Ciri Jasa Ekspedisi Pelabuhan Samarinda Terbaik

Pengiriman melalui jasa ekspedisi dengan jalur laut tentunya Anda akan bertemu dengan pelabuhan Samarinda yang menjadi pusat berhentinya kapal pengiriman barang. Jika dibandingkan dengan menggunakan metode jalur udara, saat melakukan pengiriman barang tentunya harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal. Bahkan mencapai 10 kali lipat dari biaya menggunakan jalur darat.

Akan tetapi untuk pemilihan jalur udara bisa disesuaikan dengan kebutuhan, karena untuk proses pengiriman melalui udara jauh lebih cepat. Sehingga jika sekiranya Anda menginginkan barang tersebut cepat sampai kepada tangan penerimanya, bisa menggunakan jalur udara. Layanan yang ditawarkan oleh pihak jasa ekspedisi juga sangat beragam, karena jasa ekspedisi tidak hanya berfokus pada pengiriman barang saja.

Ciri Jasa Ekspedisi Terbaik

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Mengetahui ciri-ciri jasa ekspedisi terbaik perlu diketahui supaya Anda terhindar dari jasa ekspedisi abal-abal atau melakukan penipuan. Tentu hal ini diri Anda sendirilah yang merasa dirugikan. Sebab itulah informasi berikut ini mengenai ciri jasa ekspedisi terbaik dapat dijadikan bahan pertimbangannya, diantaranya seperti berikut:

  1. Mencari tahu pengalaman dan legalitas jasa ekspedisi

Ciri pertama yang harus diperhatikan yaitu Anda harus mencari tahu mengenai pengalaman beserta legalitas yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi tersebut. Anda bisa membuktikannya dengan mencari informasi sebanyak mungkin, baik itu dari sumber internet maupun dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya tersebut.

Jasa ekspedisi yang tidak memiliki pengalaman baik dalam proses pengiriman barang tentunya hal ini sangat beresiko terhadap barang yang Anda kirimkan tersebut. Berbeda dengan jasa ekspedisi profesional yang mempunyai pengalaman baik dalam pengiriman barang, tentu tidak akan membuat Anda merasa khawatir dan cemas.

  1. Perhatikan sistem keamanan

Untuk sistem keamanan pada jasa ekspedisi di pelabuhan Samarinda wajib diperhatikan dengan baik supaya barang yang Anda kirimkan tersebut benar-benar terjaga dengan sebagaimana mestinya. Untuk sistem keamanan tersebut bisa Anda lihat dari segi website, apakah sudah menggunakan SSL atau pun belum. Selain itu Anda juga dapat melihat serta mengkonfirmasi ulang pada testimoni yang ada di dalam website.

Pastikan juga bahwa jasa ekspedisi tersebut sudah pernah dimuat pada media nasional. Untuk lebih meyakinkan bahwa jasa ekspedisi tersebut benar-benar aman dan terpercaya. Silahkan melihat pada bagian review maupun profile yang mengirimkan harga penawaran, pastikan bahwa jasa ekspedisi tersebut sudah mempunyai minimal 4,5 bintang.

  1. Lihat dari segi harga

Jasa ekspedisi yang bagus dan terpercaya sudah pasti akan memberikan penawaran harga yang standar atau wajar. Sehingga harga yang ditawarkan tersebut tidak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah. Hal ini dikarenakan untuk segala permasalahan menjadi tanggung jawab jasa ekspedisi. Terlebih lagi jika ekspedisi tersebut memberikan penawaran berupa fitur asuransi.

  1. Memberikan fitur cek resi

Pengecekan resi sudah bisa dilakukan secara online, baik itu melalui aplikasi maupun melalui website resmi yang dimiliki oleh jasa ekspedisi tersebut. Dengan adanya fitur resi inilah maka para konsumen tidak perlu mengkhawatirkan sampai di mana proses pengiriman barang. Untuk proses pengiriman barang bisa dipantau secara online, sebab itu Anda harus mempunyai resi pada jasa ekspedisi yang Anda gunakan tersebut.

Kendala Jasa Ekspedisi Saat Kirim Barang Ke Pulau Jawa

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Tidak hanya konsumen saja yang mengalami kendala dalam melakukan pemilihan jasa ekspedisi karena banyaknya pemilihan jasa yang ada di sekitarnya. Namun ternyata pihak jasa ekspedisi itu sendiri pun juga seringkali mengalami kendala. Terutama ketika harus melakukan pengiriman barang ke pulau Jawa. Berikut ini kendala yang sering kali terjadi:

  1. Biaya yang tinggi

Biaya yang tinggi menjadi permasalahan utama yang seringkali menjadi momok bagi individu maupun pemilik bisnis yang seringkali menggunakan jasa ekspedisi. Hal inipun juga menjadi kendala bagi pihak jasa ekspedisi. Biayanya yang tinggi membuat para konsumen harus berpikir ulang ketika ingin melakukan pengiriman barang. Terlebih lagi ketika harus melakukan pengiriman barang dalam jumlah yang cukup besar.

  1. Kondisi jalanan

Kondisi jalanan yang ada di Pulau Jawa dianggap lebih macet dan hal ini harus dialami oleh kebanyakan jasa ekspedisi. Sementara di beberapa pulau Jawa masih memiliki jalanan yang belum memadai. Misalnya jalanan yang rusak, tidak dapat dilalui oleh wingbox, truk, tronton, Fuso, maupun yang lainnya. Ditambah lagi dengan jalanan yang seringkali ditutup.

  1. Informasi dan komunikasi yang sering bermasalah

Keterbatasan media informasi dan komunikasi yang ada di luar pulau Jawa memang seringkali membuat permasalahan yang sering kali dialami oleh jasa ekspedisi. Dengan keterbatasan jaringan pelayanan inilah yang membuat jasa ekspedisi harus menggunakan sistem manual ketika melakukan transaksi logistik. Hal ini hampir semua jasa ekspedisi mengalaminya, namun sayangnya solusi yang bisa dilakukan yaitu hanya dengan cara manual.

Saat ini pengiriman barang yang ditawarkan jasa ekspedisi Surabaya Samarinda tidak hanya dapat dilakukan secara offline, karena bisa dilakukan secara online juga. Namun hal ini menjadi tugas Anda supaya bisa memastikan bahwa perusahaan ekspedisi tersebut sudah legalitas supaya keamanan pengiriman barang lebih terjaga dengan baik. Terlebih lagi jika Anda melakukan pengiriman barang antar pulau, antar kota atau bahkan ke luar negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *