Kelebihan PJU Solar Cell Yang Harus Dipertimbangkan

PJU solar cell merupakan sebuah penerangan jalan umum yang menggunakan energi matahari sebagai pembangkit utama agar PJU ini dapat berfungsi. Nantinya panel surya akan menangkap sinar matahari yang kemudian akan dikonversikan kembali menjadi aliran listrik yang dapat membuat lampu menyala. Energi matahari yang telah dikonversikan menjadi aliran listrik nantinya akan di simpan di baterai kemudian secara otomatis akan menghidupkan lampu pada malam hari.

Kini penggunaan energi matahari sebagai bahan dasar listrik memanglah tengah berkembang dengan pesat pesatnya. Lantaran energi matahari diklaim jauh lebih efektif dan efisien ketimbang dengan pembangkit listrik tenaga air atau tenaga uap. Listrik yang dihasilkan oleh tenaga matahari jauh lebih ekonomis dan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Oleh karena itu penggunaan listrik tenaga surya ini dapat diaplikasikan kedalam berbagai hal yang bermanfaat seperti untuk mengaliri rumah, sekoh, kantor atau untuk menerangi jalan menggunakan PJU solar cell yang akan saya bahas kali ini. Untuk lampu jalan solar cell ini terbagi dalam beberapa paket berdasarkan jumlah kapasitasnya. Yang paling umum digunakan adalah paket 20 watt seharga 7 jutaan, 30 watt seharga 9 jutaan, 40 watt seharga 20 jutaan dan paket 60 watt seharga 13 jutaan.

Jika kalian ingin membeli lampu jalan solar cell untuk digunakan dindaerah kalian, maka kalian simak terlebih dahulu tentang keunggulan dan kekurangan penggunaan solar cell, berikut ini merupakan penjelasannya.

pixabay.com

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan PJU Solar Cell

Kelebihan

1. Ramah lingkungan

Sebagai listrik yang berbahan dasar dari sinar matahari, tentunya solar cell ini ramah terhadap lingkungan karena tidak menggunakan bahan bahan yang terbuat dari fosil untuk menghasilkan listrik. Tidak seperti penggunaan PJU pada umumnya yang kadang memakai kabel bawah tanah sehingga harus menggali terlebih dahulu, maka lampu jalan solar cell tidak lagi memerlukan kabel untuk mengalirkan listrik.

2. Awet

Kelebihan lampu jalan dengan menggunakan solar cell adalah lwbih awet ketimbang lampu jalan dengan menggunakan listrik konvensional. Pada lampu jalan menggunakan listrik konvensional umumnya memiliki keawetan yang cukup singkat berbeda dengan menggunakan penerangan jalan umum menggunakan solar cell yang mampu bertahan hingga berpuluh puluh tahun lamanya.

3. Lebih hemat biaya perawatan

Biaya untuk merawat lampu jalan solar cell ini juga terbilang cukup hemat, karena lampu jalan solar cell ini jarang sekali mengalami kerusakan sehingga biaya pwrawatannya cukup murah. Dan bila mengalami kerusakan bagian yang paling sering rusak adalah lampunya, sehingga untuk mengganti lampunya tersebut tidak terlalu memakan banyak biaya.

4. Cocok untuk daerah pedalaman

Peneranagan jalan umum solar cell ino juga sangat cocok untuk diterapkan di daerah yang sangat sulit terjangkau oleh listrik PLN. Karena PJU ini tidak memerlukan lagi akses dengan listrik PLN melainkan hanya mengandalkan energi matahari yang tersimpan maka sudah bisa menghidupi PJU ini.

pixabay.com

Kekurangan

1. Harganya relatif mahal

Kekurangan yang menghambat penggunaan solar cell sebagai energi listrik alternatif adalah karena harganya relatif mahal. Untuk harga PJU yang paling rendah kapasitasnya bahkan masih dikisaran angka 7 jutaan. Lebih mahal lagi untuk pemasangan solar cell untuk rumahan yang bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

2. Efisiensi yang masih kurang

Salah satu faktor yang menyebabkan panel surya kurang memperoleh cadangan listrik yang banyak yaitu dikarenakan masalah efisiensi yang masih kurang. Untuk panel surya yang beredar di indonesia saja tingkat efisiensinya masih kurang di bawah 20%. Hal ini yang menyebabkan sinar matahari yang didapatkan menjadi terbuang dengan sia sia.

3. Akan terjadi over heating

Jika pemasangan panel surya tidak dilakukan secara tepat, maka akan terjadi over heating yang akan memperburuk kondisi panel surya. Sebaiknya percayakan pemasangan panel surya kepada orang yang sudah ahli dalam bidang ini.

4. Memiliki ketergantungan pada cuaca

Karena perangkat ini memerlukan sinar matahari sebagai penggerak yang nanginya akan dikonversi menjadi listrik, maka solar panel sebaiknya dipasang pada daerah yang memiliki cuaca bagus dan buka tempat yang kesulitan mendapatkan sinar matahari. Karena jika tidak memeperoleh sinar matahari yang cukup, maka solar panel ini tidak dapat berjalan karena tidak memperoleh aliran yang dapat dijadikan sebagai listrik.

pixabay.com

5. Akan tidak ramah lingkungan jika di daur ulang

Panel surya akan tidak ramah lingkungan jika proses pendaur ulangan yang tidak tepat. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan dasar yang tidak ramah lingkungan seperti silikon, selenium dan kadnium. Jadi jika panel surya telah rusak jangan sembarangan mendaur ulang karena bisa saja membahayakan.

Nah demikianlah pembahasan tentang apa itu Penerangan jalan umum solar cell beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan membaca artikel tersebut pemahaman kalian akan bertambah mengenai PJU solar cell yang sangat populer penggunaannya pada saar ini.

Semoga bermanfaat, dan semoga ini bisa jadi pertimbangan Kalian apakah PJU solar Cell akan digunakan atau tidak. Tapi dilihat dari kelebihan yang dimiliki sebaiknya dipertimbangkan dengan matang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *