Besarnya Perusahaan di Surabaya

Surabaya.. Surabaya… oh Surabaya… Lagu ini terdengar familiar, bukan? Lagu ini menggambarkan indahnya Kota Surabaya dari liriknya. Surabaya sendiri merupakan ibukota Provinsi Jawa Timur yang sekarang dipimpin oleh seorang walikota bernama Ir. Tri Risamaharini M.T. atau yang kerap disapa Bu Risma. Beliau adalah salah satu walikota yang memiliki hasil kerja yang sangat nyata dan berhasil membawa Kota Surabaya menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Timur. Sebagai kota metropolitan terbesar, tentu perkembangan yang ada meliputi segala hal, termasuk dalam hal ekonomi.

 

Di Kota Surabaya ada banyak sektor yang berkembang pesat. Hal itu berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang terlihat positif. Ada banyak sekali sektor pendukung baiknya pertumbuhan ekonomi tersebut, diantaranya adalah perdagangan, hotel dan restoran, angkutan/transportasi, serta perusahaan-perusahaan besar lainnya. Di Surabaya juga ada banyak perusahaan start up yang berhasil mencapai kesuksesan. Beberapa usaha start up yang sangat populer di kalangan masyarakat Surabaya merupakan inovasi nyata dan mampu menjadi solusi atas beberapa kendala yang sering masyarakat temui dalam kehidupan shari-hari. Beberapa di antaranya adalah adanya layanan informasi mengenai donor darah. Layanan ini menyediakan informasi waktu dan tempat akan dilaksanakannya suatu kegiatan donor darah. Hal ini memudahkan para pendonor untuk mengatur agendanya agar tidak ketinggalan kegiatan yang bermanfaat ini. Start up ini juga mampu mengatasi kurangnya pasokan darah di bank darah yang sempat terjadi.

 

Walikota Surabaya sendiri sangat memberikan dukungan dan lahan bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya hingga mencapai target yang diharapkan. Dukungan yang diberikan Bu Risma banyak sekali, mulai dari pengadaan co-working space (ruang kerja bersama) hingga dukungan terhadap “Start Surabaya” (program inkubasi dan akselrasi start up kreatif berbasis teknologi). Selain itu, saat menghadiri acara diskusi bertajuk “Strat Up Nations Summit 2016” di Cork, India, beliau juga mempromosikan proyek pendukung start up tersebut. Dalam acara tersebut pula, Bu Risma mndapat penghargaan pada posisi ke-2 dalam kategori “Start Up Nations Award for Local Policy Leadership 2016”.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *