Cara Membuat Bubuk Kunyit Yang Mudah dan Cepat

Kunyit menjadi bumbu dapur yang cukup sering digunakan pada setiap masakan. Bentuk kunyit yang agak besar dan agak lunak sering kali membuat sempit dan tidak awet. Agar kunyit tersimpan lebih aman dan awet ada alternatif lain yang bisa digunakan. Caranya dengan mengubahnya menjadi bubuk. Bentuk bubuk juga memudahkan mu dalam menambahkannya dalam berbagai masakan. Lalu bagaimana cara membuat bubuk kunyit yang mudah? Yuk simak ulasannya disini.

 

Cara Membuat Bubuk Kunyit

Kunyit biasa dijadikan sebagai bumbu masakan. Kunyit segar sangat baik digunakan dalam memasak. Akan tetapi kunyit jika disimpan terlalu lama tidak segar lagi, karena jarang digunakan. Oleh karena itu, agar tidak mubazir maka kamu bisa mengubahnya dalam bentuk bubuk. Berikut cara membuat bubuk kunyit dengan benar.

  1. Siapkan bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat bubuk kunyit tentu saja kunyit. Pilih kunyit yang ingin kamu jadikan bubuk. Selain itu kamu juga memerlukan peralatan lain seperti blender, pisau, ayakan, dan wadah bubuk.

 

  1. Tahap penjemuran

Pertama cuci hingga bersih kunyit yang dipilih. Setelah dicuci bersih maka selanjutnya kunyit direbus selama 30 menit. Tiriskan kunyit lalu siram denga air dingin. Tunggu kunyit sampai dingin. Setelah dingin, potong kunyit kecil-kecil untuk selanjutnya dikeringkan. Jemur kunyit tadi dibawah sinar matahri langsung sampai kering.

 

  1. Penghalusan

Cara membuat bubuk kunyit selanjutnya yaitu dengan menghaluskan kunyit yang telah dijemur dengan blender sampai menjadi bubuk. Ayak bubuk kunyit yang sudah diblender agar benar-benar halus dan lembut. Jika ditemukan bubuk yang masih kasar, maka haluskan kembali. Jika kamu tidak memiliki blender maka bisa menggunakan penumbuk tradisional.

 

  1. Penyimpanan

Setelah bubuk kunyit halus, maka simpanlah ke dalam wadah yang kedap udara. Kamu bisa menyimpanannya ditoples atau kaleng yang mudah digunakan untuk memasak sehari-hari. Jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan plastik. Gunakan plastik yang agak tebal untuk menyimpan bubuk ini kemudian bungkus dengan kertas.

 

Demikianlah cara membuat bubuk kunyit yang mudah dan cepat. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *