Pengertian, Fungsi, Tingkatan dan Tugas dalam Manajemen Perusahaan Perusahaan

Mendengar kata manajemen pastinya sudah  biasa didengar oleh masyarakat luas terutama yang bekerja dalam sebuah perusahaan.   Pasalnya memang dalam sebuah perusahaan manajemen memegang peranan yang amatlah penting. Hubungannya adalah untuk mewujudkan  visi misi perusahaan yang hendak dicapai.  Tanpa keberadaan manajemen perusahaan perusahaan, jelas dan bisa dibuktikan berbagai tujuan yang hendak dicapai akan gagal untuk diraih serta malah menimbulkan berbagai kekacauan yang merugikan.  Ketika Anda sudah paham betul dengan manajemen perusahaan pastinya akan mengenal berbagai hal penting didalamnya seperti sertifikat ISO 9001 dan masih banyak lagi. Maka dari itulah silahkan mulai memahami dengan baik apa itu manajemen perusahaan ini mulai dari pengertian, fungsi dan tingkatannya terlebih dahulu.

Pengertian Manajemen Perusahaan

Pengertian dari manajemen perusahaan secara umum dapat diartikan sebagai rangkaian unsur didalam sebuah perusahaan sebagai proses   mengarahkan, memimpin serta mengadmininstrasikan sumber daya yang dipunyai demi tercapainya visi misi yang hendak dicapai. Singkatnya, manajemen perusahaan merupakan proses pembentukan, penyusunan, perencanaan, pengendalian hingga pemimpinan  dalam perusahaan  dengan memanaatkan semua sumber daya yang ada demi tercapainya tujuan yang terlebih dahulu ditetapkan.

Fungsi Manajemen Perusahaan

Untuk menilai seberapa penting keberadaan manajemen perusahaan perusahaan, Anda bisa menyimak fungsi dari keberadaanya terlebih dahulu.  Terdapat empat fungsi yang harus Anda ketahui yakni  fungi memimpin,  merencanakan,  menyusun dan pengawasan. Adapun berikut ini adalah penjelasan lengkap dari keempat fungsi manajemen perusahaan yang harus Anda ketahui:

  1. Leading (Memimpin)

Dalam manajemen perusahaan, terdapat satu orang yang memimpin agar tujuan yang ditetapkan bisa tercapai. Orang tersebut disebut sebagai manajer yang mempunyai beberapa tugas penting berkaitan dengan memimpin yakni sebagai pengambil keputusan (decision maker), memberikan motivasi kepada anggotanya (Motivating), berkomunikasi (communication), memilih dan menempatkan orang dalam perusahaan (selecting people), pengembangan SDM (Developing people).

  1. Planning (Merencanakan)

Fungsi manajemen perusahaan adalah sebagai perencana aktivitas dan kegiatan dalam perusahaan tersebut mengenai seperti apa yang mesti ditindakkan oleh  anggota atau karyawan perusahaanb.  Fungsi yang satu ini begitu vital  karena  tanpa direncakanan dengan baik tujuan dari perusahaan  akan sangatlah sulit dicapainya.  Perencanaan dalam manajemen perusahaan ini meliputi penentuan jenis kegiatan sekaligus waktunya, menetapkan target atau sasaran, scheduling, budgeting, membuat sebuah operasional standar prosedur (SOP) hingga menetapkan kebiajakn pelaksanaan kerja.

  1. Organizing (Menyusun)

Keberadaan dari manajemen perusahaan ini juga berfungsi untuk menjadi penghubung dan pengatur berbagai devisi pekerjaan dalam perusahaan sehingga  pengaplikasikan dari berbagai tugas menjadi lebih efektif serta efisien lagi. Misalnya saja dengan membuat desain struktur organisasi, membagikan tanggung jawab, melakukan job description dan masih banyak lagi.

  1. Controlling (Pengawasan)

Fungsi keempat dari manajemen perusahaan ini adalah sebagai controlling atau pengawasan. Tentunya fungsi ini begitu penting karena tidak dapat dipungkiri bahwa setiap kegiatan hingga tugas dari masing-masing karyawan peru diawasi agar terkendali terlebih bisa saja  terjadi penyimpangan yang tidak diinginkan. Disini keberadan dari manajemen perusahaan adalah memberikan pengarahan dan saran serta menentukan keputusan yang tepat ketika terdapat penyimpangan.  Dalam fungsi manajemen perusahaan bidang pengawasan terdapat beberapa kegiatan didalamnya seperti melakukan pengukuran hasil  pekerjaan, mengukur perkembangan pekerjaan hingga melakukan koreksi, evaulasi serta perbaikan bila terjadi kesalahan.

Tingkatan atau Level dalam Manajemen Perusahaan

Perlu Anda ketahui bahwa dalam manajemen perusahaan perusahaan ini terdapat level yang berbeda. Tingkatan atau level  ini terbagi menjadi tiga yakni top management, middle management dan yang terakhir adalah lower management. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait ketiga tingkatan manajemen perusahaan tersebut:

  1. Top Management

Level pertama dalam manajemen perusahaan ini adalah top management yang terdiri dengan Chief Of Executive dan Senior Executive.

  1. Middle Management

Middle management adalah manajemen perusahaan yang terdiri dari Depertement of Devision Head.

  1. Lower Management

Terakhir ada level lower management dalam manajemen perusahaan ini yang terdiri dari Superintenden, General Foreman serta Supervisior.

Tugas Menajemen Perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam manajemen perusahaan ini terdapat beberapa fungsi penting. Nah untuk mewujudkan berbagai fungsi inilah diperlukan komponen perusahaan yang sudah terbagi dengan dasar tanggung jawab maupun tugasnya masing-masing.  Peruwjudannya adalah dari devisi atau departemen bertingkat, yakni adalah sebagai berikut:

  1. Human Reaserch

Tugasnysa adalah penilai yang memberikan wawasan dan saran terhadap sumber daya.

  1. Credit Risk

Bertanggung jawab untuk memberikan pengawasan pada aset perusahaan, melindunginya  serta menyimpan informasi penting.

  1. Corporate Treasury

Mempunyai tanggung jawab untuk mengelola keuangan dalam perusahaan.

  1. Compiliance

Tugasnya adalah memberikan bimbingan kepada yang melanggar aturan, mengindentifikasi hingga mendesain aturan.

  1. Firm Risk Management

Bertugas untuk mengembangkan manajemen resiko dalam perusahaan.

  1. Firm Strategy and Execution

Divisi ini mempunyai tanggung jawab untuk memberikan bantuan ketika proses pengambilan keputusan terjadi.

  1. Fiance

Fiance bertugas untuk melaporkan  kepada pimpinan perusahaan mengenai keadaan keuangan.

  1. Internal Audit

Bertugas untuk  memberikan secara independent tinjauan dari kualitas manajemen resiko, pengendalian internet dan sistem tata kelola.

  1. Market Risk

Bertugas untuk  mengelola seluruh terkaan resiko pasar.

  1. Operational Risk

Divisi ini bekerjsama dengan unit bisnis atau kelompok kontrol agar mampu menjamin berbagai program perusahaan transparan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *