Cara Edit File PDF dengan Cara Online dan Offline

PDF merupakan sebuah format file yang memiliki tingkat proteksi keamanan yang berlapis sehingga tidak akan mudah diretes oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. File Pdf pertama kali di cetuskan oleh Adobe dan seketika file tersebut langsung mendapatkan perhatian tersendiri bagi banyak orang.

File ini memang dikenal rapi dalam segi tampilannya. File ini bisa diubah ke dalam bentuk apapun. Kamu bisa juga melakukan cara mengubah pdf ke word atau dengan format file lain. Sebelum kamu mengconvert ke bentuk lain, terlebih dahulu bisa kamu edit agar file tersebut lebih rapi dan tidak berantakan ketika sudah menjadi word. Berikut ini adalah cara mengedit file pdf.

1. Edit File Pdf Secara Online

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tidak perlu instal software apapun untuk edit file Pdf adalah dengan cara online. Yaitu kamu bisa mengedit file pdf melalui situs web yang di peruntukan mengedit file tersebut. Di internet ada banyak sekali website yang bisa kamu gunakan untuk mengedit file pdf. Salah satu situs web tersebut adalah Sedja. Berikut ini adalah cara mengedit file pdf dengan menggunakan situs web Sedja. Simak ulasan artikel yang ada dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke situs web Sedja dengan cara klik link yang tercantum di www.sejda.com/pdf-editor.
  2. Setelah kamu masuk ke situs web tersebut, langkah selanjutnya adalah kamu upload atau drag file Pdf yang ingin kamu edit.
  3. Tunggu beberapa saat sampai file pdf tersebut selesai di upload dan terbaca oleh situs web tersebut.
  4. Ada toolbar yang tertera di bagian atas pada halaman pdf dan kamu bisa memilih jenis edit file yang kamu inginkan.
  5. Langkah selanjutnya adalah kamu arahkan kursor pada halaman dari file pdf yang ingin kamu edit. Kemudian kamu bisa mulai melakukan pengeditan di setiap halaman yang kamu perlukan.
  6. Ketika kamu ingin mengedit teks, maka kamu bisa klik kursor text dan arahkan kursor tersebut pada tulisan yang ada di dalam file pdf tersebut.
  7. Jika semua pengeditan file pdf sudah selesai kamu lakukan, langkah terakhir adalah kamu klik toolbar save dan download file Pdf yang telah kamu edit tersebut.
  8. Maka hasil file Pdf akan berubah secara otomatis tidak sama seperti sebelum kamu edit.

Nah itulah cara mengedit file pdf melalui website yang bisa kamu akses secara online. Sebenarnya selain Sedja, ada banyak sekali situs web yang memberikan layanan edit file pdf serupa. Kamu bisa cara sendiri situs web yang menurutmu paling nyaman digunakan.

pexels.com

2. Edit File Pdf Melalui Ms. Word

Kamu juga bisa mengedit file pdf dengan menggunakan software ms.word. Hampir semua perangkat pc atau laptop terinstal softaware microsoft word. Dan kamu bisa gunakan software tersebut untuk mengedit file pdf. Adapun untuk cara mengedit file pdf dengan menggunakan software microsoft word. Berikut ini adalah step by step mengedit file pdf dengan menggunakan ms. Word. Simak ulasan artikel dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah terlebih dahulu file pdf tersebut. Untuk melakukan convert file pdf kamu bisa gunakan situs web ilovepdf dan semacamnya.
  2. Pada halaman beranda dari situs web tersebut kamu upload file pdf.
  3. Setelah itu kamu langsung klik konvert to word dan file tersebut akan berubah bentuk menjadi doc.
  4. Setelah itu kamu download file pdf dan kamu bisa langsung buka file pdf yang telah kamu unduh melalui microsoft word.

Nah itulah cara mengedit file pdf dengan memggunakan microsoft word. Cara tersebut lebih ribet sebenarnya dibanding dengan mengedit file secara online. Karena cara tersebut harus dilakukan secara online sekaligus dengan software.

pexels.com

3. Edit File Pdf Menggunakan Adobe Acrobat

Selain kedua cara tadi, kamu bisa juga mengedit file pdf dengan menggunakan software adobe acrobat. Jika kamu belum memiliki software tersebut, kamu bisa langsung download dan melakukan instalasi terlebih dahulu. Setelah file tersebut kamu instal, berikut ini cara edif file pdf dengan software adobe acrobat.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka file pdf yang ingin kamu edit tersebut.
  2. Kamu klik kanan pada dokumen pdf tersebut dan kemudian akan muncul opsi pilihan.
  3. Di antara banyak opsi tersebut, kamu klik opsi dengan tulisan open with.
  4. Kemudian akan muncul lagi beberapa pilihan untuk membuka file tersebut dengan software. Kamu pilih software Adobe Acrobat yang telah kamu unduh tadi.
  5. Pada halaman dari software tersebut kamu klik opsi tool.
  6. Langkah berikutnya kamu bisa langsung edit file pdf tadi sesuai dengan kebutuhan mu sendiri.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai cara mengedit file pdf. Dari tiga cara yang kami berikan diatas kamu bisa mencoba satu per satu agar mendapatkan cara edit file pdf paling nyaman menurut mu. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *