Lebih Menenangkan, Interior Kamar Tidur Seperti Ini Yang Anda Butuhkan!

Mendesain interior kamar tidur harusnya difikirkan secara matang. Pemilihan konsep menjadi begitu penting. Karena pengaruhnya pada kenyamanan dan nilai estetika dari ruangan itu sendiri.

Kenyamanan ini dirasakan lain oleh setiap individu. Ini berarti bahwa setiap orang memiliki pandangan lain tentang sesuatu. Dengan demikian, desain A bisa saja dipandang lebih baik dari desain B. Begitupun sebaliknya, tergantung karakter dari pemilik rumah.

Meskipun begitu, ada satu konsep yang nyatanya mampu memberikan kesan yang sama. Orang-orang memiliki pandangan tentang kenyamanan dan ketenangan dari desain tersebut. Desain yang dimaksud mengusung konsep rustic.

Sekilas Mengenai Konsep Rustic

Konsep ini telah lama ada sebelum berkembangnya jaman. Konsep ini sangat dirindukan oleh orang-orang modern. Hal ini disebabkan oleh suasana yang ditawarkan jauh lebih menenangkan.

Betapa tidak, konsep ini mengusung pada kealamian yang hanya dirasakan oleh orang-orang masa lalu. Suasana berbaur dengan lingkungan mampu memberikan ketentraman. Makanya, tidak mengherankan jika banyak orang yang mulai kembali memanfaatkan desain interior ini.

Konsep ini secara umum mengacu pada suasana khas pedesaan yang masih sangat asri. Pemanfaatan benda-benda dan tampilan desain masa lampau sangat diperhitungkan. Dengan memanfaatkannya, terciptalah suasana yang mirip dengan masa lampau.

Menariknya, konsep ini bisa dipadukan dengan konsep desain yang lebih modern. Perpaduannya mampu menghadirkan nuansa lain. Dan inilah yang mampu membuat pemilik rumah lebih nyaman ketika istirahat di kamar tidur.

Mengenai ciri-ciri konsep kamar tidur rustic ini, wilderpublications memberikan gambaran yang sangat jelas. Diantaranya adalah pemanfaatan material yang alami, modelnya lebih tradisional, serta furniturnya tidak difinishing.

Gambaran interior tradisional ini sudah cukup mewakili konsep rustic. Anda yang memiliki kamar tidur seperti ini pastinya akan merasakan nuansa yang sangat berbeda di era modern. Kesannya lebih nyaman dan menentramkan.

pixabay.com

Elemen Kunci Untuk Mengusung Kamar Tidur Rustic

Bila menginginkan desain ini, pastikan untuk memasukkan elemen-elemen kunci dari konsep tersebut. Elemen inilah yang nantinya akan membuat desain sesuai harapan. Nah, apa saja elemen yang harus diperhatikan?

Elemen paling dibutuhkan adalah benda-benda alami. Benda ini berupa furnitur yang didapatkan dari alam. Diantaranya adalah material kayu, batu, logam dan lain sebagainya.

Benda-benda ini disematkan dan menjadi hal yang ditonjolkan dalam sebuah desain. Lantas bahan-bahan alami ini diaplikasikan pada berbagai tempat. Misalnya batu bata tanpa aci diaplikasikan untuk dinding, kayu untuk sejumlah furnitur dan atap.

Sementara untuk logam, ini bisa diaplikasikan pada sebuah lampu gantung. Penempatannya diletakkan di tengah-tengah ruangan. Bahkan model yang digunakan adalah model lampu gantung yang dulunya pernah dimiliki oleh orang-orang jaman dulu.

Selain benda-benda alami ini, elemen pendukungnya adalah warna dari ruangan. Warna cokelat kebanyakan digunakan. Karena warna inilah yang seakan menandai suasana pedesaan.

pixabay.com

Tips Mendesain Kamar Tidur Rustic

Tidak dipungkiri bahwa masyarakat modern mulai melirik konsep kamar tidur rustic ini. Kenyamanan dan ketenangan menjadi alasan yang utama. Lalu, bagaimana cara Anda dalam mendesain interior tersebut?

  1. Tempatkan Beberapa Furnitur Berbahan Kayu

Sebenarnya, Anda tidak sepenuhnya harus menggunakan furntur berbahan kayu semua. Anda cukup memilih beberapa saja. Yang paling penting furnitur tersebut bisa tampil lebih menonjol.

Misalnya memilih kasur dengan headboar cukup besar. Kemudian dipadukan dengan meja rias berbahan kayu dan berukir.

  1. Ciptakan Langit-Langit Dari Material Kayu

Untuk membuat suasana tradisional lebih kental, langit-langit/atap diusahakan terbuat dari kayu. Kayu-kayu ini bakalan memberikan efek yang sangat besar dalam desain rustic.

pixabay.com
  1. Gantungkan Lampu Tradisional

Imbangi kamar tidur dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang. Lampu gantung tradisional berukuran besar bisa diletakkan di langit-langit. Lampu ini juga bisa berupa lilin-lilin yang memiliki wadah tersendiri dengan bentukan lama.

Untuk menambahkan fungsi, Anda juga bisa menempatkan lampu meja. Lampu ini sudah cukup untuk menerangi kamar. Tentunya untuk dikombinasikan dalam desain interior rustic.

  1. Ciptakan Tampilan Kecoklatan Dalam Sebuah Kamar Tidur

Sebenarnya dengan pencahayaan yang minim, tampilan kamar tidur sudah kecoklatan. Tapi untuk menguatkan kesan, Anda memerlukan sentuhan desain lain. Salah satunya adalah melakukan pengecatan dinding berwarna agak kecoklatan.

Selain itu, Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna krem. Warna krem ini tidak diaplikasikan pada dinding. Melainkan didapatkan dari benda lain seperti kasur ataupun tirai. Itu sudah cukup untuk membuat suasananya lebih tenang.

Nah, bila Anda bosan dengan desain modern, desain dengan gaya rustic ini bisa menjadi pilihan menarik. Selain mendukung kenyamanan saat istirahat, interior kamar tidur tersebut lebih enak dipandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *