Contoh Kerajinan Kuningan Indonesia dan Teknik Pembuatannya

Di antara banyak jenis kerajinan yang ada, kerajinan kuningan Indonesia termasuk salah satu yang mendapatkan apresiasi yang baik dari negara-negara luar. Bahkan, produk kerajinan kuningan menjadi salah satu penyumbang devisa bagi negara.

Dengan kualitas bahan dan kreasi seni yang indah, kerajinan logam Indonesia pun mampu menembus pasar ekspor, seperti yang dibuktikan oleh produk-produk kerajinan tembaga kuningan dari Tumang, Boyolali. Untuk menghasilkan karya yang berkualitas, tentunya ada serangkaian proses yang harus dilakukan. Berikut penjelasannya.

Contoh Kerajinan dari Kuningan

pixabay.com

Kerajinan dari bahan kuningan merupakan salah satu jenis kriya logam, yaitu seni membuat barang-barang dari logam sehingga memiliki nilai guna dan keindahan. Salah satu jenis logam yang banyak digunakan untuk membuat kerajinan adalah kuningan.

Melalui berbagai teknik pembuatan, para pengrajin mampu mengubah kuningan menjadi berbagai macam produk yang memiliki fungsi pakai maupun fungsi hias. Berikut ini beberapa contoh kerajinan kuningan yang banyak dibuat.

Peralatan Makan

Dengan warnanya yang keemasan, peralatan makan seperti sendok, garpu, piring, mangkuk, dan cangkir dari kuningan jadi terlihat mewah sekaligus antik. Selain itu, penggunaan peralatan makan dari kuningan juga diyakini baik untuk kesehatan.

Perabot Dapur

Dapur kini bukan sekadar tempat memasak, tetapi menjadi bagian penting dari rumah. Agar semakin menarik, peralatan memasak seperti panci, penggorengan, atau teko air pun harus unik, misalnya dengan memilih perabotan dari kuningan. Selain itu, peralatan dari kuningan juga mampu menjaga gizi makanan dan mudah dibersihkan.

Dekorasi Ruangan

Banyak sekali barang-barang dari kuningan yang dibuat dengan tujuan untuk memperindah ruangan, baik yang ditempatkan di lantai, disimpan di atas meja, maupun digantung di dinding. Contohnya adalah guci, wadah-wadah mungil, tempat lilin, vas bunga, kaligrafi, dan bingkai foto, lukisan, atau cermin.

Lampu Gantung

Sarana penerangan di sebuah ruangan juga bisa dibuat jauh lebih menarik dengan memilih lampu gantung dari kuningan. Selain memberikan pencahayaan yang baik, lampu gantung dari kuningan akan memberikan sentuhan klasik pada ruangan.

Teknik Pembuatan Kerajinan dari Kuningan

pixabay.com

Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis kerajinan dari logam kuningan, yaitu kerajinan dua dimensi dan tiga dimensi. Kedua bentuk kerajinan ini dibuat dengan teknik yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Teknik Pembuatan Kerajinan Dua Dimensi

Kerajinan kuningan dua dimensi biasanya berupa ukiran yang dibuat di atas permukaan logam berbentuk lembaran. Ada dua cara untuk membuatnya, yaitu teknik ukir tekan dan teknik etsa.

  • Teknik Ukir Tekan

Teknik ini dilakukan untuk membuat relief pada pelat kuningan dengan ketebalan maksimal 0,2 mm. Caranya adalah dengan menggambar desain di atas kertas, kemudian ditempelkan ke permukaan pelat. Pola tersebut kemudian ditekan-tekan dengan bantuan alat dari tanduk sapi/kerbau, kayu, atau bambu yang sudah dibentuk sesuai desain sehingga tercetak gambar timbul (relief) di permukaan pelat.

  • Teknik Etsa

Dalam bahasa Jerman, etsa berarti “berkarat”. Teknik ini dilakukan dengan cara merendam logam ke dalam larutan asam tertentu sampai terkikis. Caranya, setelah pola dibuat pada permukaan logam, bagian logam yang tidak ingin terkikis dilapisi dengan bahan antiasam, sedangkan bagian yang akan dikikis dibiarkan terbuka.

Teknik Pembuatan Kerajinan Tiga Dimensi

Cara pembuatan kerajinan kuningan tiga dimensi berbeda dengan dua dimensi. Kerajinan tiga dimensi dapat dibuat hanya menggunakan tangan, dengan bantuan cetakan, atau dengan menggunakan mesin.

  • Buatan Tangan

Sesuai namanya, teknik pembuatan kerajinan logam yang pertama ini seluruhnya dilakukan menggunakan tangan, tanpa bantuan cetakan atau mesin. Selain kuningan, teknik pembuatan kerajinan dengan tangan banyak digunakan dalam membuat kerajinan perak.

  • Menggunakan Cetakan

Untuk dapat dicetak, logam kuningan terlebih dahulu harus dicairkan, kemudian dituang ke dalam cetakan yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, bekas cetakan dirapikan menggunakan kikir atau amplas. Cara ini akan menghasilkan barang kerajinan dengan bentuk dan ukuran yang sama dalam waktu singkat sehingga digunakan untuk membuat produk dalam jumlah banyak.

  • Menggunakan Mesin

Dengan bantuan mesin, proses pembuatan kerajinan kuningan jadi lebih mudah dan cepat. Teknik ini tetap membutuhkan sentuhan tangan pada proses finishing untuk menyempurnakan hasil akhir produk. Sama seperti teknik cetak, alat bantu mesin juga dibutuhkan untuk membuat kerajinan kuningan dalam jumlah besar. Namun, dibutuhkan modal yang cukup besar pula untuk membeli mesin yang dibutuhkan.

Teknik dan keahlian dalam membuat kerajinan sangat memengaruhi hasil akhir produk yang dihasilkan. Dengan pengalaman yang sudah cukup lama, para pengrajin kuningan Indonesia sudah membuktikan kemahirannya dalam menghasilkan kriya logam yang bermutu dan bernilai seni tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *