Kabupaten Malaka

Kabupaten Malaka berpatasan langsung dengan Negara Timor Leste. Malaka merupakan Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur pemekaran dari kabupaten Belu pada tanggal 14 Desember 2012 lalu. Ibukota Malaka terletak di Betun. Kabupaten Malaka memiliki luas wilayah sebesar 1.160,63 Km2 dan jumlah penduduknya sebanyak 190.561 jiwa. Malaka memiliki 127 Desa yang tersebar di 12 kecamatan.

Tentang Kabupaten Malaka

Kondisi Alam

Sebagaian besar wilayah Kabupaten Malaka berupa perbukitan dan beberapa bagian lainya terdiri dari dataran rendah, lembah dan pesisir.  Kabupaten Malaka dilalui sungai Benanain, merupakan sungai besar di kawasan ini, yang berada di Pulau Timor Barat. Kabupaten ini juga memiliki hutan bakau yang dijadikan cagar Cagar Alam, luasnya 1.830 hektar.

Wisata

Ada beberapa wisata yang dikembangkan di Kabupaten malaka. Diantaranya wisata alam, wisata budaya dan Cagar Alam. Wisata alamnya terbagi menjadi sebanyak delapan destinasi unggulan, antara lain : Pantai Komu, Motadikin, Wemasa, Loodik, Tabarek, Ramehek, Kletek, Pantai Motadikin dan Pantai Abunenok. Wisata lainya yakni Danau Nanebot, Gua Maria, Danau Mantasi, Gua  Kelelawar, Mata Air Weliman, Maromak Oan Laran, Bendung Sungai Benanain, Mata Air Wematan dan Penangkaran rusa.

Wisata Budaya : Wisata budaya yang unik di Malaka, salah satunya  upacara adat yang sebagian besar berasal dari Suku Tetun. Kabupaten  Malaka juga terdapat kampung-kampung adat yang unik dan khas seperti perkampungana Wekumu, rumah adat Loro Dirma di Kecamtan Malaka Timur  serta perkampungan adat Taunimu Taisuni dan perkampungan adat Kamanasa yang berada di Kecamatan Malaka Tengah.

Cagar Alam Maubesi: Cagar alam Maulebesi adalah cagar alam hutan bakau, letaknya di Kecamatan Kobalima sampai ke Kecamatan Malaka Tengah. Cagar alam ini memiliki berbagai fauna dan flora khas lahan basah dan pesisir. Luas cagar alam ini sendiri sekitar 1.830 hektar.

Disini, terdapat satwa seperti ayam hutan, elang laut, macam-mcam jenis penyu, buaya muara dan monyet Kra. Juga terdapat tumbuhan tumbuhan khas seperti api-api, kesambi, paku laut teruntun dan masih banyak lagi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *