Penjelasan Paragraf Deduktif Beserta Contohnya

Yang dimaksud dengan paragraf adalah suatu karangan yang didalamnya terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Paragraf sendiri terdiri dari banyak jenisnya, dimana salah satu jenis paragraf tersebut bernama pararaf dedukif.

Paragraf deduktif merupakan sebuah paragraf dimana kalimat utamanya terletak di awal paragraf atau baris pertama paragraf. Iasnaya paragraf deduktif diawali dnegan pernyataan yang bersifat umum yang dilengkapi dengan penjelasan khusus.

Penjelasan khusus yang biasanya ada pada paragraf deduktif antara lain berupa bukti-buti, contoh, rincian dan lain sebagainya. Berdasarkan penjelasan diatas mengenai paragraf deduktif dapat disimpulkan bahwa paragraf deduktif memiliki pola kalimat berupa umum ke khusus.

Maksudnya diawali dengan kalimat umum kemudian diikuti dengan kalimat khusus. Adapun ciri-ciri paragraf deduktif yang pertama adalah paragraf deduktif memiliki gagasan utama yang terletak di awal paragraf kalimat utama.

Sedangkan ciri-ciri lainnnya mengenai paragraf deduktif adalah pola kalimatnya dari umum ke khusus. Untuk ciri-ciri berupa pola kalimatnya dari umum ke khusus sudah dijelaskan sebelumnya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Supaya kalian lebih paham lagi mengenai paragraf dedukif. Dibawah ini ada beberapa contoh paragraf deduktif yang dikutip dari website Hidupsimpel agar mudah kalian pelajari.

stocksnap.io

Contoh Paragraf Deduktif 1 :

Para pemuda warga desa Maju Bersama memutuskan untuk mengadakan jam belajar masyarakat dengan disiplin dan tertib. Sebelumnya, masih banyak pelajar yang dibiarkan belajar di luar rumah pada saat jam belajar.

Dengan adanya hal tersebut para pemuda warga desa Maju Bersama mulai mendatangi orang tua siswa tersebut dan memberikan pengertian mengenai pentingnya belajar bagi para siswa.

Apabila warga masih menemukan siswa yang masih berkumpul dipinggir jalan ketika jam belajar, maka siswa tersebut akan diberikan peringatan kemudian diajak untuk belajar bersama-sama. Jam belajar yang diselenggarakan pemuda warga Maju Bersama dimulai pukul 18.00 sampai 20.00.

Adapun penjelasan dari contoh paragraf deduktif yang ada di atas adalah kalimat utama paragraf diatas yaitu para pemuda warga desa Maju Bersama memutuskan untuk mengadakan jamb belajar masyarakat dengan disiplin dan tertib.

Contoh Pragraf Deduktif 2 :

Peraturan lalu lintas merupakan salah satu peraturan yang harus dipatuhi dan ditaati dengan sebaik-baiknya. Peraturan lalu lintas dibuat bukan untuk mempersulit atau menyulitkan para pengendara ketika sedang mengendarai kendaraanya di jalan.

Namun, peraturan lalu lintas dibuat agar para pengendara tertib dan aman saat berkendara. Sayangnya, masih banyak pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Maka tidak heran sering terjadi kecelakaan.

Adapun contoh pelanggaran yang sering dilakukan para pengendara antara lain masih banyaknya para pengendara kendaraan bermotor yang masih nekat menerobos palang pintu perlintasan kereta api. Bahkan jumlah kecelakaan yang terjadi akibat menerobos palang pintu perlintasan kereta api jumlahnya cukup banyak.

Padahal menunggu palang pintu perliintasan kereta api tidak membutuhkan waktu yang lama hanya beberapa menit saja.  Selain menjaga keselamatan dijalan, para pengendara kendaraan bermotor juga harus memperhatikan kelengkapan surat kendaraan bermotor, SIM dan juga STNK. Jika semua peraturan lalu lintas dipatuhi akan tercipta ketertiban, kenyamanan dan keselamatan di jalan raya.

Penjelasan dari paragraf diatas adalah sebagai berikut kalimat utama dari paragraf diatas yaitu Peraturan lalu lintas merupakan salah satu peraturan yang harus dipatuhi dan ditaati dengan sebaik-baiknya.

stocksnap.io

Contoh Paragraf Deduktif 3 :

Salah satu hal yang sangat biasa terjadi di kota besar yang ada di Indoensia adalah macet. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut diantaranya karena tingkat mobilitas warga yang tinggi.

Adapun faktor penyebab lainnnya adalah target penjualan kendaraan bermotor yang semakin hari semakin besar.  Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya kemacetan di berbagai kota besar yang ada di Indoensia adalah kurangnya kesadaran banyak pihak.

Selain itu tingkat kedisiplinan para pengendara yang rendah juga menjadi hal yang memicu terjadinya kemacetan. Meskipun aparat sudah bertindak secara tegas kepada para pengendara namun para pengendara masih ngeyel. Bahkan tidak jarang para pengendara mengendarai kendaraanya dengan ugal-ugalan karena kurangnya kesadaran diri dan pemahaman akan keselamatan berkendara.

Adapun penjelasan paragraf deduktif diatas adalah kalimat utama dari paragraf diatas adalah Salah satu hal yang sangat biasa terjadi di kota besar yang ada di Indoensia adalah macet.

Contoh Paragraf Deduktif 4 :

Seseorang yang memiliki peran penting dalam sebuah keluarga selain ayah adalah ibu. Pasalnya seorang ibu memiliki tugas yang berat seperti harus bisa mengurus anaknya darikecil hingga dewasa. Bahkan begitu pentingnya peran ibu dalam sebuah keluarga ada pepatah yang mengatakan bahwa seorang ibu bisa mengurus anaknya yang banyak namun anaknya belum tentu bisa mengurus ibunya.

Dengan pepatah tersebut menyatakan bahwa peran ibu sangatlan penting dalam sebuah keluarga. Bahkan peran ibu tidak dapat tergantikan oleh siapapun. Dengan adanya hal tersebut tentu akan membuat kita menjadi semakin mencintai dan sayang ibu. Seorang ibu rela berkorban waktu dan tenaga hanya demi anak-anaknya.

Penjelasan paragraf diatas adalah sebagai berikut kalimat utama dari pragraf diatas adalah Seseorang yang memiliki peran penting dalam sebuah keluarga selain ayah adalah ibu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *