Resep Sayur Sop Sederhana, Lezat dan Ekonomis

Resep sayur sop di bawah ini bisa Anda coba untuk mendapatkan menu masakan yang sederhana namun tetap lezat dan ekonomis. Sayur sop memang tidak membutuhkan bahan/sayuran yang mahal, cukup dengan sayuran-sayuran yang murah yang bisa Anda beli hanya dengan uang 5 ribuan saja.

Jangan salah, meskipun terkesan sebagai menu masakan yang sederhana, namun sayur sop digandrungi karena kelezatan dan proses membuatnya yang mudah. Penasaran? Yuk langsung simak di bawah ini resep dan caranya.

Resep Sayur Sop Sederhana Menggugah Selera

Untuk membuat sayur sop sederhana tapi menggugah selera Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Di antaranya adalah  3 wortel, 100 gram kubis, 100 gram brokoli, 1 buah kentang, 1 batang daun bawang dan 1 batang selederi.

pexels.com

Sedangkan bumbu yang dibutuhkan untuk memasak sayur sop sederhana adalah 3 siung bawang putih yang dimemarkan, ½ sdt garam halus, lada, kaldu ayam bubuk. Tambahkan juga 1 sdt bawang gorang untuk menambah kelezatan sayur sop.

Jika bahan-bahan dan bumbu sudah siap seluruhnya, maka proses pembuatan sayur sop sederhana bisa dimulai. Langkah pertama adalah mencuci bahan-bahan seperti wortel, kubis, kentang dan brokoli hingga bersih. Setelah bersih, sayuran-sayuran tersebut bisa dipotong sesuai selera.

Sambil mencuci sayuran, Anda bisa memanaskan air secukupnya hingga mendidih. Setelah air mendidih masukkan bawang putih yang sudah digeprek dan garam secukupnya. Kemudian masukkan wortel, kentang dan brokoli hingga matang. Setelahnya Anda bisa menembahkan kubis, daun selederi, daun bawang, lada dan kaldu ayam bubuk.

Tambahkan gula dan taburkan bawang goreng sehingga sayur sop akan terasa lebih lezat. Setelahnya Anda bisa mengoreksi rasa sayur sop, tambahkan bumbu jika masih kurang pas. Jika pas, masak semua bahan tersebut hingga matang dan sajkan dalam mangkok. Anda bisa membuat sambel tomat dan menggoreng tempe sebagai teman makan sayur sop sederhana.

pexels.com

Resep Sayur Sop Ayam Mudah dan Simple

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat sayur sop ayam di antaranya adalah 400 gram ayam. Potong daging ayam sesuai selera, jika mungkin disarankan untuk menggunakan ayam kampung karena aromnya yang lebih menendang. Agar daging ayam tidak bau amis Anda bisa melumurinya dengan perasan jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit.

Selain daging ayam siapkan juga 3 batang daung bawang, iris kecil-kecil sesuai selera. Kemudian 1 buah tomat, 3 buah kentang, 5 buncis, 3 wortel, 3 daun kol, 3 batang selederi dan 4 butir bakso. Bahan-bahan tersebut harus dibersihkan dan bisa Anda potong-potong sesuai selera Anda.

Untuk bumbunya, Anda bisa menyiapkan 1cm jahe yang sudah dimemarkan, 3 sdt garam, gula pasir dan air secukupnya. Selain itu Anda juga harus menyiapkan 5 siung bawang merah, 3 butir kemiri, 3 siung bawag putih, ½ merica bubuk dan minyak goreng secukupnya.

Jika bahan dan bumbu sudah siap, maka selanjutnya proses pembuatan sayur sop ayam bisa dimulai. Langkah pertama adalah mencuci daging ayam hingga bersih dan rebus hingga matang dan empuk. Di tempat terpisah, siapkan panci yang berisi 600-700 ml air dan masak dengan api sedang.

Masukkan daging ayam, daun bawang dan selederi ke dalam air dan masak dengan api sedang. Sambil menunggu api mendidih, Anda bisa menyiapkan bumbu sayur sop ayam. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan merica bubuk. Disarankan untuk menguleknya daripada diblender, karena aromanya lebih harum jika diulek.

pickupimage.com

Setelah bumbu halus, masukkan bumbu sop ke penggorengan yang sudah disiapkan. Aduk sebentar hingga muncul aroma harum khas tumisan, setelah matang bumbu ini bisa dimasukkan ke dalam air rebusan ayam. Aduk panci hingga bumbu tercampur dengan bahan lain secara sempurna.

Selanjutnya Anda bisa memasukkan jahe yang sudah dimemarkan sebelumnya dan aduk hingga meresap seluruhnya. Pada proses ini Anda bisa menunggu hingga daging ayam benar-benar sudah matang dan empuk.

Setelahnya baru Anda bisa memasukkan sayuran-sayuran semisal wortel, ketang, kol, bakso dan seterusnya. Anda bisa menambahkan garam dan gula pasir serta irisan tomat, koreksi rasa hingga benar-benar pas di lidah Anda. Jika sudah matang, angkat lalu taburkan bawang goreng dan sayur sop ayam bisa disajikan.

Demikianlah ulasan resep sayur sop yang sederhana dan lezat plus bisa dipraktikan dengan mudah. Sayur sop cocok dinikmati untuk menghangatkan tubuh di musim dingin. Khusus untuk Anda yang suka dengan info tentang resep dan hal-hal menarik ter-update lainnya, kini Anda bisa langsung berlangganan pada site terpercaya tipsberbagi.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *