Nikmati Pemandangan Terbaik Di Titik Penanjakan Bromo

Berburu indahnya pemandangan terbaik menjadi agenda wisata Bromo, yang tidak boleh dilewatkan. Wisatawan direkomendasikan untuk melihat matahari terbit di Kabupaten Pasuruan, letaknya berada di penanjakan Bromo dekat dengan kawah gunung Bromo. Tidak hanya satu titik saja, Bromo pun memiliki jalur penanjakan lain yang memperlihatkan view alam layaknya surga. Sehingga pengunjung tidak dibuat bosan ketika melakukan trek penanjakan.

Trek Penanjakan Satu Punya View Sunrise Legendaris

Puncak penanjakan satu berada pada ketinggian 2.770 meter diatas permukaan laut, dan merupakan tujuan utama wisatawan untuk menikmati keindahan alam Bromo. Lokasi penanjakan masih menjadi bagian pintu masuk dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dari atas pengunjung bisa menyaksikan kemegahan alam gunung Bromo dengan lebih leluasa. Pemandangan eksotis akan anda dapatkan saat langit sedang cerah, dan menampilkan kabut halus seakan menyelimuti gunung.

Lokasi penanjakan Bromo ini berada di tempat tertinggi sekitar kawasan Taman Nasional Bromo. Terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki pemandangan sunrise terbaik. Letaknya di sebelah barat pegunungan Tengger, dan untuk mencapai kesana pengunjung wajib menggunakan kendaraan jeep atau hartop. Hal ini disebabkan akses menuju lokasi penanjakan cukup tajam dan curam, belum lagi saat musim hujan jalanan tikungan menjadi licin.

Alternatif kendaraan yang bisa digunakan jika tidak menyewa jeep atau hartop, ialah menggunakan sepeda motor tapi disarankan bukan jenis motor matic. Selain itu untuk berangkat menuju penanjakan satu harus lebih awal, sekitar pukul tiga dini hari. Usahakan tidak sampai terlambat karena tepat menjelang subuh, pengunjung bisa melihat keindahan matahari terbit yang menyembul dibalik kokohnya gunung Bromo.

pexels.com

Rute dan Persiapan Menuju Puncak Penanjakan Satu

View point penanjakan Bromo selalu menjadi tujuan utama para wisatawan. Biasanya puncak ini selalu menjadi bagian dari paket wisata Bromo, dan anda bisa menggunakan jasa open trip bromo. Akses menuju puncak penanjakan bisa ditempuh melalui 3 jalur besar yaitu Pasuruan, Tosari dan Purwodadi. Sepanjang perjalanan menuju lokasi akan melewati banyak penginapan, sembari menunggu jadwal trip esok hari anda pun bisa menginap di sekitar kawasan Pasuruan dan sekitarnya.

Jika anda berangkat dari kota Malang, maka jalur penanjakan satu lewat daerah Tumpang. Jalur ini sebenarnya tidak banyak dilalui pengunjung, sebab akses jalan yang kurang mendukung dan cukup terjal. Dan jika berangkat melalui kota Probolinggo, trek perjalanan ke puncak melalui Cemara Lawang. Akses jalannya cukup diminati pengunjung sebab kondisi jalan yang sudah beraspal, sehingga aman digunakan untuk berkendara.

Ketika hendak menuju penanjakan satu banyak yang perlu dipersiapkan. Perlengkapan hangat yang membungkus tubuh, sangat diperlukan untuk menghalau udara dingin yang menusuk tulang. Anda perlu memakai jaket tebal yang tahan dingin, selain itu sarung tangan, kaos kaki dan penutup kepala serta sepatu. Boleh menambahkan kacamata agar terlihat lebih fashionable. Untuk yang mengidap alergi dingin mungkin bisa membawa obat pribadi.

pexels.com

Pesona Penanjakan Dua di Bukit Seruni

Puncak Seruni merupakan alternatif lokasi untuk melihat keindahan matahari terbit di Bromo. Pemandangan di penanjakan dua memang tidak sepopuler penanjakan satu, namun tetap saja diburu ribuan pengunjung saat musim liburan. Saat momen tertentu terdapat event tahunan upacara Kasada, kadang juga diadakan festival jazz Bromo. Pengunjung akan lebih membludak saat menjelang tahun baru.

Jalur penanjakan Bromo ini belum lama dibuka, karena dulunya kawasan sering ditutup akibat terjadi longsor. Akhirnya pihak penduduk setempat dan pengelola taman nasional menyepakati, untuk memperbaiki jalur tersebut. Kemudian sekarang jalan menuju penanjakan dua bebas dilalui kendaraan, dan dapat dikunjungi oleh wisatawan. Termasuk pemandangan yang tidak kalah menarik dibanding penanjakan satu.

Pada musim hujan sekitar bulan September sampai Mei, area penanjakan dua ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Matahari akan terbit tepat di sebelah tumur pengunjung, namun saat memasuki musim kemarau sunrise terjadi agak lambat. Disarankan untuk berpindah ke spot penanjakan satu, yang memiliki view sunrise lebih utuh. Tetapi bila anda menginginkan akses yang tidak perlu ‘ngoyo’, alternatif penanjakan dua ini bisa dipilih.

Di lokasi penanjakan dua pengunjung bisa menjadi saksi betapa eksotisnya Bromo. Seruni piont menyajikan hamparan lautan pasir Bromo, yang bisa dilihat dari atas. Selain itu juga bisa melihat formasi gunung-gunung yang berjejer, antara lain Gunung Batok, Gunung Widodaren, dan Gunung Semeru yang tampak dari kejauhan. Pengunjung juga bisa menyaksikan indahnya pemandangan desa Cemorolawang, yang tampak apik saat terkena cahaya matahari yang berpendar.

pexels.com

Jalur Akses dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Untuk mencapai view point matahari terbit di penanjakan Bromo, anda bisa menyewa Jeep atau Hardtop. Rute yang paling mudah untuk ditempuh adalah dari desa Cemoro Lawang. Jalurnya cukup menanjak dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit, lalu pengunjung akan disuguhi pemandangan seluruh kawasan Bromo dari atas bukit Seruni. Sedangkan untuk sampai ke bukit anda masih perlu berjalan kaki, dan menelusuri anak tangga kurang lebih 20 menit hingga ke puncak.

Jika anda pergi  ke Bromo melalui rute Probolinggo, bisa juga memilih alternatif lewat jalur penanjakan dua. Berangkat dari kota menuju Bromo melalui Bukit Seruni, perjalanan mulai dini hari dan sampai menjelang waktu subuh. Meskipun lokasi Seruni lebih rendah dibanding penanjakan satu, namun pemandangan yang disuguhkan tidak kalah menarik. Jika pengunjung keberatan menyewa Jeep atau Hardtop tidak masalah, cukup menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat biasa.

Perlengkapan yang perlu dibawa saat menuju penanjakan Bromo tidak perlu ribet. Hanya perlu membawa barang-barang krusial saja, seperti dompet, handphone dan pakaian hangat. Pengunjung perlu membawa masker untuk melindungi saluran pernafasan, head lamp atau senter tangan, penutup kepala, jaket tebal dan sarung tangan. Perlengkapan tersebut berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin.

Wisata Bromo memang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satunya pesona matahari terbit yang bisa dilihat dari kedua penanjakan di Bromo. Udara dingin yang berhembus terasa sejuk untuk merefresh pikiran, menambah cerita liburan kian menyenangkan. Tidak heran apabila Bromo menjadi list wisata yang wajib dikunjungi oleh para traveller, baik dari domestik maupun mancanegara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *