Fakta-fakta Si Raksasa Dunia Sapi Metal

Sapi metal merupakan sebutan bagi salah satu ras sapi bernama sapi simmental. Sapi ini merupakan jenis sapi berukuran besar yang berasal dari Switzerland. Sapi ini ada hampir di seluruh negara di daratan eropa dan menjadi sapi ternak bagi peternakan Eropa. Sapi ini memiliki ciri berbulu kemerahan dengan bagian putih di bawah badannya. Selain itu sapi metal dapat dijadikan sapi potong maupun sapi perah untuk diambil susunya. Selain sebagai ternak, sapi ini juga dijadikan hewan hias untuk kontes. Sapi metal memiliki fakta-fakta unik yang harus Anda ketahui.

 

Salah Satu Sapi Tertua

Keberadaan sapi metal diperkirakan sudah ada sejak abad pertengahan. Selain itu, sapi ini menjadi induk dari beberapa ras sapi baru di dunia. Sebagai contoh sapi shimbra yang merupakan hasil kawin silang sapi metal dengan sapi brahman dari Meksiko. Selain itu ada pula ras baru hasil kawin silang sapi mental dengan ras lainnya seperti montbeliarde dari Perancis, Simmental Stepe dari Rusia, Fleckvieh dari Jerman dan Austria, dsb. Pada abad 19 ras sapi metal diekspor di Namibia dan Afrika Selatan dan dijadikan sapi potong yang mampu menghasilkan daging kualitas yang baik.

Karakteristik

Sapi metal merupakan jenis sapi yang cepat mengalami tumbuh kembang asalkan mendapat asupan pakan yang cukup. Asupan pakan yang seimbang dapat membuat sapi metal memiliki bobot hingga 1 ton. Tentunya jenis sapi ini sangat dibutuhkan Indonesia untuk memenuhi asupan daging. Selain itu, sapi ini juga memiliki hasil seimbang antara daging dan susunya. Oleh karena itu, sapi ini dapat dimanfaatkan sebagai sapi perah dan juga sapi potong. Sapi ini juga memiliki sedikit lemak dan lebih banyak daging dan susunya. Sapi metal mengalami penambahan bobot hingga 2,1kg per harinya.

Sapi metal yang memiliki bobot hingga 1,4 ton ini tentunya menjadi salah satu ras sapi terbaik yang dapat dimanfaatkan daging dan susunya untuk memenuhi asupan protein hewani Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *