Review Game Minecraft: Permainan Balok Kreatif dan Nagih

Saat Anda melihat game Minecraft ini pastinya tidak akan asing lagi jika pernah memainkan game Tetris. Tetris merupakan permainan menumpuk balok dan akan hancur secara otomatis jika susunan telah terpenuhi. Hampir sama dengan Tetris, Minecraft ini juga merupakan permainan menumpuk balok. Memiliki sistem permainan yang mirip yaitu menyusun dan menghancurkan balok, namun Minecraft terdapat musuh.

Game yang juga mirip dengan Lego ini masih menjadi terpopuler kedua sepanjang masa setelah tetris. Penjualannya mampu menembus angka 150 juta kopi lebih. Tentu saja ini membuat game Minecraft menjadi game terlaris dan banyak peminatnya bahkan hingga saat ini. Penasaran kenapa game ini masih banyak peminatnya hingga saat ini? Berikut review game Minecraft yang membuat pemainnya ketagihan.

Review: Game Minecraft

Pixabay.com
  1. Permainan Balok Kreatif

Tidak seperti permainan balok pada game Tetris, Minecraft membuat pemainnya menjadi seorang yang imajinatif. Hal ini karena permainan ini mendorong pemainnya untuk mendirikan bangunan yang kemudian harus dilindungi agar tidak dihancurkan oleh makhluk yang keluar pada malam hari. Tidak hanya membangun bangunan yang monoton, pemain juga dapat memperindahnya sesuai dengan imajinasi mereka.

Bangunan-bangunan yang dibangun oleh pemain juga dapat divariasi sesuai dengan imajinasi mereka sehingga akan menghasilkan visual yang memukau seiring kreativitas pemain. Game ini juga terdapat dua keadaan yaitu siang dan malam sehingga dapat menyesuaikan bangunan. Pemain juga dapat menikmati waktu matahari terbenam. Visual yang disajikan dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata meskipun dnegan tampilan kotak-kotak.

  1. Memiliki Tiga Mode Dunia yang Berbeda

Permainan yang mengandalkan kreativitas pemainnya ini disediakan tiga mode dunia yang berbeda. Mode dunia tersebut antara lain Overworld, Nether dan The End. Setiap pemain akan melewati ketiga mode dunia yang berbeda ini. Tentu saja akan memiliki visual yang berbeda-beda tergantung dunia yang mereka mainkan.

Nether dan The End merupakan dunia lain. Sedangkan Overworld disebut sebagai dunia nyata sehingga ketika pemain berpindah dunia disebut dengan teleportasi. Pada dunia Nether digambarkan sebagai dunia yang menyerupai neraka. Sedangkan The End digambarkan sebagai dunia dengan tanah yang tandus yang memiliki banyak pulau. Dimana pada salah satu pulau tersebut didiami oleh seekor naga.

  1. Tidak Memiliki Tujuan Khusus

Sebagai game dengan penjualan yang tinggi, sayangnya permainan ini tidak memiliki tujuan khusus sehingga pemain hanya membangun bangunan pada setiap fase dunia yang ada tanpa misi tertentu. Tidak ada misi-misi yang khusus yang disediakan oleh pengembang. Kesannya, permainan ini tidak ada arah tujuannya. Hanya bermain saja tanpa menyelesaikan misi khusus.

Pemain dapat dengan mudah pindah-pindah dunia. Selain itu, pemain juga dapat melihat dunia dari dari pemain lain. Pada permainan ini terdapat lima mode permainan. Mode permainan tersebut antara lain survival, creative, adventure, hardcore dan spectator.

  1. Terdapat Makhluk Penyerang

Meskipun tanpa tujuan dan misi yang khusus, Minecraft ini juga dilengkapi makhluk-makhluk penyerang yang hanya keluar pada malam hari saja. Keberadaan makhluk ini dapat dihalau dengan membangun pembatas di antara bangunan mereka untuk melindunginya. Beberapa makhluk penggangu yang ditampilkan yaitu zombie, laba-laba, endermen, skeleton  dan creeper.

Selain makhluk penyerang dapat menghancurkan bangunan pemain, mereka juga dapat mencuri balok-balok yang disusun. Hal ini akan merangsang kreativitas dari pemain untuk melindungi bangunan mereka.

  1. Terdapat Bar Kesehatan dan Kelaparan

Pixabay.com

Bar kesehatan dan kelaparan ini merupakan bar untuk memantau kondisi dari pemain yang dapat berkurang dan bertambah tergantung keadaan. Bar kesehatan akan berkurang ketika pemain diserang oleh makhluk penyerang, kelaparan dan terjatuh. Bar kelaparan dapat berkurang ketika pemain mengalami kelaparan dan kekurangan makan.

Pada permainan ini, juga disediakan makanan-makanan yang dapat dimakan oleh pemain untuk mengisi ulang bar kelaparan. Bar kelaparan yang penuh akan menambah isi dari bar kesehatan. Oleh karena itu, tidak hanya membangun bangunan saja, namun pemain juga mencari makanan untuk memenuhi bar kelaparan dan kesehatan agar dapat bertahan dari serangan makhluk malam.

  1. Dapat Dimainkan pada Berbagai Perangkat

Game Minecraft tidak hanya dapat dimainkan pada komputer saja, namun juga pada smartphone, tablet ataupun perangkat lain yang mendukung permainan ini. Oleh karena itulah, permainan ini masih banyak penggemarnya hingga saat ini. Untuk dapat memainkannya Anda dapat melakukan download game offline PC yang dapat dimainkan sewaktu-waktu ketika Anda memiliki waktu senggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *