Hijaunya Air Terjun Sri Getuk Di Gunung Kidul

Kawasan di sebelah timur Provinsi Yogyakarta ini terkenal memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Mulai dari pantai hingga gua yang letaknya di atas dataran tinggi. Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun yang memiliki panorama begitu asri dengan kubangan air yang berwarna hijau ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan ingin berkunjung ke sini.

Air Terjun Sri Gethuk dikelola oleh masyarakat sekitar secara sederhana. Pengelolaan tersebut terlihat dari fasilitas dan aksesoris penunjang keindahan dan kerapian tempat wisata ini. Ada tulisan Air Terjun Sri Gethuk yang tergantung manis dan bisa dijadikan tempat berfoto untuk mengabadikan momen liburan bersama orang-orang terdekat.

Air terjun ini memiliki lanskap seperti kolam yang dangkal dan landai, sehingga orang bisa berdiri di tengah kolam dekat dengan aliran air terjun. Batu-batu di tempat ini juga berundak-undak yang membuat tempat pijakan menjadi bervariasi tingginya. Tempat ini adalah salah satu wisata alam yang indah di Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul.

Biasanya orang yang berwisata kemari akan berenang, rafting sungai, hingga cliff jumping dan mendayung cano. Selain bermain air, pengunjung juga bisa menuruni tebing dengan menggunakan tali yang aman.

Cerita Mistis Seputar Kawasan Air Terjun

Kota Yogyakarta yang memiliki pemerintahan keraton sejak zaman dahulu kala membuatnya erat dengan cerita mistis, karena eratnya tradisi dan budaya yang dipegang teguh masyarakatnya. Air terjun Sri Gethuk dipercaya merupakan kawasan kerajaan jin yang dipimpin oleh Raja Anggo Meduro yang konon menyukai musik tradisional Jogja. Beberapa pengunjung mengaku mendengar suara gamelan yang tidak begitu kencang ketika berkunjung ke kawasan air terjun ini. Tetapi setelah didekati menuju sumber suara, musik tersebut hilang. Suara gamelan yang dominan didengar adalah kethuk, oleh karena itu kawasan air terjun ini diberi nama air terjun Sri Kethuk yang lama kelamaan berubah pengucapannya menjadi Sri Gethuk. Air terjun ini memiliki tiga sumber mata air, yakni ngandong, dohpoh, dan ngumbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *