Deretan Fakta dan Hal Menarik dari Ilmu Komunikasi – Universitas Negeri Yogyakarta

Mungkin ada diantara Anda yang berminat menjadi mahasiswa di program studi Ilmu Komunikasi – Universitas Negeri Yogyakarta? Pilihan Anda sudah tepat, apalagi jika menjadikan prodi ini sebagai prioritas. Hal ini karena prodi ini memang menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Bahkan sejak dibuka pada tahun ajaran 2014/2015, atau masih berusia 5 tahun, prodi ini berhasil masuk ke 10 besar prodi di UNY dan mendapat jumlah peminat yang cukup banyak.

Ada Apa di Ilmu Komunikasi UNY?

Nah, jika Anda ingin lebih mengenal apa saja yang menarik dari program studi dengan performa menjanjikan ini, berikut ada beberapa fakta dan hal menarik yang tak ada salahnya Anda ketahui terlebih dahulu. Dimulai dari deretan fakta unik yang ada di program studi Ilmu Komunikasi – Universitas Negeri Yogyakarta, diantaranya

Masih Tergolong Baru

Ya program studi ini masih bsia dikategorikan sebagai prodi baru karena masih berumur 5 tahun. Tepatnya tahun 2014, Ditjen Dikti memberikan madat kepada UNY untuk mengelola bidang-bidang non-kependidikan selain bidang pendidikan sebagai mandat utama berdasar oada surat Dirjen Dikti No. 1259/D/T/97 tanggal 29 Mei 1997. Selanjutnya Ilmu Komunikasi pun dibuka berdasarkan perluasan mandat.

Jurusan Paling Santai di UNY?

Beredar anggapan bahwa mahasiswa di prodi baru ini ada mahasiswa yang paling santai, tanpa ada praktikum ataupun tugas membuat laporan. Bahkan banyak mahasiswa jurusan lain yang iri berdasar pada anggapa tersebut. Faktanya, mahasiswa di Ilmu Komunikasi UNY tetap memiliki beban tersendiri yang tak kalah menantang. Meskipun tugasnya terkesan santai seperti menonton film, mengunjungi festival film dan media massa, nyatanya tidak sesantai itu.

Tugas Proyek

Setelah masuk ke tahap semester lanjut, sekitar semester V dan VI, para mahasiswa Ilmu Komunikasi juga kebagian mata kuliah dengan bobot praktikum yang lumayan mulai dari menulis berita, membuat film, memproduksi siaran, iklan, majalah dan lain sebagainya. Di tahapan ini, berbagai tugas teori misalnya makalah dan jurnal juga biosa memaksa mahasiswanya untuk lembur.

Dosen atau Teman

Jangan salah anggapan lagi, banyak dosen jurusan Ilmu Komunikasi UNY yang juga bisa menjadi partner mahasiswanya. Ada banyak mata kuliah yang dikemas dengan cara yang tidak biasa agar lebih mudah diikuti oleh para mahasiswa. Selama berkomunikasi, tak jarang mahasiswa dengan dosen akan saling menyapa layaknya teman. Hal ini akan lebih memudahkan mahasiswa bersama dosen untuk terlibat dalam proyek bersama.

Cara Berpakaian adalah Bentuk Komunikasi

Mungkin benar jika mahasiswa jurusan ini dianggap lebih santai karena boleh mnegenakan pakaian bebas sopan. Lain dengan mahasiswa jurusan lain yang harus rapi dan bercelana kain, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY biasa saja mengenakan kaos, celana jeans hingga pakaian-pakaian modis yang lain. Meski dibebaskan, mahasiswa di jurusan ini tetap terbatas pada norma yang berlaku dimana cara berpakaian dianggap sebagai salah satu bentuk komunikasi.

Akreditasi B

Akreditasi menjadi salah satu hal penting bagi lulusan yang sudah memasuki tahapan lanjut seperti halnya mencari kerja. Pada penghujung tahun 2018 yang lalu, jurusan ini mendapatkan Akreditasi B yang bisa dikatakan baik bagi jurusan yang masih tergolong baru ini.

Selain halnya berbagai fakta di atas, ada pula berbagai hal unik yang mungkin akan semakin menguatkan niatan Anda untuk mendaftar di Ilmu Komunikasi UNY. Ingat pula bahwa Anda juga bisa mendapatkan berbagai contoh soal sbmptn soshum agar dapat mempersiapkan diri menghadapi UTBK seleksi masuk perguruan tinggi terfavorit, termasuk UNY di jurusan sosial. Nah beberapa hal yang dimaksud tersebut antara lain;

pixabay.com

Disebut sebagai ILKOM

Seperti halnya program studi lain yang kemudian disingkat atau dibuatkan akronim, ilmu komunikasi juga sering disebut dengan ILKOM. Dengan begitu akan lebih memudahkan warga kampus dan sebagainya untuk menyebut prodi yang semakin meningkat popularitasnya tersebut.

Animo positif

Fakultas Ilmu Sosial di UNY menaungi setidaknya 8 jurusan dimana ilmu komunikasi menjadi salah satu diantaranya. Dibuka pada tahun 2014, Ilkom menjadi prodi dengan jumlah peminat terbanyak urutan kedua menyusul Ilmu Administrasi Negara pada tahun 2017. Persaingan di dalamnya pun juga tergolong ketat dengan jumlah peminat 6.598.

Terdapat konsentrasi jurusan

Ilkom juga memiliki penjurusan atau konsentrasi pada disiplin ilmunya setelah memasuki semester V  yaitu untuk media dan komunikasi strategis. Untuk konsentrasi media, hal yang dipelajari meliputi pengelolaan jurnalistik, media cetak, penyiaran dan sebagainya. Sementara pada konsentrasi komunikasi strategis, hal yang dipelajari antara lain hubungan masyarakat, periklanan, komunikasi politik dan komunikasi publik.

Bukan sekedar belajar mengobrol dengan orang lain

Cara berkomunikasi manusia semakin berkembang seiring kemajuan zaman. Sayangnya, tidak semua manusia memahami dan mengetahui cara berkomunikasi yang baik. Lewat Ilkom, mahasiswa bisa belajar tentang aspek dan konsep komunikasi yang baik dari teori dan praktik.

pixabay.com

Cakupan yang luas

Tak sekedar konsep dan teori saja, ilkom akan mengajak mahasiswa untuk mengenal berbagai fenomensa komunikasi. Dari sosiologi, politik, iklan, fotografi sampai ke produksi film dan berbagai tugas lapangan akan membuat mahasiswa merasakan menjadi pelaku di depan dan di balik layar.

Peluang Karir

Bicara soal peluang karir, ilkom menawarkan spektrum yang sangat menjanjikan dimana lulusan bisa menjadi penulis, pembaca berita, bekerja di stasiun TV dan masih banyak lagi.

Itulah berbagai fakta dan hal menarik yang tak ada salahnya untuk Anda ketahui sebelum mendaftar di Ilkom UNY. Cek juga situs edutore.com untuk mengetahui berbagai informasi lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebelum masuk ke dunia perkuliahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *