Inilah Bagaimana Cara Menghemat Listrik Yang Bisa Dipraktekkan Di Rumah!

Bagaimana cara menghemat listrik yang paling mudah? Sebenarnya caranya sangat simple. Namun belum banyak yang menyadarinya.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama kali adalah memanfaatkan listrik dengan sistem pengisian ulang. Anda lebih mengenalnya dengan sistem pulsa.

Cara ini dipandang lebih hemat. Karena Anda bisa mengontrol penuh pemakaian listrik dalam satu bulan. Berapa besar listrik yang dibutuhkan, itulah besaran biaya yang harus dikeluarkan.

Ketika mengetahui besaran pasti tiap bulan, ini bisa menjadi rencana jangka panjang. Anda bisa mematoknya dengan biaya yang sama persis. Jika ada kelebihan, Anda tentunya bisa menerka-nerka apa saja yang menyebabkan borosnya pemakaian listrik. Dari analisa ini, Anda bisa menguranginya di bulan berikutnya.

Yang kedua adalah membiasakan untuk mencabut peralatan elektronik ketika tidak digunakan. Kasus yang paling sering adalah meninggalkan charger HP di colokan. Ini harusnya dihindari karena nyatanya arus listrik terus mengalir ke dalam alat tersebut.

Begitu pula dengan alat elektronik lainnya. Contohnya adalah Televisi dan penghangat nasi. Itu semua membutukan konsumsi listrik cukup besar. Oleh karenanya, Anda perlu menghindarinya agar pemakaian listrik tidak terbuang sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *