Fakta Unik tentang Durian Merah Banyuwangi

Durian adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang berkembang sangat baik di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika kini sudah banyak petani durian yang membudidayakan berbagai jenis durian yang mampu berdaya saing dengan buah-buah lainnya. Saat ini sudah ada beragam jenis durian yang berhasil di tanam di Indonesia.

Mayoritas masyarakat kita pasti menyukai buah yang satu ini. Apalagi karena rasa dan aromanya yang sangat khas. Biasanya buah durian akan banyak berbuah di akhir tahun hingga awal tahun. Jadi, tidak heran jika pada saat-saat tersebut mulai bermunculan berbagai lapak yang menjual buah durian.

Salah satu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia karena keunikannya adalah durian merah Banyuwangi. Ya, sama seperti namanya, daging buah durian ini berwarna merah. Hal inilah yang membuat durian merah ini menarik perhatian banyak orang untuk mencicipi keunikan rasanya.

Beberapa pihak menyebutkan jika warna merah yang ada pada daging buah durian ini berasal dari perkawinan silang antar dua varietas yang berbeda. Namun, kabar tersebut dirasa masih simpang siur. Tidak hanya itu, terdapat fakta-fakta unik tentang durian merah Banyuwangi ini. Berikut adalah penjelasannya mengenai fakta unik tersebut.

  1. Belum Banyak Dibudidayakan

Durian merah Banyuwangi ini pertama kali muncul pada tahun 2007. Pada saat itu hanya ada tiga pohon yang mempunyai hasil panen produktif. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, di tahun 2014 sudah ada 200 pohon dan siap panen setiap tahunnya. Sekarang ini pengembangan budidaya durian merah sudah sampai ke negara tetangga.

  1. Pengiriman Bibit harus Dicatat oleh Notaris

Salah satu hal unik yang ada pada durian merah ini adalah setiap pengiriman bibitnya harus dicatat oleh notaris. Hal ini karena status durian merah yang sudah dipatenkan menjadi ikon daerah Banyuwangi. Hingga saat ini jenis durian merah masih terus dikembangkan supaya variasinya semakin beragam.

Ya, ternyata durian merah Banyuwangi ini mempunyai banyak varian dengan keunikan rasa dan warnanya masing-masing yang membuat masyarakat tertarik mencicipinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *