Cara Mudah Compress JPG Ke PDF di Laptop dan Android

Bagaimana sih cara compress PDF? Kuotabro.com akan memberikan tips mudahnya. Masih banyak orang yang kebingungan apabila mengalami suatu keadaan dimana diminta untuk mengirim file gambar pada format PDF. Jika kamu mengalami kendala seperti ini maka solusinya adalah kamu harus merubah format JPG ke PDF dulu.

Mengapa banyak instansi, perusahaan, bahkan universitas meminta hal demikian? Tujuannya agar semua file yang diungguh nantinya dalam format yang sama, sehingga lebih mudah. JPG to PDF melindungi tata letak gambar yang akan menjadi sebuah dokumen. Kini telah banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file gambar ke PDF melalui laptop dan android. Yuk simak informasinya dibawah ini.

Cara Mengubah File JPG to PDF di Laptop

pixabay.com

Untuk mengubah JPG to PDF melalui laptop ada beberapa cara. Mulai dari software bawaan laptop atau menggungguh software PDF reader. Penasaran bagaimana cara? Kuotabro.com punya cara mengcompress PDF dengan mudah.

  1. Melalui Microsoft Word

Micsoft word merupakan bagian dari sistem operasi windows yang biasanya ada dalam laptop. Ini menjadi software bawaan laptop yang bisa kamu gunakan untuk compress JPG to PDF. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengubah gambar secara offline. Pertama kamu bisa masuk ke aplikasi MS Word dengan membuat dokumen baru. Selanjutnya pilihlah menu “Insert” kemudian klik “picture”.

Langkah kedua, kamu bisa langsung gambar dengan format JPG yang akan kamu ubah menjadi PDF. Atur gambar sesuai keinginan lalu simpan dengan memilih menu “save as”. Ketika akan menyimpan, kamu harus memperhatikan pilihan format yang ada pada bagian tipe file. Pilih format PDF kemudian klik “save” maka secara otomatis format gambar tadi sudah menjadi PDF.

  1. Melalui Foxit Reader

Selain lewat aplikasi bawaan laptop kamu juga bisa mengintal aplikasi Foxit Reader untuk mengubah file JPG ke PDF. Jika kamu belum memilikinya maka kamu bisa menginstalnya lebih dulu. Jika sudah maka langsung saja buka aplikasi tersebut dengan membuat dokumen baru.

Kedua pilih gambar yang akan kamu ubah menjadi PDF lalu klik “open”. Rapikan gambar sesuai dengan keinginan. Jika sudah maka simpan dengan format PDF lalu klik “save”. Secara otomatis file sudah tersimpan di laptop mu. Mudah bukan?

  1. Melalui Situs Online

Cara kompres PDF selannjutnya bisa dengan cara online. Banyak situs online yang menawarkan untuk mengubah JPG to PDF. Salah satunya adalah Smallpdf. Kamu bisa membukanya melalui https://samllpdf.com/id dan buka menu JPG ke PDF yang tersedia. Selanjutnya kamu bisa memilih foto yang akan diubah dengan klik “pilih file”. Selain itu kamu juga bisa menggungguhnya melalui google drive atau dropbox.

Jika sudah menentukan gambar maka klik “open” dan tunggu file tersebut terungguh. Aplikasi smallpdf akan langsung memformat file tadi. Pilihlah ukuran kertas yang kamu inginkan pada bagian orientasi dengan memilih bentuk landscape atau portait. Ukuran margin juga bisa kamu sesuaikan, jika sudah klik “buat PDF anda sekarang”. Kamu tinggal menunggu proses perubahannya sampai selesai. Setelah itu download file pada “unduh file”.

Cara Mengubah File JPG to PDF di Android

pixabay.com

Mengubah file JPG to PDF kini tidak harus melalui laptop. Ternyata kamu bisa mengubahnya melalui android tanpa perlu root kamu bisa menggunakan situs online atau aplikasi yang bisa di download. Bagaimana caranya? Yuk simak kuotabro.com akan berbagi tipsnya.

  1. Melalui Situs Online

Cara mengompress PDF melalui situs online juga bisa digunakan lewat android. Seperti pada laptop kamu bisa mengunjungi situs https://smallpdf.com/id kemudian pilih menu yang diinginkan seperti JPG to PDF. Langkah kedua cari file gambar yang ingin kamu ubah formatnya. Keuntunggan adalah ukuran file gambar tidak akan menjadi masalah. Jika sudah ketemu maka klik “done” agar gambar terungguh.

Secara otomatis compress file telah dimulai. Kamu bisa mengatur ukuran kertas, margin, dan bentuk kertas pada bagian orientasi dengan pilihan potrait atau landscape. Jika sudah maka klik “create PDF now”. Tunggu proses perubahan format gambar hingga selesai. Selanjutnya kamu bisa mendownload file tersebut dengan memilih “download file”. Kamu bisa langsung melihat hasilnya pada folder penyimpanan.

  1. Melalui JPG to PDF Converter

Cara ini bisa dilakukan secara offline dengan menginstal aplikasi JPG to PDF converter lebih dulu di play store. Setelah itu buka aplikasi dan klik menu “file” untuk memilih file JPG. Kemudian unduh file yang akan diubah lalu klik “done”. Ubah ukuran dan bentuk gambar lalu klik “convert to PDF” maka otomatis format file tadi berubah dan tersimpan dimemori smartphone.

Itulah beberapa tips mengubah JPG to PDF yang bisa nada lakukkan apabila dibutuhkan. Kini kamu tidak perlu bingung bagaiman cara mengubah format file menjadi PDF, kamu bisa mencoba compress PDF di atas dengan mudah. Pekerjaan akan lebih mudah dengan adanya compress PDF tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *