Backup Foto Dan Video Di Android Lebih Mudah Di Google Foto

Google foto sederhananya bisa diartikan sebagai layanan berbagi dan penyimpanan foto yang dikembangkan oleh Google. Dengan memanfaatkan perangkat canggih milik Google ini, pengguna dimungkinkan untuk menyimpan foto dan video secara gratis tanpa batas.

Pertimbangan Saat Ingin Backup Foto

pexels.com

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat ingin melakukan backup foto dan video di Google Photo. Anda bisa mencermati informasi lengkapnya di videomax. Tapi bila ingin melihat gambaran umumnya, Anda bisa melihatnya di bawah ini.

  1. Saat ingin backup foto dan video, koneksi internet harus setabil.
  2. Berkaitan dengan ukuran file yang bisa dicadangkan. Anda tidak bisa mencadangkan foto yang berukuran lebih dari 100 MB atau 150 MP. Anda juga tidak bisa mencadangkan video yang memiliki ukuran lebih dari 10 MB. Selain itu baik foto maupun video tidak bisa dicadangkan jika resolusinya kurang dari 256 x 256.
  3. Berkaitan dengan jenis file yang bisa dicadangkan di Google Foto. Untuk foto harus .jpg, .png, .webp, dan beberapa file RAW. Kemudian untuk live Photos bisa di-backup dengan syarat menggunakan aplikasi Google Photo di iPhone maupun iPad. Kemudian untuk video jenis file yang bisa di-backup adalah  file .mpg, .mod, .mmv, .tod, .wmv, .asf, .avi, .divx, .mov, .m4v, .3gp, .3g2, .mp4, .m2t, .m2ts, .mts, and .mkv.

Backup dan Sinkronisasi Photo & Video di Google Foto

Apa yang dimaksud dengan backup dan sinkronisasi? Sederhananya setelah foto maupun video berhasil di-backup maka foto maupun video tadi akan disimpan ke galeri Google Photos. Selain itu, foto maupun video yang Anda backup tersebut bersifat pribadi. Artinya pihak lain tidak akan bisa melihatnya kecuali Anda membagikannya.

Kemudian yang dimaksud dengan menyinkronkan di sini adalah perubahan apapun yang sudah dibuat akan dicerminkan di setiap perangkat yang sudah disinkronkan. Mudahnya seperti ini, ketika Anda mengedit dan menyimpan foto di ponsel, semuanya akan terlihat sama di photos.google.com.

Selain tahu apa yang dimaksud dengan backup dan sinkronisasi foto maupun video di Google Foto, hal lain yang penting untuk diketahui adalah cara mengaktifkan dan menonaktifkannya. Dan sebelum memulainya, pastikan jika Anda sudah melakukan login terlebih dahulu.

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Google Foto yang ada di HP atau tablet Android. Setelah itu langsung saja Login ke Akun Google Anda.
  2. Setelah berhasil Login, lihat pada bagian atas kemudian ketuk Menu. Lalu pilih setelan Backup & Sinkronisasi.
  3. Ketuk Backup & Sinkronisasi ke posisi aktif atau nonaktif. Kemudian jika ternyata ruang penyimpanan habis, langsung saja scroll ke bawah lalu tap Nonaktifkan backup.
pexels.com

Efek Yang Ditimbulkan Backup & Sinkronisasi

Ada beberapa hal yang harus diingat atau menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda melakukan tindakan ini. Sebab mengubah setelan backup ini akan berefek pada:

  1. Mempengaruhi semua aplikasi yang mengunakan fitur Backup & Sinkronisasi, misalnya saja seperti Google Drive.
  2. Setelah fitur Backup & Sinkronisasi diaktifkan, tidak akan menjadi nonaktif hanya karena aplikasi Google Photos pada HP dihapus. Artinya Anda harus menonaktifkannya sendiri jika ingin fitur ini dinonaktifkan.

Cara Mudah Mengubah Setelan Backup

Bagi Anda yang ada keinginan untuk mengubah beberapa setelah backup, beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Memilih akun Google supaya bisa melakukan backup foto maupun video. Setelah itu pada Backup akun pilih nama akun.
  2. Jika ingin mengubah ukuran uploud, langsung saja tap Ukuran Uploud.
  3. Jika ingin backup folder perangkat, langsung saja Tap Backup Folder Perangkat kemudian pilih folder yang ingin Anda backup.
  4. Jika ingin melakukan backup menggunakan data seluler artinya backup tidak dilakukan dengan WiFi maka pada backup data seluler tap saja Foto atau Video.
  5. Jika melakukan backup pada saat roaming, maka pada waktu untuk melakukan backup tap saja Roaming.

Lalu bagaimana cara memeriksa apakah foto maupun video yang ada di Google Photos tadi berhasil di-backup ataukah belum? Untuk langkah pengecekannya adalah seperti ini:

  1. Buka aplikasi Google Foto yang ada di HP lalu login ke Akun Google Anda.
  2. Setelah berhasil Login, langsung saja ketuk Foto. Nantinya di bagian atas Anda akan melihat apakah foto maupun video yang tadi sudah di backup sudah berhasil atau justru masih menunggu untuk di-backup.

Itulah ulasan singkat terkait dengan Google Photos. Dari ulasan singkat di atas, bisa diambil kesimpulan jika salah satu cara menyimpan foto terbaik dan teraman adalah menyimpannya di Google Foto.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *