Manajemen Kandang Kambing yang Baik untuk Ternak

Kandang kambing merupakan salah satu kebutuhan utama bagi Anda yang ingin mengembangkan ternak kambing. Pasalnya kandang kambing memiliki fungsi yang sangat penting bagi kebutuhan ternak. Kandang kambing berfungso sebagai tempat tinggal kambing yang dapat melindungi binatang ternak dari berbagai bahaya mulai dari pemangsa, hujan, dan sebagainya. Yang jelas kandang kambing berfungsi sebagai tempat tinggal kambing sehari-hari.

Manajemen Kandang Kambing Ternak yang Baik

Kandang kambing sebagai salah satu kebutuhan utama dalam ternak kambing tentunya harus memenuhi berbagai kriteria sehingga kambing dapat tumbuh dengan baik di dalam kandang. Iya berbagai hal mulai dari ukuran, desain, hingga kebersihan haruslah diperhatikan. Nah berikut adalah tips manajemen kandang kambing yang baik:

  1. Lokasi kandang kambing

Lokasi kandang kambing juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Dalam hal ini Anda dapat meletakkan kandang kambing dengan jarak yang agak jauh dari rumah atau sumur sehingga kotorannya tidak mengganggu. Kemudian pastikan juga kandang kambing mendapatkan sinar matahari yang cukup, terhindar dari genangan air, dan terlindungi dari tiupan angin secara langsung khususnya pada malam hari.

  1. Ukuran kandang kambing

Ukuran kandang yang ideal juga menjadi syarat agar binatang ternak dapat tumbuh dengan baik. Ukuran kandang yang ideal adalah yang tidak terlalu besar yang tidak memungkinkan kambing untuk banyak bergerak sehingga transformasi dari pakan menuju daging akan lebih efektif. Nah hal ini akan membuat pakan tidak banyak terbuang karena aktivitas gerak kambing yang berlebihan sehingga dapat mempercepat penggemukan. Selain itu ukuran kandang yang tidak terlalu besar juga dapat menghemat ruang. Adapun ukuran kandang yang cocok bagi ternak kambing adalah 3 x 1,5 meter untuk 10 ekor kambing.

  1. Perawatan kandang kandang kambing

Kandang kambing hendaknya dibuat memiliki panggung dengan jarak antara panggung dan bagian bawah sekitar 1 meter. Hal ini untuk lebih mudah melakukan perawatan kandang dari kotoran kambing. Selain membersihkan lantai kandang, bagian tempat pakan juga menjadi bagian yang harus dibersihkan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *