Resep Bumbu Tempe Goreng Khas Wonosobo

Wonosobo, kota yang terkenal akan suasana yang dingin memiliki gorengan khas yang disebut dengan tempe kemul. Bahan-bahan untuk membuat bumbu tempe goreng khas Wonosobo ini agak berbeda dengan yang lain.

Meskipun berbeda, rasanya juga sangat nikmat. Cara membuatnya juga sangat simpel. Yang Anda perlukan adalah memahami bahan-bahan utamanya terlebih dahulu.

Bahan-bahan halus yang diperlukan cukup sederhana yaitu 4 siung bawang putih, ½ sdt garam, dan ½ sdt ketumbar. Agar warna lebih menarik, bisa tambahkan ½ ruas kunyit.

Bahan halus tersebut kemudian dicampurkan kedalam 250 gr tepung terigu yang sudah dicampur dengan 2-3 sdm tepung beras dan 1 ½ tepung kanji. Tambahkan air atau santan secukupnya. Usahakan tidak terlalu encer. Terakhir goreng dengan api sedang hingga matang & tiriskan.

Alasan kenapa menggunakan tepung beras dan kanji bersamaan agar tempe kemul yang dihasilkan lebih kriuk. Sementara untuk rasa yang lebih gurih berasal dari ketumbar, jadi semakin banyak ketumbar akan semakin gurih rasanya meski tanpa penyedap rasa. Itulah resep bumbu tempe goreng khas Wonosobo yang banyak disukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *