Mengenal lebih jauh jenis freon AC yang baik untuk digunakan

Sekarang ini kehadiran AC di rumah, kantor ataupun kendaran sudah bukan hal yang baru atau asing lagi. Apalagi bagi kita yang berada didaerah tropis serta termasuk daerah yang dilewati oleh garis khatulistiwa seperti Indonesia.

Tentu dengan suhu yang relatif panas akan membutuhkan AC sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Dengan kata lain banyak rumah, kantor atau kendaraan yang menggunakan AC sebagai barang elektronik yang wajib ada.

Jika kalian perhatian didalam AC biasanya terdapat freon atau refrigerant. Dimana freon merupakan salah satu komponen penting yang ada didalam AC. Pada masing-masing AC terdapat jenis freon yang berbeda satu sama lain. Tentu dengan perbedaan jenis freon akan berpengaruh terhadap kenyamanan AC saat digunakan.

Tapi apakah kalian tahu apa saja jenis ataupun tipe freon yang biasanya terdapat didalam AC. Bagi kalian yang ingin tahu langsung saja simak informasi dibawah ini.

Jenis Freon AC

Fungsi freon AC adalah untuk membantu mengatur suhu ruangan. Adapun untuk masing-masing AC memiliki tipe freon yang berbeda-beda. Perbedaan dari masing-masing tipe freon sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna AC. Untuk kalian kalian yang belum mengetahui fungsi dan tipe freon yang kalian gunakani saat ini, ada baiknya kalian menyimak beberapa informasi mengenai tipe atau jenis freon dibawah ini.

pexels.com

Freon R22

Jika dibandingkan dengan tipe freon lainnya, freon yang satu memiliki potensi pemanasan prusakan ozon senilai 0.05 hal itu berbeda dengan freon tipe lainnya yang memiliki potensi perusakan ozon senilai 0. Adapun keuunggulan freon R22 adalah tipe freon yang tidak mudah terbakar.

Akan tetapi penggunaan Freon R22 sudah dilarang di Indonesia sejak tahun 2015. Hal tersebut berdasarkan peraturan pemerintah melalui Departemen  Perindustrian dan Perdagangan.

Sehingga semua pabrik AC di Indonesia tidak diperbolehkan untuk memproduksi, ataupun mengimpor serta menjual AC yang mengandung Freon R22. Tetapi bagi toko elektronik diperbolehkan untuk menjual sisa stok AC yang dimilikinya walaupun masih menggunakan Freon R22.

Jika stok sudah habis otomatis toko elektronik tersebut tidak boleh menjual lagi AC dengan jenis Freon R22. Sedangakan untuk keperluan service AC, penggunaan Freon R22 masih diperbolehkan sampai tahun 2030.

Freon R410A

Freon R410A biasanya digunakan untuk AC inverter hal itu berbeda dengan Freon R22. Dimana Freon R22 yang digunakan untuk AC non-inverter.

Adapun kelebihan yang dimiliki Freon R140A adalah tidak memiliki potensi perusakan ozon seperti yang dimiliki oleh Freon R22. Selain itu Freon R410A juga termasuk jenis freon yang tidak mudah terbakar.

Tetapi Freon R410A memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan. Pasalnya Freon R410A memiliki potensi tinggi terjadinya pemanasan global dengan kata lain jika didalam AC yang kalian gunakan terdapat Freon R410A maka akan semakin mempercepat terjadinya pemanasan global.

Tentu dengan kelemahan yang dimiliki Freon R410A akan membuat kalian untuk berpikir ulang apakah akan menggunakan AC yang memiliki freon jenis ini atau tidak.

pexels.com

Freon R32

Bisa dibilang Freon R32 termasuk salah satu jenis freon yang baik untuk kalian gunakan jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya.

Perlu diketahui bahwa yang menemukan Freon R32 adalah perusahaan AC yang bernama Daikin pada tahun 2012. Jika ada perusahaan AC lain yang ingin menggunakan Freon R32 maka mereka harus membayar lisensi ke prusahaan Daikin.

Bagi kalian yang ingin membeli AC Daikin kalian dapat membelinya di Haka Polar Indonesia untuk melihat berbagai macam produk AC yang berkualitas.

Adapun keunggulan yang dimiliki Freon R32 adalah termasuk jenis freon yang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan jenis freon yang lainnya seperti Freon R410A. Hal itu tidak lepas dari kemampuan yang dimiliki Freon R32 yang memeiliki potensi pemanasan global yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Freon R410A dan juga Freon R22.

Dengan kata lain jika AC ynag kalian gunakan didalamnya terdapat jenis Freon R32 maka akan lebih aman untuk digunakan sebagai AC rumah tangga.

pexels.com

Freon R290

Sebenarnya freon jenis ini termasuk jenis freon yang ramah lingkungan seperti halnya jenis Freon R32. Sayangnya Freon R290 memiliki angka index dingin yang cukup rendah serta memiliki resiko yang mudah terbakar. Sehingga Freon R290 sangat tidak disarankan untuk digunakan di rumah ataupun di perusahaan.

Dengan melihat resiko yang dapat ditimbulkan oleh Freon R290 maka hal itu menyebabkan banyak perusahaan ataupun rumah yang memutuskan untuk tidak menggunakan AC dengan Freon R290.

Berdasarkan informasi diatas tentu kalian sudah dapat mengetahui jenis freon apa yang cocok untuk digunakan pada rumah ataupun perusahaan kalian.

Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai resiko yang terjadi seperti resiko kerusakan lingkungan dan juga resiko keamanan yang pastinya menjadi hal yang utama untuk diperhatikan. Bagi kalian yang masih bingung untuk menentukan AC apa yang baik untuk digunakan, kalian bisa mencarinya di Haka Polar Indonesia.

Sekian sudah yang dapat kami sampaikan tentang beberapa jenis Freon yang sering digunakan pada AC. Semoga, dengan adanya pengetahuan ini, kalian dapat lebih memahami tentang Freon jenis apa yang digunakan pada AC yang dijual dipasaran saat ini, yang nantinya digunakan sebagai bahan refrensi ketika Kalian membutuhkan service AC dan mungkin membutuhkan penggantian Freon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *