Pengertian CV Dan Berbagai Hal yang Harud Diperhatikan Terkait CV

Berkas yang harus disiapkan saat akan melamar kerja tentunya cukuplah banyak. Umumnya berkas persyaratan antara perusahaan satu dengan lainnya tidak jauh berbeda. Seperti harus adanya surat lamaran kerja CV. Percaya atau tidak? CV dapat menentukan apakah pelamar akan diterima atau tidak pada suatu perusahaan. Semua itu karena CV akan dijadikan bahan pertimbangan dari pihak perusahaan.

Apa Itu CV?

Mungkin memang sudah sangat banyak orang telah mendengar dan tidak asing dengan kata CV. CV sendiri merupakan kepanjangan dari Curriculum Vitae yang berarti riwayat hidup.

CV berisikan data diri, sejarah hingga segala pengalaman kerja yang telah dilalui oleh seseorang, sehingga CV dapat dijadikan ajang promosi diri. Sehingga tentu saja isi dari CV sangatlah penting dan merupakan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

Surat lamaran kerja dan CV sangatlah erat kaitannya dan tidak dapat dipisahkan saat Anda akan melamar kerja. Semua itu karena dalam surat lamaran kerja berisikan jabatan yang Anda inginkan. Sedangkan CV berisi alasan untuk mendukung kenapa Anda pantas mendapatkan jabatan tersebut.

stocksnap.io

Beberapa Jenis CV

Melamar pekerjaan tidaklah mudah. Cukup banyak hal yang harus diurus dan dipahami. Seperti hal mengenai CV yang memang tidak dapat dipisahkan. Untuk itu perlulah diketahui mengenai jenis CV yang akan mempermudah Anda dalam melamar kerja. Berikut ulasannya:

1.      Berdasarkan Tujuan

Setiap orang yang melamar tentu memiliki tujuan instansi atau perusahaan yang berbeda-beda. Maksud dari CV yang jenisnya berdasarkan tujuan adalah CV yang dibuat berdasarkan keinginan sendiri sesuai tujuan yang diinginkan. Jadi CV ini dibuat guna menunjang agar perusahaan dapat menerima anda.

Dalam CV ini semua hal yang tertulis berdasarkan keinginan Anda. Semua isinya Anda yang mengatur. Itu karena perusahaan yang dituju tidak memberikan persyaratan khusus yang harus Anda penuhi pada CV. Justru inilah yang sulit karena Anda tidak mendapatkan bocoran mengenai apa yang perusahaan cari dari seorang pelamar kerja.

stocksnap.io

2.      Berdasarkan Ketentuan

Berbeda dengan CV yang berdasarkan tujuan, di mana semua isinya sesuai dengan keinginan Anda. CV berdasarkan ketentuan berarti perusahaan tempat Anda melamar memiliki ketentuan atau persyaratan khusus yang harus Anda penuhi. Sehingga dalam pembuatan CV ini Anda harus mampu menunjukan diri sesuai dengan keinginan perusahaan.

Jadi karena semua poin yang diinginkan perusahaan telah Anda ketahui, CV ini cukup mudah dibuat namun tentu saja justru saingan akan semakin sulit. Semua itu karena semua yang melamar tentunya menginginkan bidang atau posisi yang tidak jauh berbeda.

Poin Penting Dalam CV

Walaupun CV memiliki beragam jenis tetap saja ada beberapa poin penting yang harus ada di dalamnya. Berikut ini ulasannya:

1.      Identitas Diri

Pada bagian poin ini berisikan identitas diri Anda. Untuk itu isilah sesuai data paling benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Anda dapat mengisi sesuai dengan KTP atau bukti diri lainnya. Selain itu yang terpenting jangan lupa tuliskan nomor terbaru yang bisa dihubungi. Selain nomor Anda juga dapat memberikan alamat email. Karena ada juga perusahaan yang menghubungi melalui email bukan lagi melalui telepon.

stocksnap.io

2.      Riwayat Pendidikan

Perbedaan jenis CV tetap saja akan berisikan daftar riwayat pendidikan karena ini adalah sejarah yang Anda miliki dan merupakan modal untuk Anda diterima bekerja. Tulis riwayat pendidikan Anda baik itu pendidikan informal atau non formal lengkap degan keterangan waktu Anda menempuh pendidikan tersebut.

3.      Pengalaman Kerja Dan Organisasi

Sebuah pengalaman memang sangatlah penting dan menjadi poin utama yang akan perusahaan lihat dari sejarah anda. Maka dari itu ada baiknya sebelum melamar kerja perbanyak pengalaman baik pada pekerjaan yang satu bidang serta sebuah organisasi.

Itulah pengertian CV dan segala hal yang terkait dengannya. Untuk membuat CV yang baik, Anda bisa memanfaatkan contoh daftar riwayat hidup (CV) yang saat ini banyak beredar di berbagai blog. Anda bisa pilih dan ubah isinya sesuai dengan data Anda. Dengan bekal kemampuan kerja dan penulisan CV yang baik, semoga karir Anda bisa cemerlang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *