3 Langkah Mudah Membuat Blog dengan WordPress

Bagi Anda yang gemar menulis, memiliki blog pribadi bisa menjadi sesuatu hal yang penting dimiliki. Jangan menyepelekan hobi menulis karena bisa jadi tulisan yang Anda buat disukai oleh banyak orang. Bahkan, dengan menulis di blog juga bisa menghasilkan uang. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menuangkan tulisan secara online. Namun, sudahkah Anda memiliki blog? Jika belum, tenang saja, kita akan memberikan tutorial sederhana membuat blog dengan wordpress.

Banyak sekali platform pembuat blog yang ditawarkan secara gratis. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Salah satunya adalah platform wordpress. Sebenarnya bagaimana langkah-langkah atau cara membuat blog dengan wordpress? Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini…

Alasan Memilih WordPress

Sekarang, wordpress menjadi platform blogging terpopuler. Menurut data, platform satu ini sudah digunakan oleh 75 juta lebih pengguna, mulai dari blog pribadi sampai website bisnis dan instansi. Paket dalam blogging ditawarkan secara lengkap oleh wordpress. Anda bisa menggunakan yang gratis maupun yang berbayar. Ada berbagai macam template yang cantik dan gratis ditawarkan oleh wordpress.

Selain itu, fitur yang disediakan lengkap dengan CMS (content management system) nya yang bagus. Anda bisa mengunggah gambar, tulisan, video maupun mengatur serta melakukan optimize SEO.

WordPress sangat SEO Friendly. Silahkan Anda ketik sebuah kata kunci di google, lalu lihat situs-situs teratas. Pasti mayoritas menggunakan wordpress. Platform satu ini diciptakan untuk memudahkan sebuah mesin pencari membaca situs Anda.

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah dengan blog karena sudah banyak komunitas yang bisa membantu. Jadi, banyak orang yang akan membantu permasalahan Anda terkait wordpress.

stocksnap.io

Langkah-Langkah Membuat Blog di WordPress

Berikut ini tutorial blog atau membuat blog dengan wordpress yang bisa Anda coba ikuti jika sudah menentukan provider hosting dan sudah memiliki domain…

·        Install WordPress di Hosting Anda

Layanan hosting biasanya menyediakan installer otomatis. Akses saja lewat cPanel atau dashboard hosting utama Anda. Terdapat berbagai macam cara yang tersedia. Tetapi semuanya memiliki langkah-langkah dasar yang sama. Langkah pertama adalah masuklah ke dashboard atau cPanel.

 

Setelah itu, buka website – auto installer, lalu pilih opsi wordpress. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Jika sudah selesai mengisi formulir, untuk memulai proses instalasi klik tombol install.

 

·        Menata Pengaturan Standar WordPress

Langkah berikutnya adalah mengatur pengaturan standar wordpress. Caranya yaitu masuklah ke dashboard wordpress, lalu buka menu settings – general. Pada menu ini terdapat beberapa pengaturan standar. Misalnya seperti judul serta tagline standar situs Anda. Isilah pada bagian ini sesuai dengan topik blog Anda.

 

Jangan lupa untuk melakukan pengaturan bahasa dan juga zona waktunya. Jika sudah selesai melakukan pengaturan, klik tulisan save changes. Kemudian untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bagian kolom komentar bukalah settings – discussion. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.

 

Kemudian buka menu settings – permalinks. Bagian yang satu ini penting karena akan menentukan struktur link blog Anda nantinya. Bagian ini sangat perangaruh terhadap SEO. Pilihlah opsi post name, lali klik tulisan save changes.

stocksnap.io

·        Pilih Template WordPress yang Menarik

Langkah yang terakhir adalah pilihlah template wordpress yang menarik. Hal ini karena template blog akan menunjukkan siapa Anda. Pilihlah template yang sesuai dengan niche blog Anda. Bahkan, Anda bisa mendapatkan template ini secara gratis di internet. Untuk mengganti template caranya sangat mudah.

 

Bukalah dashboard wordpress, lalu pilih menu appearance – themes – add new. Pilihlah template atau tema sesuai dengan yang Anda ingin gunakan. Jika sudah, klik Install dan activate.  Anda kini sudah berhasil membuat blog dengan tema yang cantik. Sekarang Anda sudah bisa menulis berbagai macam hal di blog. Pilih tema yang menarik dan sesuai dengan tema blog yang Anda bangun. Tema yang menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda.

Itulah tutorial blog atau langkah-langkah membuat blog dengan wordpress yang bisa Anda coba terapkan. Sangat mudah bukan? Selain mudah, Anda juga mendapatkannya secara gratis tanpa harus membayar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *