Jenis-Jenis Burung Lovebird Parblue yang selalu Menarik Peminatnya

Burung lovebir parblue memiliki nama lain yellow face. Belakangan ini jenis burung yang satu ini sedang gencar menghasilkan varian-varian terbaru. Burung ini memiliki wajah berwarna kuning atau kuning keputihan sesuai namanya yellow face.

Sebenarnya nama parblue sendiri merupakan kepanjangan dari partial blue (sebagian biru). Acuannya pada warna biru yang ada beberpa bagian tubuhnya kecuali wajahnya, meskipun hanya sebagian saja/tidak dominan. Selain itu buurng lovebird parblue memiliki keunikan yaitu paruhnya berwarna orannye.

Burung ini sesungguhnya berasal dari Amerika Serikat. Kemudian para breeder di Indonesia mengimpor burung lovebird parblue dari amerika. Hal itu dikarenakan lovebird parblue tidak dapat dicetak tanpa indukan parblue pula. Tokoh breeder yang berhasil mengembangkan burung parblue di Indonesia adalah bapak Joely Exotict LB.

pxhere.com

Jenis-Jenis Burung Lovebird Parblue

Sebelum kepada jenis-jenis burung lovebird parblue, secara umum lovebird parblue dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu; Parblue Fischeri (muka kuning). Parblue ini merupakan parblue yang pertama kali ditemukan. Parblue Personata atau biasa disebut kepala hita. Dan yang terakhir Parblue Sable Head atau kepala kuning, full ngalung. Nah selanjutnya di bawah ini merupakan jenis-jenis burung lovebird parblue menurut ternak lovebird.

  1. Burung Lovebird Parblue Sable head

Lovebird parblue sable head merupakan burung yang dikenal memiliki corak kepala yang polis bersih tanpa noda. Selain itu burung ini juga tidak mempunyai corak pada tubuhnya. Burung jenis ini meiliki varian banyak warna.

  1. Burung Lovebird Parblue Blorok

Burung lovebird parblue dominant pied (dompie) atau di Indonesia lebih dikenal lovebird parblue blorok. Burung ini memiliki  varian lain, antara lain:

  • Lovebird Parblue blorok dark violet

Lovebird Parblue blorok dark violet merupakan dominant pied parblue dark violet atau disebut lovebird parblue blorok dark violet.

  • Lovebird parblue blorok biru

Lovebird parblue blorok biru merupakan dominant pied blue.

pxhere.com
  1. Burung Lovebird standar Hijau

Lovebird parblue standar hijau/standar parblue green adalah produk pertama parblue yang ditemukan pada tahun 2001 di Florida, Amerika Serikat.

Burung ini memiliki warna kehijauan pada bulu ditubuhnya dan kepala serta paruhnya berwarna oranye. Tampilannya sangat cantik dan menggemaskan.

  1. Burung Lovebird Parblue Standar Pastel

Burung lovebird parblue standar pasten ini termasuk kedalam kelas parblue standar mauve maupun parblue standar hijau.

  1. Burung Lovebird Parblue Cemong (Hybrid Parblue)

Burung lovebird parblue cemong ini merupakan perkawinan antara jenis Parblue Fischeri dan parblue Personata dll. Maka dari itu burung ini dinamakan hybrid parblue (spesiesnya tidak jelas).

  1. Burung Lovebird Parblue Creaminem (Fischeri Turquise Blue DEC)

Burung Lovebird Parblue Creaminem ini merupakan burung hasil mutasi creamino. Burung ini memiliki ciri-ciri; mata berwarna hitam, jidat dan paruh berwarna oranye, memiliki leher yang berwarna kuning. Dan kaki berwarna pucat, sedangkan bulu yang ada pada tubuhnya berwarna kuning pucat.

  1. Burung Lovebird Parblue Pastel Biru (Fischeri Turquoise Blue Pastel)

Burung Lovebird Parblue Pastel Biru dikenal dengan Parblue pastel biru. Burung Lovebird Parblue Pastel Biru ini memiliki ciri khas berwarna soft seperti pastel (crayon gambar anak-anak). Selain itu jug memiliki pola blorok yang tidak beraturan pada bagian belakan bulu di tubuhnya. Akan tetapi noda tersebut tidak tegas seperti yang ada pada burung lovebird blorok.

  1. Burung Lovebird Parblue Pastel Vio (Fischeri Turquoise Blue Violet Pastel)

Burung Lovebird Parblue Pastel Vio memiliki kesamaan dengan burung lovebird parblue pastel biru. Namun buurng ini memiliki faktor violet. Faktor violet tersebut terdapat pada dada dan tubuh bagian belakang dan terlihat lebih ungu.

  1. Burung Lovebird Parblue Biru Kobal (Fischeri Turquoise Blue)

Burung Lovebird Parblue Biru Kobal ini adalah warna standar lovebird parblue. Dalam istilah mutasinya burung ini disebut Fischeri Turquoise Blue (Parblue Biru Kobal)

  1. Burung Lovebird Parblue Biru Mangsi (Fischeri D Turquoise Blue)

Burung Lovebird Parblue Biru Mangsi ini memiliki satu tingkatan warna yang lebih gelap dibandingkan burung lovebird parblue biru kobal. Untuk ciri fisiknya masih sama dengan burung lovebird parblue yang lainnya.

pxhere.com
  1. Burung Lovebird Parblue Batman (Fischeri DD Turquoise Blue)

Burung Lovebird Parblue Batman atau biasa disebut Parblue Mauve. Jika ingin menghasilkan burung Lovebird Parblue Batman caranya dengan mengawinkan sesama D Turquoise Blue, maka anakan akan berpeluang sebesar 25% jantan maupun betina.

  1. Burung Lovebird Parblue Euwing (Fischeri Turquoise Blue Euwing)

Burung Lovebird Parblue Euwing ini memiliki 3 mutasi. Euwing adalah singkatan dari Eumelanin Wing yaitu kandungan melanin di sayap lebih tinggi daripada dada dan punngung yang mengakibatkan peluruhan melanin (dilute). Hal itu mengakibatkan burung ini memiliki punggung yang berbentuk hurug V dan pada bagian dadanya melaninnya luruh 80% sehingga warnanya lebih terang.

Demikian jenis-jenis burung lovebird parblue yang menarik sehingga orang-orang berlomba-lomba ingi memiliki burung lovebird parblue. Tapi ingat memelihara burung jangan hanya untuk kepuasan batin saja, tapi kita harus merawatnya dengan komitmen dan kesungguhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *