang tidak ingin makan pagi. Alasan yang sering digunakan adalah tidak sempat sarapan karena dikejar jam kerja atau belajar. Sementara yang lain, mengalami muntah jika makan dengan porsi lumayan banyak di pagi hari. Selain itu, beberapa orang menganggap makan di pagi hari mengurangi cita rasa dari suatu makan. Secara medis, sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari sarapan pagi yang dilakukan secara rutin. Sementara itu, ada beberapa risiko kesehatan yang mengancam bagi orang-orang yang sering melewatkan sarapan pagi.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sarapan pagi yang dilakukan secara rutin memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat utama sarapan pagi adalah tersedianya sumber energi bagi tubuh. Sarapan pagi membantu mengembalikan energi tubuh setelah tubuh tertidur cukup lama selama tidur malam. Saat bangun, perut akan kosong. Oleh karena itu, perut perlu diisi dengan makanan untuk memastikan tersedianya sumber energi tubuh. Orang yang melewatkan sarapan akan memulai aktivitas dalam keadaan perut kosong yang dapat berakibat pada gangguan sistem pencernaan. Selain itu, tubuh dapat menjadi lemas karena suplai energi berkurang.

pexels.com

Sarapan pagi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita. Mereka yang sarapan pagi dapat mengontrol diri untuk mengonsumsi makanan rendah kalori. Selain itu, sarapan pagi juga dapat menurunkan resiko terkena beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Oleh karena itu, sarapan pagi menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Selain itu, orang-orang yang mempunyai kebiasaan untuk sarapan pagi mempunyai daya focus lebih tinggi dibandingkan orang yang melewatkan sarapa pagi. Hal ini disebabkan orang yang sarapan pagi, perutnya sudah diisi dengan makanan. Selain itu, sarapan pagi juga dapat mempertahankan daya piker seseorang. Oleh karena itu, orang-orang yang terbiasa dengan sarapan pagi menjadi lebih produktif daripada orang-orang yang melewatkan sarapan.

Sarapan pagi juga dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Hal ini dikarenakan perut sudah diisi dengan makanan, sehingga seseorang akan lebih dapat mengontrol makanan di siang harinya. Orang yang melewatkan sarapan pagi akan cenderung mengonsumsi makanan yang tinggi kalori akan tetapi tidak terlalu mengenyangkan. Akhirnya, berat badan orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung naik.

Apakah kamu pernah mendengarkan ungkapan bahwa ketika lapar orang-orang akan cenderung marah? Hal ini benar adanya. Dalam keadaan lapar, emosi seseorang menjadi lebih tidak stabil. Oleh karena itu, sarapan pagi juga menjadi sangat penting untuk mengontrol mood dan emosi seseorang agar tetap stabil. Hal ini dikarenakan perut yang sudah terisi akan membantu menaikkan mood seseorang. Jadi awali harimu dengan menu sarapan pagi yang bergizi.

Sarapan pagi juga membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin. Sarapan pagi yang sehat dan mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh seperti mineral, vitamin, dan kalsium dapat menjadi sumber nutrisi yang penting. Oleh karena itu, orang yang teratur sarapan lebih terpenuhi kebutuhan nutrisinya dibandingkan orang yang melewatkan sarapan.

pexels.com

Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Sarapan pagi tidak selalu dipenuhi dengan menu makan berat. Sarapan pagi dapat diisi dengan kudapan ringan yang lezat tapi kaya akan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Misalnya, salad sayur dan buah-buahan. Menu ini sangat cocok bagi orang-orang yang tidak mempunyai waktu banyak untuk sarapan. Salad dapat dibuat dengan memotong bahan salad seperti sayuran atau buah-buahan kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu, tambahkan minyak zaitun dan mayones sebagai bahan untuk saus salad. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk menambah rasa pada salad. Praktis bukan?

Menu sarapan pagi yang lain adalah berbagai jenis sandwich. Makanan ini cocok bagi orang yang memiliki waktu terbatas untuk menyiapkan sarapan. Kamu dapat menyiapkan sandwich sesuai dengan selera kamu, misalnya sandwich daging asap atau telur mata sapi. Kamu bisa menambahkan salada, tomat, saus, dan bawang bombai. Meskipun terkesan sederhana, sandwich memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Jika kamu terburu-buru harus pergi berangkat kerja, kamu bisa memasukkan sandwich ke kotak makan dan memakannya dalam perjalanan. Untuk menemani sandwich, kamu bisa mengonsumsi susu sebagai pelengkap gizi sarapan.

Salah satu menu sarapan sederhana dan mudah dibuat adalah omelet. Kamu bisa membuatnya dalam waktu yang cukup singkat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti potongan daging, sosis, wortel, dan sayuran. Selain itu, untuk melengkapi omelet kamu bisa merebus beberapa macam sayuran hijau. Kamu tidak perlu repot memasak sementara kebutuhan nutrisimu bisa terpenuhi. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang manfaat sarapan pagi, kamu bisa mengunjungi halaman this website.