Tata Cara Penulisan Kata Pengantar Skripsi Yang Tepat

Skripsi merupakan salah satu diantara beberapa jenis karya ilmiah yang menggunakan kata pengantar sebagai struktur dasar penulisannya. Kata pengantar skripsi tentu saja berbeda dengan kata pengantar yang ada pada jenis karya tulis ilmiah lainnya, karena menggunkan kaidah kebahasaan indonesia yang baku sehingga tampak menjadi formal.

 

Untuk kalian yang sedang pada masa semester akhir kuliah pastinya sedang mengebut pekerjaan skripsi kalian bukan untuk segara menjadi sarjana. Nah untuk itu kalian harus lebih cermat lagi dalam membuat skripsi keluluan karena salah kata saja dosen tidak mau menerima hasil skripsi kalian dan kalian harus mengulanginya dari awal.

 

Salah satu poin dasar dari pembuatan skripsi yang banyak orang kesulitan membuatnya yaitu salah satunya membuat kata pengantar. Untuk membuat kata pengantar skripsi tentu saja tidak boleh semabarangan ya karena ada aturan-aturan dan tata cara pembuatan kata pengantar skripsi yang baik dan juga benar. Jadi buat kalian yang belum paham banget mengenai pembuatan kata pengantar skripsi yang baik an benar kalian bisa melihat banyak referensinya di internet.

 

Nah, maka dari itu disini saya akan mengupas sedikit tentang aturan pembuatan kata pengantar skripsi yang baik dan juga benar beserta contohnya. Contoh yang saya berikan dibawah ini bisa dijadikan referensi kalian untuk membuat kata pengantar yang baik dan juga benar dan bisa diterima oleh dosen kalian. Berikut ini caranya.

stocksnap.io

Tata Cara Penulisan Kata Pengantar Skripsi Yang Tepat

1. Menggunakan gaya bahasa orang ke 3

Berbeda pada saat kita membuat karya tulis yang lainnya, jika kita membuat kata pengantar karya tulis ilmiah sebaiknya jangan menggunakan kata ganti orang ke 3 seperti aku, saya, ataupun kami untuk menjelaskan tentang si penulis. Tetapi gunakanlah kata ganti penulis sebagai kata ganti orang ke 3 nya.

 

Contoh : Dalam kesempatan kali ini, penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak.

2. Awali kata pengantar dengan ucapan syukur da terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa

Untuk mengawali pembuatan kata pengantar skripsi yang baik dan benar, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memanjatkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa.

3. Menggambarkan Isi dan Tujuan Skripsi Yang Kalian Buat

Setelah mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, selanjutnya kalian perlu sedikit menggambarkan judul skripsi dan tujuan skripsi yang kalian buat tersebut. Hal ini bertujuan agar pembaca yang membaca skripsi kalian mengetahui gambaran awal terlebih dahulu dari skripsi yang kalian buat.

4. Kalimat akhir kata pengantar

Biasanya kalimat akhir pada kata pengantar berisikan permohonan maaf dari si penulis kepada pembaca, apabila skripsinya masih terjadi banyak kesalahan baik itu yang di sengaja maupun tidak. Dan meminta kritik serta saran yang dapat membangun agar si penulis lebih termotivasi lagi.

stocksnap.io

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Untuk kalian yang sedang mencari referensi contoh kata pengantar skripsi yang singkat dan juga mudah sederhana, maka kalian bisa meniru kata pengantar skripsi dibawah ini yang saya rekomendasikan untuk kalian. Walaupun sederhana tetapi kata pengantar di bawah ini sudah menggunakan kaidah kebahasaan yang menurut saya sudah lumayan baik dan juga baku.

 

Segala puji dan syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-nya lah yang dapat membantu penulis untuk menyelesaikan tugas laporan akhir yang berjudul “ PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN BADAN SETIAP HARINYA” yang menjadi syarat untuk mendapat kelar sarjana pendidikan di Program Studi Kebugaran Jasmani, FIK, Univeritas Negeri Yogyakarta.

Selama perancangan dan penulisan laporan untuk tugas akhir ini, penulis sampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada :

 

  1. Dr Abdilah Abdul Rouf dan Dr Hamsi Rasid, yang menjadi dosen pembimbing serta Bapak Dr. Ir. Toto M Eng yang menjadi koordinator tugas akhir pra rancangan penulis buat atas masukan, bimbingan, bantuan, dan motivasinya
  2. Ibu Prof. Dr Hena Astuti sebagai ketua program studi mata kuliah Kebugaran Jasmani dan FIK, di UNY
  3. Bapak Dr Faisal Marlias yang menjadi wakil koordinator pengajar dan penyelaras untuk tugas akhir pra-rancangan
  4. Kedua orang tua dari saya sebagai penulis yang selalu memberikan doa serta dukungan dan motivasi yang penuh selama masa kuliah di program studi Kebukaran Jasmani
  5. Teman-teman seangkatan atas motivasi dan bantuannya karena telah menginspirasi dan membantu penulis agar dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan baik dan tepat waktu

 

Akhir kata dari penulis mengharapkan dengan penulisan tugas akhir pra-rancangan ini dapat memberikan sedikit banyak manfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan teknik saat ini dan bagi para pembacanya.

 

Yogyakarta,3 Agustus 2019

 

 

Penulis

stocksnap.io

 

Nah, itu dia tadi contoh sederhana dari penulisan kata pengantar skripsi yang bisa kalian jadikan referensi ya. Sebenarnya masih terdapat banyak lagi contoh penulisan kata pengantar skripsi yang bisa kalian jadikan referensi untuk mengerjakan tugas skripsi kalian. Kalian bisa mencari referensi kata pengantar skripsi yang sudah banyak beredar di internet saat ini. Yang perlu kalian cermati jika kalian membuat kata pengantar skripsi adalah kalimat yang digunakan haruslah baku dan juga tidak terdapat salah kata ataupun pengetikan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *