Mengenal Wilayah Aceh Utara Paling Ujung

Pulau Sumatera yang merupakan sebuah pulau di semenanjung sabang bagian barat dan sudah dibagi menjadi beberapa provinsi, ternyata juga masih di bagi menjadi beberapa kabupaten. Khususnya provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang di bagi menjadi salah satunya adalah kabupaten Aceh Utara. Kabupaten Aceh Utara ini terkenal dengan mottonya hang Hudep Saree, Matee Syahid. Selain terkenal dengan mottonya, semboyan pun terkenal dengan sebutan Bumi Samudera Pasai.

1. Lokasi Kabupaten Aceh Utara

Aceh Utara memiliki lokasi di Provinsi Aceh yang mana letaknya tepat pada 5°00′N 96°45′E / 5.00°N 96.75°E. Menetapkan hari jadinya pada 6 Juni 1969 dengan Dasar Hukum UU nomor 1 tahun 1957 serta terdapat pula dalam Keputusan Presiden dengan nomor 6 tahun 1959.

2. Tentang Aceh Utara

Aceh utara merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Provinsi Aceh dan juga merupakan satu-satunya industri terbesar di luar pulau Jawa. Dengan industrinya yang berupa pengolahan gas alam cair dan diberi nama PT. ARUN LNG, ada pabrik lain juga yang mendampingi. Seperti halnya Pabrik Kertas Kraft Aceh, Pabrik Pupuk AAF, dan Pabrik Pupuk Iskandar Muda. Selain industrinya, terdapat pula sektor pertanian yang ada di kabupaten ini. Di mana di provinsi Aceh penghasil pertanian berupa beras masuk ke dalam sektor pertanian yang sangat penting. Tidak hanya pertanian, pertemuan adanya ladang gas dan minyak juga membuat Aceh sebagai salah satu daerah yang menarik para investor luar negri. Selain itu, sisi lain tentang Aceh adalah mayoritas atau bahkan bisa dikatakan hampir seluruh warga Aceh memeluk agam islam.

3. Geografi Aceh Utara

Geografi Aceh Utara ini termasuk ke dalam wilayah yang memiliki kondiai geografis sangat bervariasi. Ketinggian umumnya pada wilayah Aceh Utara ini adalah 125 meter, sedangkan jalanan lintas timur pada kabupaten ini menjadi wilayah hang tergolong berkembang ketimbang wilayah Aceh utara bagian selatan. Meskipun pada umumnya wilahah dataran rendah Aceh Utara ini sering dilanda banjir, daerah dataran rendah yang didominasi oleh persawahan ini juga terdapat tambak perikanan ikan asin.

Sementara untuk di bidang perkebunannya, Aceh utara memiliki perkebunan kelapa sawit, kakao dan karet.

4. Batas wilayah Aceh utara

Kabupaten Aceh Utara berbatasan dengan Selat malaka dan kota pada bagian utaranya, Lhokseumawe Timurnya, serta timur bagian selatan berbatasan dengan kabupater ya.ner dan Meriah baray di kabupaten Bireuen.

Nah itulah sedikit tentang Kabupaten Aceh Utara yang bisa menambah informasi pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *