Prilaku Kadal Arab Dalam Mempertahankan Hidup

Kadal arab dikenal dengan sebutan Dhab. Merupakan jenis kadal yang bisa bertahan hidup di area yang gersang. Lebih tepatnya hidup makmur di sekitar gurun pasir.

Ciri khususnya adalah memiliki penampakan seperti biawak. Panjang maksimalnya sekitar 99 cm. Kulitnya sangat tebal dan warnanya kecokelatan khas pasir.

Kadal ini memiliki ekor yang cukup tebal. Pada bagian ini akan dijumpai benjolan-benjolan. Fungsinya untuk mempertahankan diri dari serangan pemangsa atau pemburu.

Kadal tersebut memiliki prilaku suka bersembunyi. Jenis ini sering membuat lubang yang nantinya dijadikan sebagai sarang. Di saat itu pula, sarang ini akan digunakan untuk tempat mengintai mangsanya.

Sejauh ini, kadal ini banyak diburu oleh masyarakat sekitar. Kulitnya digunakan sebagai kerajinan. Sementara dagingnya digunakan untuk konsumsian. Bahkan beberapa bagian tubuhnya dijadikan sebagai obat-obatan.

Salah satu obat-obatan yang diambil dari kadal ini sudah diekstrak menjadi minyak. Harga minyaknya cukup mahal. Tak ayal jika banyak pemburu yang mencarinya dengan alasan komersil. Baik itu dijadikan olahan makanan ataupun obat-obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *