2 Cara Reset HP Xiaomi untuk Semua Tipe

Cara reset HP Xiaomi di bawah ini sangat perlu Anda simak jika ingin me-reset HP kesayangan namun tidak tahu langkah-langkahnya. Reset adalah tindakan untuk menghapus ataupun mengembalikan pengaturan awal sebuah smartphone.

Banyak alasan kenapa pengguna Xiaomi me-reset smartphone mereka. Salah satunya adalah performa smartphone yang mulai bermasalah. Nah, untuk Anda yang sudah penasaran, yuk langsung saja disimak ulasannya di bawah ini.

1.Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe

Recovery Mode

Cara reset HP Xiaomi untuk semua tipe adalah melalui recovery mode. Namun sebelum Anda memutuskan untuk me-reset HP Xiaomi kesayangan, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting.

Misalnya saja Anda harus mem-backup semua data penting yang terdapat pada smartphone kesayangan Anda. Tentu tidak mau kan, niat me-reset malah tambah kehilangan data atau file penting.

Tidak lain dan tidak bukan karena proses reset atau restart akan menghapus semua data yang ada di smartphone. Misalnya saja akun email, foto, video, dokumen dan lain sebagainya. Disarankan juga untuk mencopot memori eksternal untuk tindakan pencegahan.

Jangan lupa juga untuk memastikan baterai smartphone Xiaomi paling tidak 50%. Hal ini sangat diperlukan karena tentu Anda tidak ingin HP tiba-tiba nge-drop padahal proses reset belum selesai. Nah setelah semua data telah di-backup serta baterai smartphone Xiaomi paling tidak 50%, maka proses reset dengan metode recovery mode bisa dilakukan.

unsplash.com

Pertama, dalam kondisi smartphone Xiaomi aktif atau menyala, tekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan. Ini untuk memunculkan mode recovery yang ditandai dengan munculnya logo MI.

Nah, setelah Anda masuk dalam mode recovery, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah memilih Wipe Data/Factory Reset. Wipa data berarti semua data yang berada di smartphone akan dihapus, sedangkan Factory Reset berfungsi untuk mengembalikan smartphone dalam kondisi pabrik.

Setelah Anda menentukan apakah ingin Factory Reset atau Wipe Data saja maka selanjutnya pilih YES. Setelahnya proses reset akan dimulai secara otomatis dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah kelar maka selanjutnya reboot atau mulai ulang smartphone.

Setelah HP Xiaomi yang Anda miliki aktif, maka ikuti langkah selanjutnya untuk memasukkan email dan data penting lain yang dibutuhkan. Sekarang Anda bisa merasakan performa HP Xiaomi rasa baru. Jadi sangat mudah bukan?

unsplash.com

Menu Setting

Cara reset HP Xiaomi berikutnya adalah dengan menggunakan Menu Setting atau pengaturan. Dibandingkan dengan cara sebelumnya, cara ini bisa dibilang lebih mudah karena pengguna hanya perlu masuk ke Menu Setelan dan kemudian pilih Factory Reset.

Agar lebih jelas, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah masuk ke Menu Setelan di smartphone Xiaomi. Ikonnya biasa bergambar gear, sangat mudah ditemukan. Di notification bar juga ada pilihan Menu Setelan.

Nah, setelah berada di Menu Setting, Anda akan menemukan banyak opsi. Namun Anda pilih saja Additional Settings atau Setelan Tambahan. Jika sudah, kemudian swipe down hingga Anda menemukan opsi untuk Backup & Reset.

Di menu selanjutnya Anda ditawari pilihan apakah ingin mencadangkan data-data penting. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda sangat disarankan untuk mencadangkan data atau file penting terlebih dahulu.

Terakhir, jika semua file dan data penting sudah diamankan maka bisa klik Reset Phone atau Setel Ulang Telepon. Anda pilih sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, pengguna akan diminta untuk memasukkan password untuk keperluan verifikasi.

Jika verifikasi berhasil, maka otomatis smartphone Xiaomi akan di-reset ulang seperti baru. Nah, setelah proses reset pabrik atau wipe data selesai maka smartphone akan kembali ke pengaturan awal. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk memasukkan email dan password Anda.

unsplash.com

2.Manfaat dan Bahaya Reset HP Xiaomi

Banyak manfaat yang didapatkan dengan me-reset smartphone Xiaomi ke pengaturan awal. Misalnya saja menghapus semua virus dan malware yang mungkin telah menjangkiti smartphone kesayangan Anda.

Selain itu reset HP juga berandil dalam meningkatkan performa smartphone, ya sedikit banyak karena HP kembali ke pengaturan pabrik. Jadi HP akan terasa baru meski sudah karatan. Jangan lupakan juga kapasitas memori internal yang kembali lapang karena banyak sampah tidak penting dihapus.

Namun kadang reset HP Xiaomi juga mengakibatkan risiko yang tidak diinginkan. Misalnya saja bootlap ketika proses reset tidak berjalan semestinya. Selain itu aplikasi yang Anda install juga akan terhapus, jadi perlu beberapa waktu untuk mengunduhnya lagi.

Demikianlah ulasan tentang 2 cara reset HP Xiaomi yang mudah dan lengkap. Sebagai catatan, jangan pernah lakukan reset HP kecuali memang Anda sangat memerlukannya. Dan jika Anda ingin mendapatkan info seputar teknologi paling terpercaya dan ter-update seperti ini maka langsung saja ke website Leskompi ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *