Kandungan dan Manfaat Kurma Mesir Serta Harganya

Dahulu, kurma merupakan salah stu makanan pokok bangsa timur tengah yang berasal dari bahasa Arab Tamr. Merupakan nama latin dari Phoenix dectylifera.

Kurma ini diduga dari teluk, yakni teluk salah satu daerah yang ada di Persia, kemudian menyebar ke daratan daerah Asia, lalu menyebar pula ke daratan Afrika, Spanyol, Italia dan hingga kini sampailah ke Mesir.

Dulu, orang Mesir menjadikan kurma sebagai bahan pembuatan minuman anggur. Dan hingga kini terkenal dan tersebar, sampailah kurma Mesir ke negara kita Indonesia yang disebut dengan nama kurma Mesir. Terdapat merk kurma Mesir yang cukup terkenal, yakni Golden valley atau merupakan merk lain dari El waha.

Tahukah kamu, jika buah kurma memiliki beberapa kandungan yang ada di dalamnya? Di antara kandungan tersebut yaitu :

1. Kandungan Nutrisi buah kurma Mesir

pixabay.com

Kurma Mesir, yaitu buah kurma yang berasal dari Mesir memiliki karbohidrat sbesar 75 gram dalam 100 gram buah kurma mesir. Atau energinya merupakan sebesar 1,180 kJ dengan kandungan gula 63 gram. Namun, kandunga-kandungan pada buah kurma ini pada dasarnya tergantung jenis kurmanya dulu. Selain kandungan gula, kurma meair juga mmiliki kandungan serat hingga mencapai 8 gram. Ada protein, air, lemak vitaminnya serta kandungan magnesium juga di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, kurma mesir sebenarnya merupakan salah satu buah yang yang cukup diminati. Terlebih dengan pandangan mayoritas yang beragama islam. Tak jarang pula umat islam ingin menjalankan salah satu sunah Rasulullah SAW yang cukup mudah dijalankan, yakni salah satunya dengan mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa.

2. Harga Kurma Mesir

Karena kurma mesir telah menjadi salah satu buah yang kaya peminatnya, untuk harga sendiri dibandrol cukup murah dibanding dengan kurma ruthab. Yakni hanya sekitar 35 ribu saja perkilo gramnnya.

Distri utor kurma meair di Indonesia ini dikenal dengan pembelian siatem dos, dimana dalam setiap itu terdapat 10 kg buah kurma mesir. Sehingga harganya menjadi 350 ribu per dosnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan pula para suplier buah kurma akan memverikan buah yang banyak dengan harga yang jauh lebih murah dari pada itu. Terlebih jika kamu membelinya di tempat grosir kurma.

Dan, terdapat catatan tambahan buat kamu yang ingin membeli buah kurma asal Mesir ini. Kamu bisa membelinya dengan jumlah banyak sebab harganya yang terjangkau pula.

Namun, kamu perlu berhati-hati sebab dengan harganya yang murah inilah tak jarang bagi para penjual yang nakal dan menipu serta mengatas namakan nama kurma lain seperti kurma ruthab yang mahal harga, misalnya. Maka memiliki pengetahuan tentang kurma Mesir pun juga pentibg buat kamu.

3. Ciri-ciri buah kurma Mesir

pixabay.com

Dalam setiap buah, tentu memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk buah kurma ini. Meski satu nama, ternyata kurma memiliki sejarah panjabg untuk berbagai jenis nama yang berdasarkan daerah asalnya, rasa juga harganya. Nah! Dalam kategori karakteristik, kurma mesir merupakan jenis kurma yang berbuah lembut pada bagian dalamnya.

Memiliki rasa yang cukup manis, meski pada bagian luar kurma Mesir ini cenderung lebih kasar jika dibandingkan dengan kurma Arab. Selain itu, jika dilihat dari bentuk fisiknya, kurma Mesir juga memiliki tampilan yang lebih segar sehingga sangat menggiurkan.

Selain dijual dengan buahnya saja, jenis kurma mesir ini juga bisa diolah menjadi beberapa makanan semacam kue atau pun sirup. Selain kedua makanan tersebut, kurma juga bisa menjadi bahan tambahan makanan lho!

Misal, kamu menggantikan posisi gula dengan buah kurma ini. Toh tentu akan lebih menyehatkan, bukan? Iya, selain kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh juga kurma memiliki segudang kandungan vitamin.

Itulah salah satu alasan disunahkannya mengkonsumai buah kurma karena Allah telah menyimpan berbagai macam kandungan menuehatkan di dalamnya yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

4. Manfaat Kurma Mesir

Dalam buahnya, sama seperti buah kurma pada umumnya. Kurma Mesir juga memiliki beberapa manfaat yang tersimpan. Di mana buah murma ini mampu memberikan nikmat sehat pada tubuh yang mengkonsumsinya.

Selain itu, mengingat kandungan fruktosa di dalamnya sehingga buah kurma Mesir juga patut jika ia memiliki kemampuan untuk mengolah energi sehingga kembali terisi.

Sama seperti kurma lain, kurma Mesir pun memiliki kemampuan nuntuk meminimalisir timbulnya kanker. Manfaat yang lain adalah sangat bagus untuk pencernaan jika kita mengingat kandungan serat pangannya mencapai 8 gram.

Meskipun demikian, kurma Mesir adalah salah satu buah yang rendah lemak sehingga sangat baik meskipun dikonsumai secara rutin seperti 2 butir perhari. Manfaat lainnya adala mampu meningkatkan berat badan serta menjaga kesehatan pada mata.

Jadi, bagaimana? Sudah tahu tentang kurma Meair bukan? Ya, mulai dari pengertiannya, asal muasalnya, harga hingga ciri-cirinya ini semoga mampu menjadikan kamu bertmbah pengetahuannya ya! Toh dengan begitu kamu juga jadi tidak bingung dalam memilih buah kurma karena sudah dapat membedakannya. Semoga bermanfaat. Sudah siap berburu buah kurma untuk dijadikan buah tangan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *