Tips Bangun Rumah Minimalis Modern

Rumah yang indah dan nyaman dihuni tentuya menjadi idaman yang di cita-citakan setiap orang. Pasalnya rumah memang memiliki fungsi sebagai tempat tinggal  dan menjadi tempat istirahat paling nyaman setelah kita beraktivitas seharian. Dalam hal ini tentunya suasana rumah haruslah memberikan rasa kenyamanan pada pemilik. Iya rumah yang nyaman sebenarnya tidak perlu mewah dan besar, karena saat ini banyak juga rumah minimalis dengan desain modern yang terlihat nyaman dan elegan.

Dengan membutuhkan lahan yang terbatas, Anda dapat menciptakan rumah minimalis yang unik dengan desain modern. Selain untuk menghemat lahan, desain rumah minimalis juga membutuhkan budget yang tidak sebanyak rumah mewah. Meskipun demikian, rumah minimalis juga memiliki keindahan dan keunikannya yang khas. Untuk menciptakan rumah minimalis dengan desain modern, Anda dapat menyesuaikan antara desain eksterior, interior, dan isi perabot di dalam rumah dengan model-model modern khas rumah minimalis. Nah bagi Anda yang ingin mencari informasi seputar rumah minimalis, Anda bisa mengakses situs rumahpedia.info.

unsplash.com

Tips Mengkonsep Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis bukan berarti model rumah yang monoton dan hanya mengedepankan pada fungsi saja, namun rumah minimalis juga dapat dikreasikan dengan berbagai konsep yang nantinya akan menciptakan kesan yang lebih mewah. Salah satu kreasi dari rumah minimalis adalah desain minimalis modern yang menampilkan rumah minimalis dengan kesan yang mewah. Nah berikut adalah beberapa tips konsep rumah minimalis modern :

  1. Konsep bangunan horizontal atau vertikal

Ingin konsep rumah horizontal atau vertikal? Nah dalam hal ini tentunya bisa dipertimbangkan dengan beberapa faktor salah satunya adalah luas lahan. Jika lahan tidak terlalu luas, mungkin desain rumah vertikal menjadi lebih cocok. Dalam menciptakan rumah vertikal, pastikan pondasi yang digunakan benar-benar kuat dengan bangunan lantai dasar yang kokoh guna menopang bangunan diatasnya. Jika memiliki lahan yang cukup luas, tidak Anda juga bisa memilih desain rumah horizontal. Adapun desain horizontal ini memiliki keuntungan yakni rumah yang terlihat kuas dan nyaman.

  1. Perhatikan penataan ruang

Sebelum membuat rumah, pastikan Anda mematangkan betul konsep penataan ruang. Anda dapat mengkonsep mulai dari luas ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar, dan sebagainya. Pastikan semuanya ditata dengan praktis khas rumah minimalis. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek sehingga bisa lebih matang.

  1. Gambaran desain interior dan eksterior

Nah meskipun rumah Anda belum berdiri, namun konsep interior dan eksterior haruslah dimatangkan. Hal ini nantinya juga akan mempermudah Anda dalam berbelanja bahan-bahan dan perlengkapan rumah. Untuk desain interior, Anda dapat memilih wallpaper atau cat. Yang jelas Anda dapat memilih warna atau motif yang senada dengan perabot-perabot rumah. Dalam hal ini Anda dapat memilih warna-warna netral yang dapat dikreasikan dengan perabot di rumah sehingga konsep rumah minimalis modern menjadi lebih perfect.

  1. Konsep bagian eksterior

Dalam rumah minimalis, bagian yang harus diperhatikan adaah area hijau dan teras. Dalam hal ini, Anda dapat menghadirkan area hijau di teras rumah minimalis Anda sehingga menjadi lebih sejuk dipandang. Dalam hal ini Anda tidak perlu menaruh furniture dengan ukuran berlebihan pada teras sehingga teras tidak terlihat penuh dan sempit.

unsplash.com

Inspirasi Desain Interior pada Rumah Minimalis Modern

Nah untuk menciptakan suasana yang indah dan nyaman, tentu bagian yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah bagian interior. Dalam hal ini terdapat beberapa tips mengenai inspirasi menata interior rumah minimalis modern sebagai berikut:

  1. Pilih palet warna yang cocok

Untuk menciptakan rumah minimalis modrn, sebaiknya Anda tidak menggunakan warna dasar yang terlalu terang dan mencolok. Jika Anda suka dengan warna-warna terang, Anda dapat memadukannya dengan dominasi warna gelap. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan warna gelap pada area ruangan dengan dimensi yang lebih sedikit dan memasang warna terang sebagai dominan warna. Dalam memilih palet rumah, usahakan Anda menggunakan tidak lebih dari 3 warna sehingga tidak akan memunculkan kesan yang tidak berlebihan. Selain soal warna, Anda juga dapat memadukannya dengan motif seperti kayu, batu, dan sebagainya sehingga rumah terlihat lebih modern.

  1. Pilih dan tempatkan furniture dengan tepat

Dalam memilih furniture untuk rumah minimalis modern, Anda dapat memilih furniture dengan desain minimalis. Adapun warnanya, Anda dapat memilih warna-warna yang sesuai dengan konsep ruangan Anda sehingga akan terlihat lebih matching. Selain itu dalam memilih furniture untuk rumah minimalis, pastikan Anda lebih mengutamakan fungsi. Hindari juga memilih furnitue dengan ukuran besar yang memakan tempat sehingga Anda memiliki lebih banyak space dalam ruangan Anda.

  1. Hadirkan variasi di dalam rumah

Untuk menciptakan rumah yang unik dan terlihat tidak membosankan, Anda dapat memberikan variasi dalam ruangan Anda. Dalam hal ini Anda dapat menambahkan tumbuh-tumbuhan hijau atau taman di dalam rumah sehingga terlihat lebih sejuk. Kehadiran kolam di dalam ruangan juga dapat dijadikan opsi untuk menciptakan variasi dalam ruangan Anda agar terlihat lebih indah dan lebih asri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *