Tips Memilih Daster Batik yang Nyaman Dikenakan untuk Pakaian Sehari-Hari

Kala menghadiri sebuah acara atau sekedar jalan bersama keluarga dan teman, para wanita akan berdandan dengan cantik dan modis. Namun kala bersantai di rumah, melepaskan diri dari segala beban pekerjaan, dan berkecimpung dengan aktivitas ala ibu rumah tangga, maka wanita biasanya memakai daster.

Pasalnya selain nyaman, daster juga memudahkan gerakan. Salah satu model daster yang menjadi incaran kaum hawa adalah daster batik.

Lantaran populer, banyak pabrik batik yang berlomba-lomba memproduksi pakaian santai satu ini. dibuat dengan model lebar dan berbahan adem, daster menjadi salah satu pakaian wanita yang digemari tidak hanya kalangan bawah, namun juga para wanita kalangan atas. Tidak hanya untuk baju sehari-hari saja, daster juga kerap dijadikan baju tidur.

Alasan Daster Disukai Banyak Wanita

pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daster memang menjadi idaman kaum hawa. Nah, kira-kira apa alasan daster bisa disukai seperti itu? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Simpel Dikenakan

Pakaian santai satu ini sangat nyaman dikenakan di rumah karena modelnya memang simpel. Meski desainnya banyak dibuat dengan berbagai motif, daster tetap memiliki pakem model yang sama, yakni potongan lebar dengan ukuran longgar. Pemakaiannya pun sangat mudah, yakni cukup dimasukkan lewat kepala, maka daster sudah bisa langsung menutupi tubuh tanpa perlu diikat lagi.

Bahan Adem

Lantaran dibuat untuk santai di rumah, bahan dasar daster tentunya dipilih dari kain yang adem dan menyerap keringat. Daster juga dibuat untuk wanita agar leluasa bergerak, alhasil bahan daster cukup memberi rasa sejuk dan nyaman kala dikenakan. Meski tipis, daster juga tidak dingin apabila dikenakan kala musim hujan.

Ibu Hamil Juga Bisa Mengenakannya

Lantaran ukuran pakaiannya yang memang longgar alias tidak ketat di tubuh, maka daster juga bisa dikenakan oleh ibu hamil. Selain nyaman, pakaian ini juga aman dipakai untuk si calon ibu dengan perut membesar.

Tips Memilih Daster yang Baik

pixabay.com

Daster yang nyaman dikenakan akan semakin indah jika dibuat dengan motif batik. Nah, maka tidak heran jika jenis pakaian satu ini menjadi laris di pasaran. Apakah Anda tahu tentang batik Pekalongan? Ya, salah satu kota penghasil batik di Indonesia ini ternyata juga memproduksi daster yang dikenal dengan nama daster khas Pekalongan. Tidak hanya di Jawa, penjualannya pun sudah merambah ke seluruh Indonesia.

Selain karena memang motif batiknya, daster pekalongan dikenal awet dan adem dipakai. Meski harganya relatif lebih mahal dibanding daster lain, namun daster satu ini tetap memiliki peminat yang tidak pernah sepi. Nah, setelah mengenal berbagai alasan mengapa wanita menyukai daster, terlebih daster Pekalongan, kini ada tips untuk memilih daster yang baik dan nyaman dikenakan. Kira-kira apa saja tipsnya? Mari kita simak uraiannya berikut ini!

Pilih Bahan Katun untuk Daster

Jika Anda ingin daster yang nyaman, maka sebaiknya jatuhkan pilihan ke daster berbahan dasar katun. Selain karena menyerap keringat, bahan katun terasa halus di kulit, nyaman dipakai, dan juga tampak keren kala dibuat pakaian.

Perhatikan Jahitannya

Setelah Anda memperhatikan bahannya, Anda perlu memeriksa jahitan daster apakah sudah rapi atau masih acak-acakan. Daster yang awet dan kuat adalah daster yang jahitannya tertata rapi dengan jarak benang yang kecil dan terlihat halus. Inilah yang juga menjadi salah satu ciri daster Pekalongan. Jadi, harap perhatikan jahitannya dan jika Anda menemukan jarak jahitan yang lebar, maka sudah bisa dipastikan daster tersebut tidak akan awet dikenakan.

Perhatikan Detail Pakaian yang Lain

Tidak hanya jahitan saja, Anda juga perlu memperhatikan beberapa detail pakaian yang ada, misalnya saja tali, resleting, atau potongan baju. Jika ada tali, pastikan tali dijahit dengan rapi dan mudah ditalikan serta aman dikenakan. Jika ada resleting, maka pastikan jika hal tersebut asli dan berkualitas. Selain melihat, Anda bisa juga mencoba resleting dan tali pada daster. Jika Anda menemukan keganjilan, maka sebaiknya jangan pilih daster tersebut karena Anda tidak akan nyaman di kemudian hari kala mengenakannya.

Perhatikan Motif Daster

Karena yang sedang dibahas adalah daster bermotif batik, maka Anda bisa memperhatikan motifnya. Anda boleh memilih motif sesuai selera. Namun sebagai referensi saja, sebaiknya mereka yang bertubuh berisi memilih motif batik yang kecil agar tubuh tidak terlihat lebih melebar dari sebelumnya kala memakai daster.

Tapi jika Anda bertubuh kurus, lebih baik Anda memilih motif daster yang besar karena Anda tidak akan terlihat seperti tengkorak hidup jika mengenakan pakaian jenis ini.

Tidak hanya 4 hal di atas, memilih daster juga perlu memperhatikan berbagai hal. Misalnya saja apakah warna cocok untuk Anda kenakan, apakah kain mudah luntur, apakah kain mudah rusak jika dicuci mesin, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih daster batik yang nyaman dan awet dikenakan untuk para wanita. Semoga ulasan ini memberi Anda manfaat dan referensi. Yuk, kenali cara memilih daster dengan baik dan selamat membeli ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *