Harga Beda, Manakah yang Dipilih? Indomaret atau Alfamart?

Indomaret dan Alfamart adalah brand mini market yang selalu ada di seluruh kota di Indonesia. Kehadirannya pun cukup unik, di mana keduanya selalu hadir secara berdampingan. Karenanya banyak yang mempertanyakan apakah produk yang ditawarkan memiliki harga beda? Atau cenderung memiliki sama? Tentunya pertanyaan ini banyak muncul di kalangan pelanggan saat membeli produk yang sama.

Dalam beberapa kesempatan, telah dilakukan penelitian untuk mendapatkan jawaban terkait masalah harga di kedua gerai. Kenyataannya, memang didapatkan perbedaan harga antara keduanya. Namun, hal ini terjadi pada produk-produk tertentu saja. Ada pula pandangan yang menyampaikan bahwa terdapat produk-produk yang tidak dimilikki oleh satu sama lain. Selain perbedaan, adakah kesamaan keduanya?

pxhere.com

Persamaan Alfamart dan Indomaret

Tidak hanya memiliki perbedaan, kedua gerai mini market ini memiliki persamaan yang harus diperhatikan pelanggan. Beberapa diantaranya, akan disampaikan dibawah ini,

  1. Promo Hari Kerja

Kedua gerai ini memang selalu ingin memuaskan pelanggannya. Salah satunya dengan memberikan promo besar-besaran ke masyarakat. Promo yang diberikan pun dilakukan dalam hari yang sama, yaitu hari-hari kerja. Karena memilliki hari yang sama, saat-saat inilah anda perlu memilih tempat belanja yang memiliki harga lebih murah.

  1. Kartu Pelanggan

Selain memiliki promo untuk pelanggan, kedua mini market memiliki kartu khusus pelanggan. Kartu ini akan memberikan diskon untuk pelanggan saat digunakan untuk membeli produk-produk tertentu. Jika anda memiliki kartu ini, dipastikan akan mendapatkan banyak keuntungan dari kedua mini market ini.

pxhere.com
  1. Hadiah Beragam

Dalam rangka ulang tahun, mini market ini tidak pernah berhenti memberikan bonus. Banyak produk-produk yang disediakan untuk dibagikan pada pelanggan yang dinilai layak menerima hadiah. Produk yang diberikan juga tidak main-main, di mana pelanggan dapat menerima kendaraan hingga barang-barang prestige lainnya.

  1. Lokasi yang Strategis

Satu hal yang menarik dari kedua meni market ini adalah selalu mencari tempat yang strategis. Keduanya bahkan selalu hadir secara bersebelahan maupun berhadapan, sehingga menjadi tempat yang strategis untuk berhenti dan beristirahat sejenak setelah perjalanan panjang. Pemilihan lokasi inilah yang kerap membuat pelanggan heran, karena memilih tempat sama.

  1. Berkembang Pesat

Kedua mini market ini memiliki perkembangan yang sama-sama pesat. Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki mini market ini. Pelanggan yang membutuhkannya pun merasa terpuaskan dan terbantu, karena tidak perlu jauh-jauh mencari pasar untuk melengkapi kebutuhan hariannya. Namun kini, apakah keduanya memiliki harga yang murah untuk pelanggan?

Setelah mengetahui berbagai persamaan dalam kedua mini market ini, penting mengetahui perbedaan yang dimilikinya. Salah satunya dalam masalah harga beda untuk produk-produk tertentu. Untuk itu, akan disampaikan daftar harga beberapa produk yang tersedia di kedua mini market tersebut.

Perbedaan Harga di Alfamart dan Indomaret

Di bawah ini, akan disampaikan beberapa produk yang memiliki perbedaan harga. Pilihlah mini market yang memiliki harga murah dengan spesifikasi produk yang sama. Berikut ulasannya,

  1. Yakult

Anda yang senang mengonsumsi minuman yang satu ini, harus pandai-pandai memilihnya di mini market. Karena alfamart dan infomaret memiliki harga yang berbeda untuk produk yang sama. Di mana, alfamart memiliki harga Rp 9.000 untuk satu strip yakult berisi lima botol. Sedangkan indomaret memiliki harga Rp 8.750/strip.

pxhere.com
  1. Minyak Goreng Tropical

Kebutuhan akan minyak goreng bagi orang Indonesia hampir sama seperti kebutuhan akan nasi. Karenanya ketersediaan minyak goreng di rumah penting adanya. Untuk membelinya anda dapat mendatangi mini market, namun perhatikan perbedaan harganya. Di mana Alfamart memberikan harga Rp 24.800/ 2 liter. Sedangkan Indomaret memiliki harga Rp 22.500/2 liter.

  1. Tissu Tessa

Selain bahan-bahan di atas, harga yang berbeda antara dua mini market ini terjadi pada tisu tessa. Harga tisu tessa di Indomaret adalah Rp 11.900 sedangkan di Alfamart membutuhkan dana Rp 18.000. Untuk mengecek kebenaran harga dari kedua mini market ini, sebaiknya segera datangi mini market dan ketahui harga terbarunya di pasaran.

  1. Coca-Cola

Minuman berkarbonasi adalah produk lain yang memiliki harga beda di alfa dan indomaret. Di mana, coca cola memiliki harga yang lebih mahal di Alfamart. Harga yang ditawarkan untuk produk ini adalah Rp 10.900/botol. Sedangkan di Indomaret, harga yang diberikan untuk satu liter botol coca cola adalah Rp 9.900. Namun, harga ini dapat naik tanpa pemberitahuan sebelumnya.

  1. Pepsodent Pasta Gigi

Kebutuhan akan pasta gigi, juga harus dilengkapi dalam setiap rumah tangga. Jika pasta gigi habis, anda dapat mencarinya di mini market. Namun perhatikan perbedaan harga yang dimilikki, contohnya di indomaret sebuah pasta gigi pepsodent ukuran 190 gram memiliki harga Rp 8.900. Sedangkan di Alfamart memiliki harga Rp 10.500.

Setiap harga yang disampaikan di atas, belum termasuk harga yang dipotong dengan diskon. Jadi, saat akan membeli produk ini dengan harga yang murah, sebaiknya tunggu diskon yang diberikan kedua mini market. Namun, jika ingin mengetahui harga beda yang diberikan kedua mini market, usahakan untuk melakukan penelitian secara berkala, agar mengetahui mana penjual produk termurah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *