Cara Membuat Selai Buah Naga

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak air. Buah naga merah sering dikonsumsi secara langsung. Namun ada juga yang menjadikan buah naga sebagai isian sup buah.

Sup buah yang biasanya berwarna putih susu jika di isi dengan potongan buah naga merah akan berubah warna menjadi pink. Hal ini karena percampuran warna putih susu dan merah buah naga yang menambah cantik tampilan sup buah.

Disebut buah naga karena bentuknya yang menyerupai tubuh ular naga. Batangnya mirip seperti kaktus dan dapat menghasilkan bunga yang indah sebelum akhirnya menjadi buah naga seutunhnya.

Jika anda penasaran tentang bagaimana cara membuat selai buah naga maka di sini akan dijelaskan secara lengkap mengenai bahan dan cara membuat buah naga

  1. Bahan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah

  • Buah naga yang sudah dikupas sebanyak 350 gram
  • Gula pasir 4 sdm atau sesuai selera
  • Jeruk nipis 1 buah
  1. Cara membuat

Berikut ini adalah tahapan dalam membuat selai buah naga:

  • Langkah Pertama

Potong buah naga menjadi kecil-kecil kemudian haluskan. Anda dapat menghaluskan buah naga dengan menggunakan sendok atau garpu. Cukup mudah bukan?

  • Langkah Kedua

Siapkan panci yang nantinya akan menjadi wadah untuk membuat selai buah naga.

  • Langkah Ketiga

Selanjtnya, masukkan buah naga yang telah dihaluskan kemudian masukkan juga gula pasir dengan takaran 4 sendok makan atau juga sesuai selera anda kemudian masukkan juga perasan jeruk nipis ke dalamnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

  • Langkah Keempat

Masak adonan dengan api kecil. Sambil menunggu selai mengental anda juga bisa mencicipi selainya jika masih kurang manis maka anda dapat menambahkan gula ke dalamnya.

  • Langkah Kelima

Jika selai sudah mengental. Dinginkan selai kemudian setelah dingin masukkan ke dalam toples kaca atau kaleng selai. Pastikan kaleng itu bersih dan tertutup rapat agar selai bisa awet dan tahan lama.

Itulah cara membuat selai buah naga. Anda bisa mencobanya di rumah jika anda ingin menikmati selai buah naga buatan tangan anda sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *