Menegnal Merk Sepeda Federal dan Harganya

Mungkin anda sudah mengenal beberapa nama produsen lokal asli Indonesia, seperti polygon dan juga united. Sebagai orang Indonesia dan pecinta sepeda tentunya bangga dengan produk lokal yang mampu menembus pasar internasional.

Apakah anda pernah mendengar atau bahkan memiliki sepeda dengan merk federal? Sepeda federal sendiri merupakan sebuah produk lokal asli Indonesia, yang mana dahulu banyak sekali orang yang menunggangi sepeda dengan merk ini.

Brand lokal yang telah tutup

Produsen sepeda lokal ini sudah lama berhenti produksi, sejak tahun 1996 federal sudah tidak lagi mengeluarkan produk baru mereka. Tutupnya pabrik sepeda federal ini dipicu oleh krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1986.

Namun masih memproduksi beberapa sepeda baik untuk lokal maupun pasar global, khususnya eropa. Namun seiring berjalannya tahun dan biaya produksi yang semakin meningkat, akhirnya pada tahun 1996 pabrik sepeda federal resmi tutup.

Barang koleksi

Karena sudah berhenti produksi pada tahun 1996, sehingga sepeda federal masih memiliki desain khas sepeda 90’n, sehingga untuk tahun sekarang ini desain seperti itu sudah sangat jarang pabrikan yang mau membuatnya.

Untuk saat ini sepeda federal merupakan barang antik yang layak untuk dikoleksi, karena memang sudah tidak ada lagi sepeda federal yang baru.

Harga

Untuk sebuah barang antik tentunya orang – orang yang masih memiliki atau menyimpan sepeda ini sangat merawat sepedanya, bahkan tetap menjaga segala keorisinilannya dan juga detail pernak pernik pada sepeda ini.

Namun tidak sedikit juga orang yang tidak mengetahuinya, sehingga dengan asal membiarkan sepeda itu hingga berkarat maupun rusak.

Untuk harganya sendiri sepeda federal sangatlah bervariatif, tergantung dari kondisi sepeda itu sendiri, baik dari segi orisinil hingga detail yang masih menempel pada sepeda itu.

Untuk pasarannya sendiri bervariastif, mulai dari harga ratusan ribu bahkan hingga puluhan juta, dari segi orisinil dan kelangkaan sepeda itu sendiri.

Memang untuk beberapa orang melihat sepeda bekas dengan harga seperti itu tidak masuk akal, tapi tidak sedikit pula pecinta sepeda antik rela merogoh kocek dalam – dalam demi sebuah sepeda federal bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *