Mengenal Tentang Pengertian ISP/IEC 27001 Beserta Jenisnya

Apa itu ISP/IEC 27001? Sebelum mengajukannya, Anda perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Siapa yang tidak kenal dengan istilah ISO dalam dunia bisnis? bagi Anda para pebisnis internasional pasti sudah sangat familiar dengan istilah yang satu ini. Salah satu tipe yang sudah lama publish adalah ISO 27001 yang resmi dipublikasikan pada tahun 2005 tepatnya bulan oktober.

Standar yang dimaksudkan pada ISO ini tak hanya mencakup kategori aspek teknologi informasi saja, melainkan juga seluruh proses dalam berbisnis. Semua pihak yang berkaitan dalam prosesnya pun juga diikutsertakan. Mulai dari pihak pendukung atau pihak ketiga hingga sumber daya manusia yang diorganisasikan. Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai ISO, simak ulasan di bawah ini!

Pengertian ISP/IEC 27001 yang Perlu Anda Ketahui

pexels.com

Pengertian umum ISO 27001

Kepanjangan dari ISO adalah The International Organization for Standardization. Dari kepanjangan ISO ini dapat diketahui bahwa ISO merupakan sebuah organisasi Internasional yang memiliki maksud untuk standardisasi dengan tugas menetapkan standard internasional pada suatu bidang industrial dan komersial dunia.

Tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah untuk meningkatkan perdagangan antar negara-negara yang ada di dunia. Tentu, hal tersebut dapat dirasakan oleh setiap pihak yang memenuhi syarat untuk mengajukan ISO ISP/IEC 27001.

Ada berbagai macam ISO yang perlu Anda ketahui, beberapa di antaranya adalah ISO yang fokus pada standard informasi dan keamanan, pengujian, laboratorium, hingga manajemen energi, Tentu, masing-masing jenis memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Jadi, ada baiknya Anda memahami segala hal yang berkaitan dengan ISO yang ingin Anda ajukan.

Pengertian ISO secara khusus

ISO memiliki pengertian yakni sebuah badan penetap standard internasional yang di dalamnya terdapat wakil-wakil badan standardisasi nasional yang ada di setiap negara tertentu. Jadi, masing-masing negara tentu memiliki perwakilan sendiri yang tugasnya adalah mengukur kualitas dari suatu organisasi.

Mengapa diperlukan pengetesan mutu pada setiap perusahaan yang akan mengajukan ISO? Hal ini dikarenakan setiap perusahaan akan bersaing dengan perusahaan lainnya secara global. Selain itu, ISO menjadi standard mutu dari suatu perusahaan sehingga untuk mengetahui kredibilitas dari perusahaan, pihak lain dapat mengetahuinya dari standarisasi ISO nya.

Untuk bisa memperoleh standardisasi, tentunya ISO memiliki spesifikasi sendiri yang perlu diperhatikan oleh semua perusahaan. Apa saja yang akan di standardisasi oleh ISO. Itu semua mencakup banyak hal seperti produk dari perusahaan terkait, layanan, hingga sistem dari perusahaan tersebut.

JenisJenis ISO yang Perlu Anda Pahami

pixabay.com

ISO 9001

Ini adalah jenis ISO yang seringkali digunakan oleh banyak perusahaan. Karakteristik darinya adalah pendekatan proses yang memiliki maksud untuk meningkatkan efektivitas dari manajemen mutu.

ISO 14001

Selanjutnya adalah ISO 14001 yang memiliki hubungan dengan sistem manajemen lingkungan. Ada beberapa aspek yang perlu perusahaan penuhi yakni penghematan air, penghematan energi, pengelolaan limbah, dan penghematan bahan bakar.

ISO 22000

Jenis selanjutnya adalah ISO 22000 yang termasuk dari standard yang memiliki kaitan dengan sistem manajemen keamanan pangan. Standard ini biasa dipakai untuk melihat mutu makanan dan minuman dari produk suatu perusahaan. Tentu, diperlukan kontrol internal dan proses dan juga rencana kontrol dari produk yang menjadi keunggulan perusahaan.

ISP/IEC 27001

Ini merupakan standard manajemen keamanan informasi atau SMKI yang perlu diperhatikan. Standard tersebut sudah biasa diterapkan untuk perusahaan yang menggeluti bidang aplikasi TI dan semacamnya.

ISO TS 16949

Jenis ini merujuk pada sistem manajemen mutu yang ada pada industri otomotif. Konsepnya yaitu melakukan peningkatan berkelanjutan, mengontrol pemasok, hingga tindak pencegahan dan juga perbaikan.

ISO/IEC 17025

Selanjutnya ada ISO/IEC 17025 yang fokus pada standard yang berkaitan dengan laboratorium. Ini bisa dikatakan sebagai lembaga pengujian dari ISO. Apa tugasnya? Tugasnya adalah memastikan berbagai keakuratan yaitu dalam bidang kesehatan, perdagangan, produksi, hingga perlindungan konsumen.

ISO 28000

ISO 28000 adalah standard yang berkaitan dengan rantai pasokan untuk pihak atau perusahaan yang memiliki risiko tinggi. Pihakpihak tersebut antara lain hotel, bank, dan masih banyak lagi.

ISO 5001

Jenis yang terakhir adalah ISO 5001 yang merupakan standar dari ISO yang hanya diterapkan pada sistem manajemen energi. Dengan adanya standard ini, perusahaan akan mempunyai sistem tertentu untuk meningkatkan kinerja, efisiensi hingga konsumsi energi yang baik.

Demikian tadi merupakan informasi singkat mengenai ISP/IEC 27001. Setelah mengetahuinya, Anda tentu sudah lebih paham setelah mengetahui pengertiannya dan jenisnya. Nah selain ISP/IEC 27001, standar manejemen mutu lain yang wajib dimiliki yakni Sertifikat ISO 9001 yang berstandar Internasional. Dengan adanya sertifikat ISO 9001 perusahaan akan mudah berkembang dalam cakupan global.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *