Yuk Simak Berbagai Ide Bisnis Rumahan Mudah yang Bisa Menjadi Inspirasimu

ini dunia bisnis berkembang dengan semakin ketat, sehingga pengusaha harus jeli dalam melihat peluang usaha. Dalam memulai usaha pun, naik turunnya nilai rupiah sangat berpengaruh. Oleh karena itu bnayak pengusaha yang memmilih bisnis rumahan, karena dinilai lebih menguntungkan dan tidak terpengaruh nilai mata uang dalam negeri. Bagi kalian yang ingin memulai bisnis, simak beberapa ide bisnis rumahan berikut

Beberapa Ide Bisnis Rumah yang Berpotensi Besar

Usaha Hijab

Dunia fashion saat ini semakin berkembang, seiring dengan perubahan cara berpakaian dari masyarakat Indonesia. Saat ini warga Indonesia khususnya para wanita mulai banyak yang mengenakan hijab, meningkatnya perubahan yang terjadi tersebut tentu berpengaruh pada pengusaha bisnis hijab.

Potensi yang tinggi tersebut, dimanfaatkan oleh pengusaha yang ingin memulai bisnisnya. Sehingga ada banyak yang membuka gerai hijab. Keuntungan dapat diraup oleh pengusaha, baik yang membuka toko maupun hanya berupa bisnis rumahan. Hal ini karena dalam satu hijab saja, dihargai sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 70 ribu. Modal awal untuk memulai usaha hijab ini pun, hanya berkisar Rp 5 hingga Rp 10 juta.

Dengan banyaknya peminat, tentu saja anda sudah bisa meraih keuntungan dengan cepat. Apalagi jika anda memproduksi sendiri seluruh hijabnya, tentu ide bisnis rumahan ini memberikan keutungan lebih banyak. Meskipun terdengar simple, namun bisnis hijab cukup menguntungkan melihat banyaknya peminat kaum perempuan di Indonesia.

pxhere.com

Usaha Boneka

Meskipun jarang terdengar, namun bisnis boneka nyatanya masih menjadi sebuah usaha yang berpeluang cukup tinggi. Untuk memulai usaha ini, anda setidaknya membutuhkan modal sekitar Rp 5 juta hingga Rp 8 juta. Modal tersebut dibutuhkan untuk membeli berbagai peralatan dan bahan, untuk membuat boneka.

Tidak hanya di Indonesia, bisnis boneka pun dapat bersaing dengan usaha mancanegara.Hal ini karena tidak jarang produksi rumahan boneka, memiliki pesanan hingga ke luar negeri. Agar dapat terus mendapatkan peluang yang tinggi, maka pastikan bahwa produk yang dibuat memiliki kualitas yang tinggi. Kualitas ini dalam arti, bahan tidak mudah untuk rusak dan awet tahan lama.

Salah satu usaha produksi rumahan boneka yang cukup terkenal, hingga ke luar negeri adalah boneka wayang Rama dan Sinta. Kedua karakter wayang bak Romeo dan Julietenya Indonesia ini, bahkan dapat dijual dengan harga hampir Rp 1 juta melalui pembelian online. Sedangkan di Indonesia hanya memasang harga Rp 100 ribu untuk satuannya, cukup menguntungkan bukan ?

pxhere.com

Usaha Kerajinan Tangan

Desain interior saat ini pun tidak kalah memiliki potensi yang cukup tinggi, dan dapat bersaing dalam dunia bisnis di Indonesia. Salah satu perlengkapan interior, yang cukup diminati oleh masyarakat adalah kerajinan tangan. Sebuah hasil dari ukiran atau buatan secara tangan ini dianggap memiliki nilai yang cukup tinggi.

Ide bisnis rumahan ini dianggap memberikan keuntungan yang sangat tinggi, hal ini karena kerajinan tangan tidak hanya diminati oleh masyarakat dalam negeri namun juga luar negeri. Umumnya masayarakat luar menyukai hal hal berbau eksotis seperti ukiran bunga, atau kerajinan tangan seperti anyaman.

Semakin sulit kerajinan tangan, atau semakin eksotis tentu harga yang ditawarkan di pasaran pun semakin meningkat. Modal untuk membuat bisnis ini sekitar Rp 10 hingga Rp 20 juta, namun modal tersebut dapat lebih rendah disesuaikan dengan kebutuhan untuk kerajinan yang hendak dibuat. Berapapun modal yang ingin dikeluarkan, pastikan untuk memberikan kualitas terbaik kepada pelanggan.

Usaha Batik

Batik memang menjadi sebuah ikon Negara Indonesia, ukiran khas Indonesia ini digemari baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Batik terkenal memiliki harga yang cukup tinggi, terutama bisnis batik yang membautnya secara manual atau lebih dikenal dengan batik tulis. Harga yang tinggi tersebut, diimbangi dengan minat yang cukup tinggi.

Melihat potensi tersebut, apakah anda juga ingin memulai ide bisnis rumahan ini ? Apabila ingin memulai usaha batik, maka anda memerlukan peralatan yang lengkap. Umumnya modal yang diperlukan adalah sekitar Rp 10 hingga Rp 20 juta, serta harga jual untuk satu batik tulis bisa mencapai Rp 200 ribu atau lebih.

Usaha batik cukup menjanjikan, hal ini karena batik pun telah terkenal di luar negeri. Tentu saja harga batik di pasar luar negeri, dapat jauh lebih tinggi. Di beberapa tempat di luar negeri, terkadang ada pameran batik yang difasilitasi oleh pemerintah. Acara tersebutlah dapat dimanfaatkan, untuk pemasaran produk batik.

pxhere.com

Usaha Jamu

Warga Indonesia tentu sudah kenal dengan jamu, minuman tradisional dari rempah rempah ini memang memiliki begitu banyak khasiat. Jika dahulu bejualan jamu harus keliling kompleks, namun kini berjualan jamu dapat dijadikan bisnis rumahan tanpa harus mempromosikannya dengan berkeliling.

Jamu memang terdengar sederhana, namun peminatnya pun berlimpah. Bahkan menurut penelitian, jamu adalah salah satu faktor produk yang memperkuat nilai ekspor Indonesia. Banyak warga lokal yang tinggal di luar negeri, rindu akan rasa dari minuman ini. Umumnya, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis jamu sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta rupiah.

Usaha jamu menjadi sebuah ide bisnis rumahan yang cukup berpotensi besar, namun jika anda hendak memulai usaha ini pastikan bahwa anda mengetahui bahan – bahannya. Hal ini karena jamu menggunakan rempah – rempah alami sebagai bahan dasarnya, jika salah mengambil bahan justru dapat merugikan tubuh.

Usaha Katering

Usaha ini cukup menjadi bisnis, yang sering dijalankan oleh ibu rumah tangga. Modal bisnis catering memang cukup besar, hal ini karena keperluan serta perlengkapan yang dibutuhkan pun berlimpah. Umumnya seseorang yang memesan catering bisa mencapai total pesanan 10 hingga 100 kotak, maka tak heran jika anda membutuhkan begitu banyak peralatan masak.

Jika anda siap untuk membuka sebuah bisnis catering dalam jumlah besar, maka umumnya modal yang harus dipersiapkan sekitar Rp 20 hingga Rp 30 juta. Namun jika anda baru memulai bisnis, serta tidak memiliki modal yang cukup maka anda dapat menerima pesanan sesuai dengan kemampuan. Contohnya saja, anda dapat menerima pesanan catering untuk acara dengan peserta kurang dari 50 orang.

Memulai sebuah bisnis tidak harus membangun sebuah kantor yang besar, saat ini bisnis rumahan pun tidak kalah untuk disandingkan dengan beberapa bisnis lainnya. Bahkan bisnis rumahan dapat dikatakan lebih disukai, karena memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Pemilik usaha rumahan pun, dapat mengontrol pekerjaan serta keuntungan sesuai dengan keinginannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *