Resep Ikan Asin Tumis Gurih Pedas

Ikan asin merupakan salah satu olahan sederhana yang memiliki citarasa yang luar biasa apabila kita mampu memasaknya dengan resep yang luar biasa. Sebenarnya ikan asin bisa dimasak dengan cara yang sederhana kemudian dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal. Meskipun terlihat sederhana namun rasanya luar biasa. Bagi Anda pecinta olahan ikan asin, kali ini ane akan berbagi resep ikan asin dengan variasi yang cukup unik yakni tumis ikan asin gurih pedas.

Sesuai dengan namanya, ikan asin akan ditumis kemudian dicampur dengan berbagai bumbu sehingga menciptakan rasa gurih pedas yang pastinya sangat maknyus. Iya resep ini sangat cocok tentunya untuk teman sepiring nasi. Nah daripada penasaran, berikut adalah resep ikan asin tumis gurih pedas.

Sebelum memasak ikan asin tumis gurih pedas, siapkan dulu beberapa bahan-bahannya mulai dari ikan asin, bawang merah dihaluskan, cabai rawit yang telah dihaluskan, gula merah yang telah dihaluskan, dan bawang putih yang telah dihaluskan, jahe yang telah dimemarkan, daun jeruk, lada bubuk, tomat, dan minyak goreng secukupnya saja. Adapun langkah untuk memasak ikan asin tumis gurih pedas adalah sebagai berikut:

  1. Rebus terlebih dahulu air hingga mendidih kurang lebih dua gelas.
  2. Potong ikan asin sesuai dengan selera, kemudian cuci hingga bersih dan tiriskan.
  3. Rendam ikan asin pada air yang telah mendidih dalam wadah khusus hingga beberapa menit sampai rasa asinnya agak berkurang, kemudian tiriskan.
  4. Siapkan juga bawang putih, tomat, bawang merah, cabai, gula, dan lada secukupnya. Kemudian haluskan dengan menggunakan cobek. Selanjutnya silahkan panaskan minyak di wajan. Kemudian tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga matang. Jangan lupa tambahkan juga daun jeruk, jahe, dan sedikit air.
  5. Selanjutnya masukkan ikan asin dan masak sampai bumbu tercampur rata.
  6. Dan setelah matang, maka ikan asin pun siap disajikan.

Nah itu dia resep ikan asin tumis gurih pedas yang pastinya sangat lezat dan maknyus. Mudah bukan? selamat mencoba dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *