Jamur Mengganggu Dinding Rumah Anda

Pasti kalian pernah resah dengan keberadaan jamur di berbagai tempat rumah anda. Jamur sangat mengganggu pemandangan rumah dan juga dikhawatirkan akan membawa bibit penyakit. Habitat jamur sering ditemukan di dinding dinding rumah khususnya yang memiliki kelembapan tinggi.

Organisme yang bertahan hidup dengan spora ini sering kali muncul tiba tiba di berbagai tempat. Yang menjadi perhatian khusus adalah jamur ini tumbuh di dinding rumah anda dan menempel ketika kita bersentuhan langsung dengan organisme ini.

Hal ini diperparah dengan lingkungan habitat jamur yang menyukai tempat tempat seperti dinding karena terdapat area rembesan air. Dan kalian juga harus bisa membedakan mold vs mildew, karena kedua jenis jamur ini sering tumbuh dan berkembang di dalam rumah.

Karakteristik Jamur di Dalam Rumah

Karakterisitik jamur berbeda beda tergantung jenisnya. Sering ditemukan jamur dengan bentuk berupa noda hitam,  bercak putih dengan bulu hingga lendir yang sangat menjijikan. Rumah anda harus tetap terjaga keindahannya dari keberadaan jamur ini. Habitat jamur tidak mengenal tempat. Dimana disana ada kelembapan disatukan iya bisa menanamkan seorang dan menumbuhkan jamur jamur yang lain.

Padahal di alam, jamur memiliki peranan yang sangat penting bagi ekosistem. Jadilah menjadi dekomposer yang akan menguraikan berbagai organisme yang sudah busuk dan basah. Cara perkembangan biasanya cukup sederhana. Jamur hanya perlu menerangkan seorang di udara dan selanjutnya akan menempel sesuai arah angin.

Di rumah rumah jamur biasanya disebabkan oleh hasil kondensasi pada penguatan permukaan serta kelembapan yang berlebihan. Hal ini dapat diperparah jika rumah tersebut tidak memiliki ventilasi yang baik, memiliki suhu ruangan yang rendah, sehingga  membuat sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Jamur juga bisa disebabkan karena bocornya air dari atap rumah maupun rembesan dinding dinding rumah bahkan beberapa peralatan kayu yang basah  juga dapat menjadi habitat favorit jamur.

Beberapa tempat yang umum untuk ditambah jamur selain di dinding rumah adalah seperti kardus, kain karier, kamar mandi, laundry, dan kusen.

pixabay.com

Bahaya Jamur di Dinding Rumah

Anda perlu mewaspadai jika anda mencium bau yang tidak enak dari jamur tersebut, bisa jadi jamur tersebut membawa masalah kesehatan dan mengancam keluarga anda.

Sebenarnya dalam jumlah yang kecil, jamur tidak terlalu memiliki bahaya bagi kesehatan anda.  Akan tetapi jika jamur telah beradaptasi di Lingkungan yang mendukung maka akan membentuk koloni yang lebih besar dan menghasilkan spora yang berbahaya jika terhirup. Bahkan jika tertekan dan masuk ke dalam sistem organ, jamur ini snagat berdampak pada masalah kesehatan yang serius. Beberapa jenis jamur ini dapat menghasilkan mikotoksin atau racun yang akan mudah terserap oleh usus saluran udara maupun kulit. Efek dari racun spora ini bisa mengakibatkan iritasi, alergi, kurap, kudis dan berkurangnya sistem imun tubuh hingga pendarahan paru paru.

Cara Mengatasi Jamur di Dinding Rumah

Jika masalah kesehatan sudah timbul maka kita akan lebih aware terdapat keberadaan jamur di tempat anda. Kesehatan dan keselamatan adalah yang utama. Jangan sampai keberadaan jamur di dinding rumah dan berbagai tenpat lainnya menjadi musuh besar anda. Anda masih bisa melakukan tindakan pencegahan sehingga dinding rumah dan peralatan lain tidak dihinggapi jamur.

pixabay.com

Mengurangi Kelembaban Ruangan

Cara terbaik yang harus anda lakukan adalah mengurangi intensitas kelembapan ruangan dengan cara mengurangi daerah penyerapan air. Hal ini dikarenakan air dan kelembapan adalah habitat utama tempat hinggapnya jamur. Dengan menghilangkan faktor ini maka jamur akan sulit tumbuh.

Anda juga bisa menggunakan bahan bahan rumah tangga unyuk menyingkirkan jamur seperti dengan sabun, air,  serta larutan pemutih.

Menggunakan AC dan Humidifier

Cara selanjutnya anda bisa menggunakan humidifier serta Ac. Dengan adanya humidifier dan AC ini ukuran udara bisa diatur dan disesuaikan dengan keadaan tertentu sehingga jamur bisa ditolelir. Alat pemanasan ruangan ini jika bisa menurunkan kadar embun dari udara dan mengurangi intensitas kelembapan. Dengan bantuan AC pendingin maka udara akan tersaring sehingga akan membuat spora dari jamur sulit untuk tumbuh. Selain itu beberapa aC juga telah dilebgkapi dengan anti bakteri dan jamur sehingga udara yang dihasilkan akan membunuh organisme tersebut.

Perbaiki Kebocoran

Apabila terjadi kebocoran dalam rumah anda karena hujan atau yang lainnya. Anda wajib mengeringkan area tersebut dengan cepat sebelum ditinggalkan. Sebaiknya anda mengeringkan dalam jangka waktu 24-48 jam. Kebocoran merupakan salah satu penyebab berkembangnya jamur jal ini membuat anda harus memeriksa kebocoran id beberapa tempat yang tidak sering Anda lihat seperti kulkas, sekitar wastafel dan juga kamar mandi. Setelah anda menemukan kebocoran tadi segera lah memperbaikinya sehingga tidak membuat peralatan dan dinding menjadi lapuk.

pixabay.com
pixabay.com

Tambahkan Ventilasi Udara Yang Cukup

Selain itu anda juga bisa menambah ventilasi dengan tujuan untuk membawa udara panas dari luar masuk san menetralisir udara yang lembab. Cara yang lain selain menggunakan ventilasi adalah dengan menggunakan bantuan kipas angin, kipas angin mampu membuat peralatan anda menjadi kering ketika udara yang teehembuskan membawa partikel air hingga membuat permukaan tersebut kering. Hal terpenting adalah anda harus tetap menjaga kelembapan rumah dan dinding dengan intensitas di bawah 60%. Cara mengukurnya adalah dengan alat bernama hygrometer, alat ini bisa anda temukan banyak di toko perkakas. Ketika anda memasak mencuci piring maupun melakukan segala aktivitas dengan unsur air. jangan lupa untuk menggunakan ventilasi yang baik atau bisa juga dengan exhaust fan.

Cara lain yang harus anda lakukan adalah dengan selalu mengecek penadah air dari AC maupun kulkas, hal ini untuk mengurangi faktor kebocoran karena saluran ini.

Jara Karpet Tetap Kering dan bersih

Jamur juga bisa tumbuh di lantai karpet. Hal ini karena pengembangan dari lantai terhalang oleh permukaan karpet. Anda harus mempertimbangkan ketika membeli karpet yang menutupi semua lantai atau karpet yang menutupi lantai hanya sebagian. Cara yang lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang terpal plastik penghalang uap diatas beton dan menutupnya dengan kayu lapis sehingga kelembapan dapat diminimalisasi.

Pastikan Tidak ada Pakaian Menumpuk

Aktivitas sehari hari juga tak luput dari kemunculan jamur. Saat anda menumpuk pakaian di keranjang pastikan pakaian tersebut kering. Atau anda bisa menjemurnyabterlebih dahulu untuk mengurangi kelembapan pakaian tersebut. Sehabis mandi pastikan handuk selalu tergantung dengan benar dan hindari menumpuk handuk begitu saja tanpa menumpuknya.

Setelah anda melakukan usaha pengendalian jamur anda juga bisa membasmi jamur tersebut dengan mengikisnya di berbagai tempat. Hal ini juga snagat penting karena bisa saja jamur tersebut akan bertambah banyak dan menjawab area rumah kita. Rumah yang sehat adalah rumah yang bebas dari bibit penyakit. Pastikan jamur tidak menjadi faktor utama pembawa wabah tersebut. Apabila masalah jamur dapat diatasi maka anda akan terbebas dari bahaya kesehatan dan juga keindahan dinding serta peralatan rumah anda tidak terganggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *