Cara Mengatasi Kutu Daun Pada Tanaman Tomat Dengan Mudah

Kutu daun merupakan salah satu binatang yang sering memakan bunga, buah-buahan, sayuran, dan berbagai jenis tumbuhan lainnya. Kutu daun merupakan salah satu hama yang harus dihindari jika tanaman Anda tidak ingin mati. Cara mengatasi kutu daun pada tanaman tomat bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan alami yang muda ditemukan di dapur. Berikut langkahnya:

  • Semprot dengan aliran air yang kuat

Semprotan tersebut nantinya dapat membuat kutu air yang hinggap lepas pada tanaman tomat. Lakukan beberapa kali dan ulangi penyemprotan sesuai keperluan. Meskipun demikian, hati-hati ketika menyemprot air ke tanaman. Pastikan tidak terlalu keras sehingga tidak merusak tanaman tomat Anda.

  • Lepaskan kutu daun secara manual

Lindungi tangan menggunakan sarung tangan. Lalu ambillah kutu-kutu daun yang menempel pada tanaman tomat tersebut. ini bisa Anda lakukan jika hanya menanam dalam jumlah terbatas. Misalnya tomat dalam pot atau taman dan teras rumah.

  • Taburkan Tepung

Selanjutnya taburkan tepung terigu pada pohon tomat. Penaburan cukup pada bagian-bagian uang dikerumuni kutu daun.

  • Bersihkan Dengan Tisu dan Sabun

Selanjutnya siapkan campuran air dan sabun. Lalu ambil tisu dan celupkan ke dalam campuran tersebut. Usapkan tisu basah tersebut ke batang dan daun tomat. Hal ini akan mencegah kutu daun hinggap kembali pada tanaman.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk mengatasi serangan kutu daun pada tomat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *