Bukit Kubu

Bukit Kubu merupakan bukit yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bukit yang terletak di Jalan Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi ini dapat dicapai dari Kota Medan dengan lama perjalanan kurang lebih 2 – 3 jam. Sebagai tempat wisata, bukit ini menawarkan pemandangan dan panorama menyejukkan yang berasal dari padang rumput hijau serta barisan pohon pinus.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Bukit ini termasuk dalam kawasan Hotel Bukit Kubu Berastagi. Karena merupakan area bukit, pengunjung dapat menikmati sejuknya hembusan angin meski saat cuaca cerah. Meskipun masih termasuk dalam kawasan hotel, namun tiket masuk yang dikenakan untuk masuk ke tempat ini masih cukup terjangkau.

Untuk sepeda motor, dikenakan tiket masuk 30 ribu rupiah per sepeda motor. Tiket masuk yang dikenakan untuk minibus adalah  100 – 150 ribu rupiah dan 200 – 500 ribu untuk bus tergantung tipe bus yang digunakan dan kapan waktu berkunjung. Tiket masuk yang dikenakan saat akhir pekan sedikit lebih mahal daripada tiket masuk pada hari biasa.

Bukit ini menawarkan pemandangan alam berupa hamparan padang rumput yang luas. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan seperti bermain layang-layang, naik kuda atau delman serta flying fox. Karena tempat wisata ini memiliki angin yang cukup kencang, bermain layang-layang sangat direkomendasikan di tempat ini.

Jika terlalu merepotkan untuk membawa tikar atau layang-layang sendiri, tempat wisata ini menyediakan fasilitas berupa tikar dan layang-layang beserta benangnya untuk pengunjung. Banyak pedagang mulai dari pedagang makanan hingga mainan yang terdapat di bukit ini sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar setelah beraktivitas.

Meskipun terdapat banyak pedagang, namun kebersihan di Bukit Kubu sangat terjaga. Hal ini karena terdapat petugas kebersihan yang senantiasa memungut dan membersihkan sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung. Dengan begitu, kebersihan tempat wisata yang satu ini tetap terjaga dan pengunjung pun tidak perlu merasa risih maupun tidak nyaman saat berkunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *